Soal dan Jawaban Teks Berita - Struktur Teks Berita


Berikut ini Soal dan Jawaban Bahasa Indonesia tentang teks berita, dengan materi struktur teks berita. Di dalamnya, terdapat 10 contoh soal dan pembahasannya tentang teks berita.

Pada postingan kali ini, kami memberikan contoh soal bahasa Indonesia tentang berita dan pembahasannya untuk membantu mengerjakannya. Dengan beberapa contoh soal dan pembahasan berikut diharapkan kamu dapat mengerjakan soal-soal bahasa Indonesia dengan maksimal.

Oke, berikut ini soal Bahasa Indonesia tentang struktur teks berita beserta pembahasannya.


Soal 1
Bacalah penggalan berita berikut dengan saksama.
Cara yang unik dilakukan oleh pusat promosi pariwisata Kota Inagi, Tokyo, yaitu memajang dua robot mobile suit gundam raksasa untuk menarik perhatian wisatawan. Gundam tersebut juga menjadi salah satu cara untuk membantu revitalisasi Kota Inagi. Pusat promosi pariwisata merencanakan pembukaan pada April tahun mendatang.
Intisari dari berita tersebut adalah ....
Jawaban =  
Pembahasan = 
Intisari dapat dipahami sebagai isi yang paling pokok atau penting dari suatu hal terutama dalam sebuah teks. Intisari terdapat dalam pikiran utama. Sesuai dengan isi teksnya, intisari yang sesuai dengan berita tersebut adalah Robot mobile suit gundam raksasa digunakan untuk menarik perhatian wisatawan di Kota Inagi, Tokyo.


Soal 2
Bacalah penggalan berita berikut dengan cermat.
”Sudah hampir tiga bulan sawah di sini mengering,” ujar Ujang, warga Kampung Cisajuang, Desa Ridhomanah Kabupaten Bekasi, Jumat (24/7/2015). Padi yang sudah memasuki umur tiga bulan lima hari itu harusnya sudah bisa dipanen tetapi karena tak ada air yang mengairi sawah, padi pun takdapat dipanen. Hal ini disebabkan musim kemarau yang melanda Kabupaten Bekasi yang sudah terjadi cukup lama.
Kesimpulan dari penggalan berita tersebut adalah ....
Jawaban = 
Pembahasan = 
Kesimpulan dapat berupa fakta, pendapat, dan tanggapan terhadap suatu hal. Pada penggalan berita tersebut, kesimpulan diperoleh dengan memahami inti pembahasan dan menyimpulkannya secara keseluruhan. 
 Pada kalimat pertama diterangkan seseorang bernama Ujang yang mengatakan tentang keadaan sawah yang mengering selama tiga bulan. Kalimat tersebut belum menerangkan dengan jelas sebab sawah mengering dan kalimat selanjutnya masih menjelaskan tentang padi yang gagal panen. Penjelasan pada kalimat terakhir menunjukkan tentang padi tidak dapat dipanen karena musim kemarau. Melalui setiap gagasan dalam kalimat-kalimat tersebut, kita dapat mengambil kesimpulan bahwa musim kemarau menyebabkan gagal panen.


Soal 3
Bacalah teks berikut dengan saksama.
Gempa bumi 5,7 SR terjadi di tenggara Ciamis, pada Sabtu pukul 04:44:39 WIB. Pusat gempa terjadi di Samudera Hindia di kedalaman 10 km pada empat lokasi terpisah, yaitu di 111 km Tenggara Ciamis Jawa Barat, 117 km Barat Daya Kebumen Jawa Tengah, 115 km Tenggara Cilacap Jawa Tengah, dan 174 km Barat Daya Yogyakarta. Sutopo Purwo Nugroho sebagai Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana menjelaskan bahwa gempa tidak berpotensi tsunami dan wilayah selatan Pulau Jawa memang daerah rawan gempa bumi.
Jawaban yang tepat atas pertanyaan ”Di mana saja empat lokasi terpisah yang menjadi pusat gempa di Samudera Hindia?” adalah ....
Jawaban = 
Pembahasan = 
Jawaban yang tepat untuk pertanyaan ”Di mana saja empat lokasi terpisah yang menjadi pusat gempa di Samudera Hindia?” adalah ”111 km Tenggara Ciamis Jawa Barat, 117 km Barat Daya Kebumen Jawa Tengah, 115 km Tenggara Cilacap Jawa Tengah, dan 174 km Barat Daya Yogyakarta.”


Soal 4
Berdasarkan hasil rekapitulasi Operasi Ketupat pada 10-24 Juli 2015, Polda Metro Jaya mencatat ada sebanyak 4.320.974 jumlah kendaraan roda empat yang masuk ke wilayah Jakarta melalui ruas jalan tol. Kepala Bidang Humas Polda Jaya Komisaris Besar Polri, Muhammad Iqbal, mengutarakan bahwa total kendaraan roda empat tersebut adalah kendaraan yang melewati tujuh gerbang tol sedangkan kendaraan yang keluar mencapai 2.779.872 unit. Selain itu, sebanyak 13.719 pengendara terkena bukti pelanggaran dan 8.202 pengendara mendapat teguran.
Pertanyaan yang sesuai dengan isi teks berita tersebut adalah ....
Jawaban = 
Pembahasan = 
Pertanyaan yang sesuai dengan isi teks berita tersebut ditentukan dengan ketepatan dari jawaban pertanyaannya. Jadi, carilah pertanyaan yang jawabannya ada dalam teks berita tersebut dan yang sesuai adalah Berapa banyak pengendara yang terkena bukti pelanggaran? Kita dapat membandingkan dengan kalimat tanya yang lainnya yang memang tidak ada jawabannya dalam teks berita tersebut.


Soal 5
(1) Sekolah menjadi tempat untuk penanaman semangat kebangsaan dan pemahaman tentang kebhinekaan yang saat ini harus semakin digiatkan oleh para pendidik. (2) Berdasarkan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 21 Tahun 2015 tentang Penumbuhan Budi Pekerti, anak-anak Indonesia yang melaksanakan wajib belajar 12 tahun diharapkan memiliki mental nasionalisme yang kuat. (3) Peraturan tersebut juga sebagai pedoman dalam menerapkan pendidikan yang komprehensif dalam menumbuhkan karakter berbangsa yang baik. (4) Saat ini, memang sudah banyak sekolah di Indonesia yang memiliki semangat kebangsaan yang baik dan akan lebih baik jika hal itu dimasukkan ke dalam sistem pendidikan nasional. (5) Selain itu, penerapan sistem tersebut dapat disesuaikan dengan kecintaan kita kepada masyarakat Barat yang hidup modern dan maju.
Kalimat yang tidak sesuai dalam penggalan berita tersebut adalah ....

Jawaban = 
Pembahasan =
Kalimat yang tidak sesuai dalam penggalan berita tersebut adalah kalimat terakhir yaitu nomor 5. Kalimat tersebut tidak memiliki gagasan yang sama dengan kalimat sebelumnya. Kalimat 1, 2, 3, dan 4 membicarakan tentang penanaman semangat bangsa, nasionalisme, dan perkembangan sekolah yang menanamkan semangat kebangsaan. 
Nasionalisme merupakan sikap cinta terhadap tanah air sedangkan pada kalimat nomor 5 dijelaskan bahwa penerapan sistem pendidikan tentang semangat kebangsaan disesuaikan dengan rasa cinta kita kepada masyarakat Barat yang hidup modern dan maju. Sikap nasionalisme itu ditanamkan untuk mencintai bangsa sendiri bukan untuk mencintai bangsa lain.


Soal 6
”Kami berterima kasih kepada kepolisian dan buruh karena May Day kemarin hampir tidak ada kerusakan. Walaupun ada tanaman yang patah karena diinjak-injak itu wajar karena orang terlalu banyak, ramai berdesak-desakan. Jadi betul-betul tertib demo itu,” ujar Ahok di SMAN 80 Sunter, Jakarta Utara, Senin (4/5/2015). Sebagai gubernur, Ahok menilai bahwa unjuk rasa saat May Day atau Hari Buruh Internasional tersebut merupakan suatu kemajuan dalam menciptakan demonstrasi yang tertib.
Inti berita tersebut adalah ....
Jawaban = 
Pembahasan = 
Inti berita dapat ditentukan dengan menentukan hal pokok yang diungkapkan dalam teks berita. Inti berita di atas yaitu demonstrasi pada saat May Day dilakukan dengan tertib. Inti berita ini ditentukan pula dengan memahami keseluruhan isi teks berita tersebut.


