Soal dan Jawaban Teks Cerita Ulang - Konjungsi Intrakalimat



Soal 1
Perhatikan kalimat berikut!
Dikisahkan pada zaman dahulu, hiduplah seorang ibu beserta dua anaknya yang masih kanak-kanak yang tinggal dalam sebuah rumah kumuh dan sempit. Mereka begitu miskin dan mengkhawatirkan.
Konjungsi intrakalimat yang terdapat dalam kalimat di atas adalah ....
Jawaban = 
Pembahasan =
Kalimat Dikisahkan pada zaman dahulu, hiduplah seorang ibu beserta dua anaknya yang masih kanak-kanak yang tinggal dalam sebuah rumah kumuh dan sempitmengandung unsur konjungsi intrakalimat dan preposisi.
Konjungsi intrakalimat merupakan kata yang menghubungkan kata dengan kata, kata dengan frasa, frasa dengan frasa, atau klausa dengan klausa, seperti konjungsi yang *dan *dan. Sementara itu, preposisi adalah kata depan yang penulisannya disimpan di depan kata benda, misalnya padabeserta, dan dalam.


Soal 2
Perhatikan kalimat berikut!
Dikisahkan pada zaman dahulu, hiduplah seorang ibu beserta dua anaknya yang masih kanak-kanak yang tinggal dalam sebuah rumah kumuh dan sempit.
Pernyataan yang tepat sesuai dengan kalimat di atas adalah ....
Jawaban = 
Pembahasan =
Konjungsi intrakalimat pada kalimat Dikisahkan pada zaman dahulu, hiduplah seorang ibu beserta dua anaknya yang masih kanak-kanak yang tinggal dalam sebuah rumah kumuh dan sempit adalah kata yang *dan *dan. Perbedaan kedua konjungsi tersebut adalah kata yang termasuk pada konjungsi subordinatif yang bersifat atributif, sedangkan kata dan termasuk konjungsi koordinatif karena menghubungkan dua unsur yang sejajar.


Soal 3
Perhatikan kalimat-kalimat berikut!
  1. Waktu itu juga, Jendral Faris langsung dibawa ke rumah sakit.
  2. Selama dirawat di rumah sakit, Jendral Faris tidak diizinkan bertemu siapa pun kecuali tim dokter dan perawat yang menanganinya.
  3. Seluruh pihak keluarga saat itu merasa cemas karena tidak diperbolehkan menemui Sang Jendral.
  4. Bukan hanya keluarga yang dilarang bertemu, melainkan pejabat tinggi negara setingkat mentri pun tetap tak diberi izin.
  5. Tim dokter pun menjelaskan bahwa keputusan itu diambil supaya Jendral dapat berisitirahat dengan tenang.
Konjungsi subordinatif yang keberadaannya dapat berpindah posisi tanpa mengubah isi kalimat ditunjukkan oleh nomor ....
Jawaban = 
3
Pembahasan =
Konjungsi subordinatif pada kalimat-kalimat tersebut terdiri atas kata yang *(1), *karena *(2), *bahwasupaya *dan *dengan *(4), *sedangkan *kalimat (3) merupakan konjungsi korelatif dengan kata *bukan hanya ...., melainkan juga/pun. Dengan demikian, dari empat konjungsi subordinatif yang terdapat dalam kalimat-kalimat di atas, konjungsi yang dapat berubah posisi tanpa mengubah isi adalah konjungsi *karena *pada kalimat (2) dengan perubahan berikut.
Seluruh pihak keluarga saat itu merasa cemas karena mereka tidak diperbolehkan menemui Sang Jendral.
menjadi
Karena tidak diperbolehkan menemui Sang Jendral, seluruh pihak keluarga saat itu merasa cemas


Soal 4
Berikut ini adalah penggunaan konjungsi korelatif yang tepat, kecuali ....
Jawaban = 
Pembahasan =
Kalimat-kalimat pada opsi di atas menggunakan konjungsi korelatif yang tepat, yaitu dengan penggunaan
.... baik .... maupun ....
.... tidak hanya .... tetapi juga ....
.... bukanlah .... melainkan ....
Jangankan ...., .... pun ....
Sementara itu, kalimat yang tidak menggunakan konjungsi korelatif dengan tepat adalah kalimat yang mengorelasikan .... bukan .... tetapi ....sehingga harus diperbaiki menjadi
Lutung Kasarung bukan mencari pisang, melainkan mencari benda berharga yang ia lihat tadi di dalam hutan.


Soal 5
Perhatikan kalimat rumpang berikut!
.... tinggal di Jerman, Sayuti pernah mengalami hipotermia yang cukup parah .... belum dapat beradaptasi dengan cuaca di sana .... Sayuti harus dirawat intensif di salah satu rumah sakit di Jerman.
Konjungsi yang tepat untuk melengkapi kalimat rumpang di atas adalah ....
Jawaban = 
Pembahasan =
Konjungsi yang dibutuhkan untuk melengkapi kalimat rumpang di atas adalah konjungsi subordinatif karena unsur yang harus dihubungkan adalah klausa dengan klausa sehingga konjungsi yang tepat adalah *ketika *yang menyatakan pengantar waktu, *karena *sebagai pengantar penyebab kejadian, dan sehingga sebagai penjelas akibat kejadian yang dialami Sayuti. Sementara itu, konjungsi *setelah *tidak tepat jika digunakan di awal kalimat sebab bertolak belakang dengan keadaan Sayuti saat itu yang harus dirawat di rumah sakit di Jerman.


Soal 6
Perhatikan kalimat berikut!
Meskipun udara sangat dingin, Adli dan Ayah tetap semangat untuk pergi berolahraga di taman kompleks. Namun, belum lama mereka lari pagi, tiba-tiba hujan turun dengan deras, sehingga Adli dan Ayah harus berteduh di sebuah kios kecil di dekat taman.
Konjungsi yang penulisannya tidak tepat adalah ....
Jawaban = 
Pembahasan =
Ada beberapa konjungsi yang penulisannya selalu didahului koma, seperti tetapi *dan *sedangkan. Akan tetapi, ada juga konjungsi yang justru penulisannya tidak boleh didahului koma, seperti karena, sehingga, dan dengan. Dengan demikian, konjungsi yang penulisannya tidak tepat adalah kata *sehingga *yang didahului tanda koma.


Soal 7
Kalimat yang menggunakan konjungsi koordinatif dengan tepat adalah ....
Jawaban = 
Pembahasan =
Konjungsi koordinatif merupakan konjungsi yang menghubungkan unsur kalimat yang sejajar. Kalimat-kalimat pada opsi di atas mengandung konjungsi koordinatif, tetapi hanya satu yang tepat, yaitu
Kapten George berpura-pura mati ketika musuh memeriksa keadaannya, *padahal** ia masih hidup dan siap membuat serangan balik.*
Dengan demikian, kalimat pada opsi lainnya harus diperbaiki menjadi
  • Dua hari kemudian, Bu Mira meminta kami menentukan pilihan apakah akan masuk kelompok Rumput, Sawah, *atau *Matahari.
  • Waktu itu saya sudah berusia 9 tahun, *tetapi *Ibu selalu memanjakan saya seperti balita dengan memberikan segala sesuatu yang saya mau.
  • Semua orang tentu sepakat bahwa Habibie merupakan salah satu putra bangsa yang pintar *dan *cerdas.


Soal 8
Perhatikan kalimat berikut!
Seandainya bulan malam itu menampakkan sinarnya, siswa-siswa tidak akan ketakutan dan memaksa untuk dipulangkan ke rumah mereka masing-masing.
Konjungsi subordinatif yang digunakan dalam kalimat di atas bermakna ....
Jawaban = 
Pembahasan =
Seandainya bulan malam itu menampakkan sinarnya, siswa-siswa tidak akan ketakutan dan memaksa untuk dipulangkan ke rumah mereka masing-masing.
Kalimat di atas mengandung konjungsi subordinatif seandainya dan konjungsi koordinatif dan. Dengan demikian, konjungsi subordinatif *seandainya *di atas memiliki makna pengandaian.


Soal 9
Kalimat yang menunjukkan konjungsi bermakna alat adalah ....
Jawaban = 
Pembahasan =
Konjungsi bermakna alat dapat ditunjukkan dengan kata dengan atau tanpa yang disertai jenis alat, sebagaimana pada kalimat *Kami pun seketika langsung menghubungi Pak Kepala Sekolah dengan ponsel milik Irwan, siswa kelas XI B karena hanya ponselnya yang masih hidup *yang menyebutkan alat yang dimaksud adalah ponsel.
Namun, kata dengan pun dapat menyatakan cara sebagaimana pada kalimat
  • Kami mencabut pecahan kaca yang menusuk pada tangan Dias dengan hati-hati agar tusukan pecahan kaca tersebut tidak semakin dalam hingga menyakitinya.
  • Setelah mendayung cukup jauh, Lanang Jagat beristirahat sejenak dengan merebahkan badannya di atas sampan kecil miliknya.
  • Akhirnya, Pak Darto dapat menyalakan api unggun dengan menggesekan dua buah batu ajaib yang disebut batu bara sehingga seluruh siswa merasa hangat.
  • Dengan bekerja bakti, semoga seluruh warga menjadi tidaak canggung satu sama lainnya.


Soal 10
Perhatikan kalimat berikut!
“Jangankan berbicara bahasa Sunda baik dan benar, melafalkan kosakatanya pun masih sulit bagiku,” jawab Ucok.
Konjungsi yang terdapat dalam kalimat di atas adalah ....
Jawaban = 
Pembahasan =
Kalimat tersebut mengandung satu jenis konjungsi, yaitu konjungsi korelatif yang ditandai dengan adanya Jangankan ...., .... pun ....
Kedua kata hubung tersebut harus selalu berdampingan karena keduanya sudah menjadi pasangan kata (korelasi) yang tetap.

You might also like

0 Comments


EmoticonEmoticon