-->

Apa Bedanya Shared Hosting & Cloud Hosting dan, Mana yang bagus ?

Saat ingin menyewa hosting, kamu akan dihadapkan pada dua pilihan produk populer, cloud hosting dan shared hosting murah 1 tahun. Keduanya terlihat mirip, namun secara garis besar keduanya punya beberapa perbedaan layanan yang signifikan.

Apa itu Cloud Hosting?

Cloud hosting, Vps Indonesia merupakan sistem dimana website kamu akan ‘dihostingkan’ dalam rangkaian server-server yang saling terhubung satu dengan yang lainnya. Dengan kata lain, kamu tidak bergantung pada satu mesin server yang sama. Jika satu server mengalami masalah, otomatis server lainnya akan bekerja membackup server utama dengan jeda waktu yang singkat. Itu artinya, masalah server downtime bisa diminimalisir. 

 Berbeda dengan shared hosting, cloud hosting akan mendapat alokasi sumberdaya yang dikhususkan, mulai dari RAM, CPU hingga kapasitas disk, tanpa berbagi pakai dengan pengguna lainnya. 

 Apa itu Shared Hosting?

Shared Hosting merupakan produk hosting yang sangat disarankan bagi blogger pemula. Selain karena pengaturannya yang lebih sederhana, layanan web hosting yang satu ini tergolong sangat terjangkau. 

Saat menggunakan shared hosting, website yang kamu kelola akan berbagi sumber daya server dengan penyewa lainnya, sehingga hal-hal mendasar, seperti kecepatan website akan sedikit lebih lambat ketimbang layanan cloud hosting. Isu keamanan dalam shared hosting pun wajib dipertimbangkan. Pasalnya, saat satu website yang disimpan dalam web hosting yang sama diretas, otomatis eksistensi website kamu pun akan ikut terancam.

Berikut beberapa perbedaan shared hosting dan cloud hosting yang wajib diketahui. 

 1. Performa 

 Dari segi performa, cloud hosting jauh lebih unggul ketimbang shared hosting karena cloud hosting tidak perlu berbagi server dengan pengguna lainnya. Seperti dijelaskan di atas, ini akan berpengaruh besar pada kecepatan website. Bisakah pemilik shared hosting mendapat kecepatan yang optimal? Tentu bisa, dengan syarat hosting tersebut belum terisi penuh dengan pengguna lainnya, atau trafik dari website pengguna lainnya tidak terlalu tinggi.

2. Kemudahan Penggunaan 

 Baik pengguna shared hosting maupun cloud hosting, keduanya tidak perlu khawatir terkait konfigurasi dan pemeliharaan server karena pengelola atau penyedia jasa hosting sudah menangani semuanya. Dalam kebanyakan kasus, biasanya pengelola atau penyedia jasa hosting menawarkan cPanel (atau yang sejenisnya) yang mudah digunakan dan dikelola, bahkan bagi mereka yang tidak punya latar belakang IT sekalipun.


3. Keamanan dan Privasi Dari segi keamanan, 

cloud hosting jauh lebih unggul karena server yang digunakan hanya didedikasikan bagi satu pemilik website saja. Sementara dalam shared hosting, server yang digunakan akan dibagikan dengan pengguna lainnya.

4. Lalu Lintas dalam Server

 Seperti dijelaskan sebelumnya, pengguna shared hosting akan berbagi hosting yang sama dengan penggunaan lainnya. Artinya kamu akan berbagi CPU dan RAM yang sama, meski disk space (kapasitas disk) telah dipisahkan.

5. Saat Server Down 

 Dari visualisasi di atas, seharusnya kamu sudah paham resiko yang akan terjadi saat server down. Dalam kasus shared hosting, website yang kamu kelola akan ikut down, beserta website yang ditempatkan dalam hosting yang sama. Sementara dalam cloud hosting, saat server down yang terpengaruh hanya website kamu saja. Tapi menariknya, dalam cloud hosting resiko website tidak dapat diakses dapat dikurangi karena ada server lain yang akan langsung melakukan backup.

Secara teknis beda share hosting dan cloud hosting

Shared hosting sangat disarankan dipilih oleh kamu yang sedang belajar membuat web, atau blogging ringan saja. Jika ingin lebih serius atau saat trafik di web kamu sudah meningkat tajam, sebaiknya segera upgrade ke cloud hosting. Sedangkan untuk website yang butuh keamanan khusus dan dikelola secara profesional, seperti website corporate, toko online, dan lainnya, sejak awal sebaiknya gunakan layanan cloud hosting.

0 Response to "Apa Bedanya Shared Hosting & Cloud Hosting dan, Mana yang bagus ?"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel