Soal dan Jawaban Teks Eksplanasi Kompleks - Evaluasi struktur isi dan bahasa teks eksplanasi kompleks





Question 1
Akhirnya kekuatan di dalam magma tidak bisa bertahan lama. Gas-gas dan fragmen dari dalam dilepaskan juga dan ledakan yang disertai gemuruh akhirnya terdengar, baik dalam bentuk ledakan yang hebat maupun tidak. Keluarnya magma ke permukaan disebut ekstrusi.
Kata yang seharusnya bercetak miring pada teks eksplanasi kompleks di atas adalah….
Jawaban =
Pembahasan =
Istilah asing yang muncul pada paragraf tersebut adalah ekstrusi, yaitu keluarnya magma ke permukaan bumi. Istilah ini digunakan pada bidang geografi.


Question 2
Perhatikan kalimat berikut.
Hari ini gunung sinabung meletus kembali dengan disertai wedhus gembel.
Perbaikan kalimat di atas adalah….
Jawaban =
Pembahasan =
Pada fungsi kalimat keterangan yang berada di awal kalimat harus menggunakan tanda baca koma setelahnya. Nama tempat dan daerah ditulis dalam huruf kapital. Imbuhan (di-) ditulis serangkai dengan kata dasar yang mengikutinya. Sedangkan, istilah dari Bahasa Jawa wedhus gembel dicetak miring tanpa memakai huruf kapital.


Question 3
Ciri-ciri teks eksplanasi kompleks adalah sebagai berikut, kecuali….
Jawaban =
Pembahasan =
Teks eksplanasi justru harus mengandung unsur-unsur fakta yang bisa dipertanggungjawabkan.


Question 4
Evaluasi teks eksplanasi kompleks terhadap struktur dan kaidahnya bertujuan untuk .…
Jawaban =
Pembahasan =
Evaluasi adalah proses terencana untuk mengetahui keadaan suatu objek dengan menggunakan kriteria tertentu. Evaluasi bertujuan untuk menilai suatu teks.


Question 5
Berikut ini yang bukan merupakan tema yang dapat dijadikan teks eksplanasi kompleks adalah….
Jawaban =
Pembahasan =
Topik kenaikan BBM akan rancu jika dijadikan teks eksplanasi karena dalam kenaikan BBM akan terdapat banyak opini dan argumen. Hal ini tidak sesuai dengan karakteristik teks eksplanasi yang tujuannya untuk menjelaskan proses terjadinya sesuatu.


Question 6
Perhatikan kalimat berikut!
Permukaan bumi pun mulai membentuk tonjolan ke atas.
Keterangan yang terdapat pada kalimat di atas adalah ….
Jawaban =
Pembahasan =
Keterangan tempat adalah keterangan yang menjelaskan dalam ruang mana suatu perbuatan atau peristiwa berlangsung. Biasanya dinyatakan oleh kelompok kata yang didahului kata tugas: di, ke, dari, pada, dll.


Question 7
Bagian dari teks eksplanasi kompleks yang memaparkan serangkaian atau urutan mengapa peristiwa atau fenomena itu terjadi disebut.…
Jawaban =
Pembahasan =
Struktur utama teks eksplanasi kompleks adalah pernyataan umum, deretan penjelasan, dan interpretasi. Bagian deretan penjelasan berisi paparan mengenai serangkaian atau urutan mengapa peristiwa atau fenomena itu terjadi.


Question 8
Cermatilah teks berikut ini!
Ketika magma mengandung lekat dan gas yang rendah, ledakan akan menjadi rendah dan cenderung diam. Materil yang meleleh atau yang lebih di kenal sebagai magma akan meluap ke luar dari gunung api, kemudian menjadi dingin di lereng gunung dan disebut lava.
Penulisan kata yang tidak baku dalam teks di atas adalah….
Jawaban =
Pembahasan =
Pada teks di atas terdapat tiga kata yang penulisannya salah: materil (material), di kenal (dikenal), dan ke luar (keluar). kata ke luar dalam teks merupakan antonym dari masuk sehingga penulisannya harus disatukan. Jika ke luar menjadi antonim ke dalam, penulisannya harus di pisah.

Question 9
Perhatikan teks berikut!
Gelombang gempa bumi menyebar keluar dari daerah hiposentrum di dalam bumi, lalu membentuk patahan sepanjang patahan tersebut terputus. Jika letak titik pusatnya dangkal, gempaakan meluas sehingga kerusakan yang diakibatkan olehnya akan lebih parah.
Sinonim kata-kata yang ditebalkan pada teks di atas adalah….
Jawaban =
Pembahasan =
Daerah satu pengertian dengan wilayah atau area. patahan berarti retakan dalam lapisan kulit bumi. Sedangkan, gempa adalah goncangan yang terjadi di dalam bumi.


Question 10
Pendeteksian dini terhadap titik-titik yang rentan terhadap kebakaran (hot spot) melalui citra satelit. Dengan demikian, penanggulangan kebakaran hutan yang lebih luas bisa dicegah, seperti yang terjadi di hutan Amerika.
Interpretasi penulis terhadap kejadian kebakaran hutan dalam teks di atas adalah….
Jawaban =
Pembahasan =
Dalam teks tersebut, penulis berusaha memberikan solusi mengenai permasalahan kebakaran hutan. Salah satunya dengan pendeteksian dini titik-titik rentan kebakaran melalui citra satelit.

You might also like

0 Comments


EmoticonEmoticon