Soal 7
Wianda Pusponegoro sebagai Vice President Corporate Communication Pertamina mengatakan bahwa konsumen menyambut baik produk bahan bakar Pertalite. Rata-rata penjualan bahan bakar beroktan 90 itu mengalami kenaikan lebih dari 60 persen dalam dua hari. Pada hari kedua atau Sabtu (25/7/2015) penjualan Pertalite di 30 stasiun pengisian bahan bakar umum di Surabaya dan sekitarnya mencapai 82.860 liter/rata-rata 2.732 liter per SPBU. Penjualan pada hari kedua ini meningkat 69,2 persen dibandingkan hari pertama (24/7). Pertalite menjadi upaya yang dilakukan Pertamina untuk memberikan pilihan bahan bakar kendaraan pada konsumen yang menginginkan produk yang lebih berkualitas dari Premium dan terjangkau.
Berikut ini hal pokok dalam teks berita, kecuali ....
Jawaban = 
Pembahasan = 
Berdasarkan isi berita, pokok penting yang tidak termasuk ke dalam teks berita adalah Penjualan hari kedua Pertalite mengalami penurunan ketimbang hari pertama karena dalam teks dijelaskan bahwa penjualan hari kedua Pertalite mengalami kenaikan dibandingkan hari pertama.Pernyataan yang lain sesuai dengan isi berita.


Soal 8
Pencemaran membuat kondisi sungai memburuk dan hampir seluruh spesies udang air tawar tak dapat bertahan. Padahal udang ini menjadi indikator alami untuk mengetahui kualitas air yang dapat digunakan oleh manusia dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari. Hal tersebut dilihat dari hasil studi ”Biota Perairan dan Herpetofauna di Daerah Aliran Sungai (DAS) Ciliwung dan Cisadane Kajian Hilangnya Keanekaragaman Hayati” yang dilakukan oleh peneliti dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) dan dipublikasikan pada 2009. Sungai Ciliwung terutama di bagian tengah hingga hilir sudah tidak ditemukan satu pun jenis udang. Hal ini menunjukkan bahwa air sungai sudah tidak berkualitas untuk digunakan manusia.
Cuplikan berita tersebut memberitakan peristiwa ....
Jawaban = 
Pembahasan = 
Peristiwa adalah kejadian atau hal menarik yang benar-benar terjadi. Peristiwa yang dibahas dalam teks berita dapat diketahui dari pengantar berita.
Peristiwa yang diberitakan dapat diketahui dengan mengetahui hal yang dibahas dalam berita tersebut, yaitu kondisi sungai yang memburuk akibat pencemaran. Peristiwa ini menjadi pembahasan utama yang terlihat dari kalimat pertama dalam teks berita tersebut.


Soal 9
Berita memiliki beberapa ciri, salah satunya adalah aktual. Kalimat dalam teks berita yang menunjukkan hal tersebut adalah ....
Jawaban = 
Pembahasan = 
Kalimat dalam berita yang menunjukkan keaktualan adalah dengan mencantumkan tanggal tentang peristiwa yang terjadi. Pencantuman tanggal tersebut dapat menjadi indikator untuk mengetahui berita terbaru. Jadi, kalimat yang sesuai adalah ”UEFA mengumumkan 10 nomine pemain terbaik Eropa musim 2014-2015, Rabu (15/7/2015). Barcelona dan Jubentus yang tampil pada final Liga Champions mendominasi daftar nomine tersebut.


Soal 10
Gempa mengguncang kembali wilayah Papua pada 28 Juli 2015 dengan kekuatan 7,2 SR yang lebih dahsyat dari sebelumnya. Gempa yang berkedalaman 49 km perpusat di 75 km Tenggara Mamberamoraya-Papua yang berada pada koordinat 2.87 Lintang Selatan, 138.53 Bujur Timur. Hal ini disampaikan oleh Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) dalam laman resmi bmkg.go.id.
Paragraf tersebut menunjukkan struktur penyajian berita berupa ....
Jawaban = 
Pembahasan = 
Paragraf dalam penggalan berita tersebut menunjukkan struktur penyajian berita berupa isi berita karena memberikan fakta yang lebih rinci tentang informasi dasar berita, yaitu berupa waktu kejadian (kapan) dan tempat terjadinya gempa berserta koordinatnya (di mana).


Semoga contoh soal-soal diatas tentang teks berita dapat bermanfaat untuk kalian yang sedang belajar bahasa Indonesia. Menjawab soal-soal yang lain akan terasa lebih mudah bila kalian sering berlatih mengerjakan soal-soal. Dan semoga dapat menjadikan soal-soal bahasa Indonesia ini sebagai sarana referensi kalian untuk belajar dirumah.

Demikianlah soal dan pembahasan pelajaran bahasa Indonesia, semoga dapat bermanfaat dan menjadikan kalian menguasai pelajaran bahasa Indonesia. 

You might also like

0 Comments


EmoticonEmoticon