-->

Soal dan Jawaban Teks Eksplanasi Kompleks - Kata Kerja Relasional






Question 1
Erosi merupakan proses alami yang mudah untuk diidentifikasi.
Kata kerja relasional yang ada dalam kalimat di atas adalah ....
Jawaban =
merupakan
Pembahasan =
Kata kerja relasional merupakan kata kerja yang menghubungkan subjek dengan pelengkap. Dalam kalimat di atas subjeknya adalah erosi dan pelengkapnya adalah proses alami yang gampang untuk dikenali. Kedua fungsi tersebut dihubungkan oleh kata merupakan. Jadi, jawabannya adalah merupakan.



Question 2
Perhatikan kutipan teks berikut!
Kebanyakan kasus erosi ini diperparah dengan adanya aktivitas manusia. Sekarang ini banyak hutan yang … ladang perkebunan atau pertanian. Hal ini menyebabkan kasus erosi semakin meningkat.
Kata kerja relasional yang tepat untuk melengkapi bagian yang rumpang di atas adalah ....

Jawaban =
menjadi
Pembahasan =
Bagian rumpang terdapat di kalimat kedua. Kalimat ini memiliki struktur subjek dan pelengkap. Sementara itu, bagian kosong merupakan predikat yang diisi oleh kata kerja relasional. Melihat pada konteksnya, kata kerja relasional yang tepat adalah kata menjadi yang menghubungkan subjek dan pelengkap.



Question 3
Kata-kata kerja berikut ini merupakan kata kerja relasional, kecuali ....

Jawaban =
membuat
Pembahasan =
Kata kerja relasional merupakan kata kerja yang berfungsi menghubungkan subjek dan pelengkap dan yang menyatakan hubungan sebab akibat. Dalam pilihan jawaban, kata kerja yang tidak termasuk kata kerja relasional adalah *membuat *(menyatakan tindakan).



Question 4
Salah satu ciri dari kata kerja relasional adalah .…

Jawaban =
menyatakan hubungan sebab akibat.
Pembahasan =
Kata kerja relasional memiliki dua fungsi yaitu menyatakan hubungan sebab akibat dan menghubungkan subjek dan pelengkap. Jadi, jelas bahwa jawabannya adalah menyatakan hubungan sebab akibat.



Question 5
Perhatikan kutipan teks berikut.
Pelangi maupun efek cahaya lainnya di langit disebabkan oleh pembiasan dan penyimpangan cahaya yang menjauhi pertikel. Pada saat matahari terbenam, langit memerah karena sinar matahari melewati atmosfer yang lebih tebal dibandingkan dengan saat matahari ada di langit siang hari.
Kata kerja relasional yang ada dalam teks di atas adalah .…

Jawaban =
disebabkan
Pembahasan =
Dalam kutipan teks, terdapat dua kata yang menyatakan sebab akibat. Pertama adalah disebabkandan kedua karena. Dari kedua kata tersebut, yang merupakan kata kerja relasional adalah disebabkan, sedangkan karena *merupakan konjungsi (kata hubung). Jadi, jawaban yang tepat adalah *disebabkan.



Question 6
Perhatikan teks di bawah ini dengan baik!
Saat ini, anak-anak menonton TV lebih dari empat jam sehari. Hal ini menyebabkan semakin berkurangnya daya kreativitas dan problem solving anak.
Kata kerja relasional dalam kalimat di atas menyatakan …

Jawaban =
hubungan sebab akibat
Pembahasan =
Kata menyebabkan dalam kalimat tersebut jelas menunjukkan adanya hubungan sebab akibat. Penyebabnya adalah anak-anak terlalu lama menonton TV dan akibatnya semakin berkurangnya daya kreativitas dan problem solving anak.



Question 7
Perhatikan teks berikut.
Hujan asam adalah hujan dengan kadar keasaman (pH) di bawah 5,6. Hujan secara alami memiliki pH 6 atau sedikit di bawahnya. Hujan asam ini terjadi disebabkan adanya zat belerang di atmosfer yang berasal dari pembakaran bahan bakar fosil di bumi.
Kata kerja relasional dalam kutipan di atas yang menyatakan identitas adalah ....

Jawaban =
adalah
Pembahasan =
Kata kerja relasional yang menyatakan identitas merupakan kata kerja yang menyatakan A adalah B seperti adalah, merupakan, dan termasuk. Dalam kutipan tersebut, kata kerja relasional yang menyatakan identitas yaitu adalah.



Question 8
Kata kerja relasional yang menyatakan hubungan sebab akibat terdapat pada kalimat berikut, kecuali .…

Jawaban =
Gelombang tsunami memiliki kecepatan hingga 700 km/jam.
Pembahasan =
Kata kerja relasional yang menyatakan hubungan sebab akibat umumnya menggunakan kata disebabkan, menyebabkan, mengakibatkan, menimbulkan, membentuk, akibat, dan sebagainya. Kata kerja ini menguhubungakn penyebab dan akibat yang ditimbulkan dalam sebuah kalimat. Dalam pilihan jawaban, yang tidak termasuk kalimat yang mengandung kata kerja relasional adalah kalimat “Gelombang tsunami memiliki kecepatan hingga 700 km/jam” dengan kata kerja *memiliki *yang menyatakan kepemilikan.



Question 9
  1. Membentuk
  2. Memiliki
  3. Merupakan
  4. Menjadi
  5. Termasuk
  6. Adalah
  7. Menyebabkan
  8. Menimbulkan
Dari daftar kata di atas, yang tidak termasuk kata kerja relasional yang menyatakan hubugan sebab akibat adalah ....

Jawaban =
2-3-5-6
Pembahasan =
Dalam daftar kata kerja di atas, kata kerja relasional yang tidak menyatakan hubungan sebab akibat antara lain *memiliki *(kepemilikan), *merupakan *(identitas), *termasuk *(identitas), dan *adalah *(identitas).



Question 10
Erosi berdampak pada menipisnya lapisan permukaan tanah yang … terjadinya degradasi lahan. Dampak lain dari erosi … penurunan daya infiltrasi yang dapat … terjadinya bencana banjir.
Kata kerja relasional yang tepat untuk mengisi bagian kosong dalam teks di atas adalah .…

Jawaban =
mengakibatkan, adalah, menimbulkan
Pembahasan =
Kata kerja relasional yang digunakan untuk mengisi teks di atas harus merupakan kata kerja relasional yang menyatakan hubungan sebab akibat (pada kalimat pertama dan ketiga), sedangkan untuk kalimat kedua, kata kerja relasional yang digunakan adalah yang menyatakan identitas. Jadi, kata yang tepat untuk mengisi bagian kosong di atas adalah mengakibatkan, adalah, dan menimbulkan.

0 Response to "Soal dan Jawaban Teks Eksplanasi Kompleks - Kata Kerja Relasional"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel