Materi Teks Eksplanasi Kompleks - Kata Kerja Relasional






KATA KERJA RELASIONAL


Tujuan Pembelajaran


Siswa memahami definisi, ciri-ciri, jenis-jenis, dan contoh konjungsi relasional yang digunakan di dalam teks eksplanasi.


Pernahkah kamu membaca sebuah teks tentang terjadinya banjir, gempa bumi, atau proses siklus hidrologi? Teks semacam itu disebut sebagai teks eksplanasi. Teks eksplanasi bisa diartikan sebagai teks yang membahas tentang proses terjadinya sesuatu baik itu peristiwa alam maupun social. Dalam teks eksplanasi yang membahas tentang hubungan sebab akibat terjadinya sesuatu, sering digunakan kata kerja relasional.
      Kamu tahu apa itu kata kerja relasional? Kata kerja relasional merupakan salah satu jenia kata kerja. Kata kerja relasional (verba relasional) bisa diartikan sebagai kata kerja yang berfungsi untuk menyatakan hubungan sebab akibat. Selain itu, kata kerja relasional sering digunakan sebagai penghubung. Berdasarkan definisi kata kerja di atas ciri-ciri dari kata kerja relasional antara lain sebagai berikut.
  • Bukan merupakan kata kerja yang menyatakan tindakan
  • Menyatakan adanya hubungan sebab akibat
  • Tidak bisa didahului kata bukan
  • Menempati posisi predikat dalam kalimat
      Berdasarkan maknanya, kata kerja relasional dibedakan menjadi tiga, yaitu sebagai berikut.
1. Verba yang menyatakan hubungan sebab akibat. Contoh : menyebabkan, menimbulkan, sehingga, menjadi, dan mengakibatkan.
Contoh :
  • Menurunnya daya resap tanah terhadap air menyebabkan banjir.
  • Akibat kebakaran hutan, banyak hewan menjadi kehilangan habitatnya.
2. Verba yang menyatakan identitas.
Contoh kalimat :
  • Batuan cair tersebut adalah cairan magma yang keluar dari gunung berapi. (identitas)
  • Erosi merupakan proses alami yang mudah dikenali. (identitas)
      Frasa batuan cair berfungsi sebagai subjek, adalah sebagai kata kerja relasional yang mengubungkan subjek dan pelengkap, sementara cairan magma yang keluar dari gunung berapisebagai pelengkapnya. Kata erosi dalam kalimat di atas bertindak sebagai subjek, merupakan sebagai kata kerja relasional, dan proses alami yang mudah dikenali sebagai pelengkap.
3. Verba yang menyatakan kepemilikan.Contohnya memiliki dan mempunyai
Contoh :
Pada umumnya tornado memiliki kecepatan angin sekitar 177 km/jam.
      Agar kamu lebih paham, coba perhatikan penggunaan kata kerja relasional dalam paragraf berikut!
Dampak dari terjadinya erosi adalah semakin menipisnya lapisan tanah di bagian atas. Hal ini dapatmenyebabkan kemampuan lahan menjadi semakin menurun (degradasi lahan). Akibat lain dari terjadinya erosi yaitu semakin menurunnya kemampuan tanah meresap air. Dengan menurunnya kemampuan tanah untuk meresap air, air tanah naik sehingga terjadi banjir.
      Dalam kalimat di atas, terdapat empat kata kerja relasional. Pertama, adalah yang mengubungkan subjek (Dampak dari terjadinya erosi) dengan pelengkap (semakin menipisnya lapisan tanah). Kedua, menyebabkan yang menyatakan adanya hubungan sebab akibat. Ketiga, yaitu yang menghubungkan subjek (Akibat lain dari terjadinya erosi) dan pelengkap (semakin menurunnya kemampuan tanah meresap air). Keempat, sehingga yang menyatakan hubungan sebab akibat dari terjadinya erosi.
Bagaimana? Kamu sudah mulai paham dengan kata kerja relasional ini? Agar lebih paham, kerjakan latihan berikut.

Poin Penting


  • Kata kerja relasional adalah kata kerja yang menyatakan hubungan sebab akibat.
  • Kata kerja relasional memiliki ciri antara lain : menyatakan hubungan sebab akibat; tidak dapat didahului kata bukan; dan bukan verba yang menyatakan tindakan.
  • Contoh kata kerja relasional antara lain : merupakan, adalah, sehingga, menjadi, menyebabkan, mengakibatkan, menimbulkan.

You might also like

0 Comments


EmoticonEmoticon