-->

Struktur isi teks prosedur kompleks yang baik


Struktur isi teks prosedur kompleks yang baik - Pada kesempatan kali ini kita akan mempelajari tentang memahami struktur isi teks prosedur yang baik. Semoga kalian dapat memahami apa itu teks prosedur, struktur dan tujuannya. Simak penjelasan berikut ini.

Teks prosedur kompleks yaitu teks yang berisi tahap atau langkah secara urut yang harus dilakukan oleh seseorang untuk mencapai suatu tujuan tertentu. Tahap-tahap tersebut harus dilakukan secara benar dan runtut agar hasil yang diinginkan tercapai secara maksimal dan memuaskan.

Pelaksanaan secara urut atas tahap-tahap ini menunjukkan bahwa seseorang itu tahu dan taat pada peraturan. Tahap atau langkah-langkah ini merupakan urutan yang tidak dapat diubah struktur susunannya. Itulah sebabnya teks yang seperti ini disebut teks prosedur kompleks. Jika diubah urutannya akan menjadi tidak prosedural atau tidak sesuai dengan aturan yang ada.
Untuk lebih memperjelas pengertian tersebut, berikut ini merupakan contoh teks prosedur kompleks untuk meminjam buku di perpustakaan Sekolah Menengah Atas (SMA) Putra Bangsa. Langkah-langkah atau tahap-tahap yang harus dilakukan para siswa untuk meminjam buku, sebagai berikut.
Contoh
Prosedur meminjam buku di perpustakaan.
  1. Berkunjung ke perpustakaan sekolah.
  2. Mengisi daftar hadir pengunjung.
  3. Melihat daftar buku untuk memilih buku yang diperlukan.
  4. Mengambil buku yang dimaksud yang ada di rak perpustakaan.
  5. Menyerahkan pada petugas untuk didata.
  6. Menyerahkan kartu anggota perpustakaan pada petugas.
  7. Buku di scan oleh petugas menggunakan barcode.
  8. Petugas memeriksa data buku dan memasukkan ke data peminjam.
  9. Menerima buku dari petugas perpustakaan

Mari kita ulas! Dalam contoh di atas terlihat ada sembilan langkah yang harus dilakukan apabila seorang peminjam buku di perpustakaan SMA Putra Bangsa. Langkah 1- 2 merupakan langkah pendahuluan. Langkah 3- 8 merupakan bagian isi. Langkah nomor 9 sebagai penutup. Selain menggunakan model yang lebih sederhana seperti contoh tersebut, teks prosedur kompleks dapat pula ditulis dalam bentuk lain, yaitu artikel. Dalam model artikel, bagian pendahuluan, isi maupun penutup terbungkus dalam tulisan yang lebih panjang karena dalam bentuk beberapa paragraf – paragraf. Intinya, entah dalam bentuk artikel atau bentuk langsung tahap-tahap, tetap ada bagian pendahuluan, isi, dan penutup.
Jadi bagaimana setelah membaca uraian diatas kita bisa mengetahui bahwa struktur teks prosedur kompleks yang tepat adalah terdiri dari dari 3 bagian yaitu pembukaan, isi, dan penutup.

0 Response to "Struktur isi teks prosedur kompleks yang baik"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel