<script async src="//pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js"></script> <!-- iklan link --> <ins class="adsbygoogle" style="display:block" data-ad-client="ca-pub-3782949346711763" data-ad-slot="1666333210" data-ad-format="link" data-full-width-responsive="true"></ins> <script> (adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({}); </script>
MASIGNCLEAN103

Soal dan Jawaban Teks Ulasan Film/Drama - Analisis isi teks ulasan film/drama


Teks Ulasan Film/Drama
Analisis isi teks ulasan film/drama


SOAL 1
Di dalam BSE, terdapat beberapa unsur kebahasaan yang perlu kalian pahami. Unsur yang dimaksud adalah kecuali….
Jawaban =
numeralia
Pembahasan =
Unsur kebahasaan adalah materi keilmuan bahasa yang muncul dalam setiap pembelajaran teks, misalnya, konjungsi temporal dalam pembelajaran teks prosedur. Dalam pembelajaran teks ulasan, unsur kebahasaan yang perlu dipelajari sebagai ciri kebahasaan dalam teks tersebut adalah preposisi, verba, adjektiva, dan pronomina. Kajian mengenai kata bilangan atau numeralia tidak masuk ke dalam pembahasaan.



SOAL 2
Perhatikan teks ulasan berikut!
Naskah drama Panembahan Reso karya Seno Gumira ini bercerita tentang kebijaksanaan seorang pemimpin. Konflik yang dihadapi tokoh dalam drama tersebut adalah keadaan negara yang kacau dan membuat para patih ingin agar Pangeran Rebo segera bertindak mengambil alih kekuasaan, tetapi Pangeran Rebo tidak mau bertindak gegabah dengan menyuruh patihnya bersabar. Terdapat dua tokoh dalam drama ini, yaitu Panji Tumbal dan Pangeran Rebo.
Teks tersebut termasuk ke dalam bagian….
Jawaban =
orientasi
Pembahasan =
Teks pada soal berisi informasi mengenai unsur intrinsik drama, mulai dari tema, alur, hingga penokohan. Selain itu, ringkasan cerita juga turut serta disampaikan. Berdasarkan hal ini, dapat kita lihat bahwa teks tersebut termasuk ke dalam bagian orientasi teks ulasan. Isi orientasi memang terkait dengan pembeberan judul, sinopsis, atau kepengarangan.




SOAL 3
Perhatikan teks ulasan berikut!
Menurut kami, adalah karena alam.
Rubiyah yang digambarkan cantik, lembut dalam bersikap, dan gemulai dalam menari ternyata mampu menjadi beringas dalam memimpin peperangan melawan VOC.
Arti kata beringas pada teks di atas adalah….
Jawaban =
liar
Pembahasan =
Secara leksikal (makna berdasarkan kamus/leksikografi, makna kata beringas adalah liar atau ganas dan bukan bengis atau kejam. Adapun kata jahat, kejam, dan bengis memiliki kesamaan makna.



SOAL 4
Dalam menganalisis isi, langkah yang perlu kita lakukan adalah menginterpretasi makna. Hal yang tidak termasuk ke dalam makna menginterpretasi adalah….
Jawaban =
pembuktian fakta
Pembahasan =
Interpretasi menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia memiliki berbagai macam makna. Kata ini dapat diartikan sebagai suatu bentuk tafsiran yang dinyatakan oleh seseorang. Kata ini dapat pula diartikan sebagai penciptaan kesan, pemberian pendapat, atau hipotesis berdasarkan teori yang ada. Interpretasi belum terkait dengan tahapan pembeberan fakta. Dalam kajian teks, pembeberan fakta dimasukkan ke dalam teks eksposisi.



SOAL 5
Dalam kisah “Matah Ati”, diceritakan bahwa Raden Mas Said terpesona ketika melihat sinar yang terpancar dari tubuh Rubiyah.
Maksud kalimat yang tercetak miring di atas adalah….
Jawaban =
Rubiyah adalah gadis yang sangat cantik
Pembahasan =
Kata sinar yang terpancar dari tubuh Rubiyah mengandung makna konotatif. Untuk memahaminya, kita bisa melakukan interpretasi agar tercipta makna denotatif dari kata tersebut. Hal yang biasa terpancar dari tubuh seorang wanita secara denotatif bisa saja berupa wangi tubuh, tetapi karena diksi yang digunakan adalah sinar, ada satu permaknaan yang cocok untuk kata tersebut, yaitu kecantikan.



SOAL 6
Perhatikan teks ulasan berikut!
Guillermo del Toro dikenal sebagai seorang sutradara yang penuh dengan imaji segar sehingga membuat karya-karyanya lain daripada film dengan tema sejenis.
Arti kata yang tercetak miring yang tepat pada teks ulasan di atas adalah….
Jawaban =
Ide-ide yang orisinal dan baru
Pembahasan =
Kata imaji berdasarkan KBBI adalah sesuatu yang dibayangkan atau dipikirkan, sedangkan salah satu makna leksikal kata segar di dalam KBBI adalah masih baru.




SOAL 7
Konjungsi yang menunjukkan hubungan pertentangan terdapat pada teks di bawah ini, yaitu….
Jawaban =
Kendatipun bahasa yang digunakan banyak menyalahi aturan kebahasaan, buku Api Sejarah layak diapresiasi dalam memberikan informasi baru.
Pembahasan =
Kalimat yang mengandung konjungsi pertentangan terdapat pada opsi C. Hal ini dapat kita lihat dari penggunaan kata kendatipun yang dalam kalimat tersebut membentuk hubungan pertentangan antarklausa. Opsi A menunjukkan sebab-akibat. Opsi B menunjukkan penegasan.



SOAL 8
Berikut adalah kalimat yang mengandung makna konotatif….
Jawaban =
Keramahan yang ia terima tak mampu mencairkan hatinya.
Pembahasan =
Kalimat yang mengandung makna konotatif adalah kalimat yang mengandung deskripsi yang tidak sesuai dengan pancaindera yang kita miliki. Ia disebut dengan makna kias/tidak sebenarnya. Berdasarkan pemahaman ini, kalimat yang mengandung konotatif ada pada frase mencairkan hatinya. Hanya es yang dapat mencair, bukan hati.




SOAL 9
Berikut adalah kalimat yang menggunakan pronomina penunjuk, yaitu….
Jawaban =
Dalam peristiwa itu, pemeran utama tampil tiba-tiba dari latar berwarna hitam.
Pembahasan =
Pronomina penunjuk/kata ganti tunjuk adalah pronomina yang digunakan untuk menunjuk sesuatu. Dalam paragraf, hal ini digunakan untuk membuat sistematika kalimat lebih koheren. Contoh pronomina penunjuk adalah ini, itu, dan tersebut.



SOAL 10
Perhatikan teks ulasan berikut!
Satu lagi film yang memutarbalikkan fakta atas sejarah. Film “The Dracula Untold” yang menceritakan kisah Vlad the Impaler mendekonstruksi riwayat hidup Pangeran Transylvania itu menjadi pahlawan di mata rakyatnya. Nyatanya, Vlad tidak pernah dicintai, tetapi ditakuti.
Maksud dari dekonstruksi pada teks di atas adalah….
Jawaban =
Mengubah dan menyusun ulang struktur (sejarah)
Pembahasan =
Kata dekonstruksi berasal dari bahasa Latindeconstruktio. Kata dasarnya sendiri bermakna susunan atau bentuk, sedangkan kata de- dapat diartikan sebagai pengurangan atau penurunan intensitas. Jika diartikan secara bebas, makna kata dekonstruksi adalah mengurangi atau menurunkan susunan awal. Dengan kata lain, tindakan dekonstruksi memiliki arti sebuah tindakan yang menolak kesimpulan atau pemahaman yang sudah dikonvensionalkan.


tags
soal dan jawaban bahasa indonesia kelas 11

soal dan jawaban teks ulasan film dan drama
soal pilihan ganda bahasa indonesia
soal essay bahasa indonesia
contoh soal teks ulasan film drama dan jawabannya
Share This :
hanszt

Semoga selalu suport blog ini dengan berkomentar dengan bijak dan membangun