-->

Soal dan Jawaban Teks Ulasan Film/Drama - Struktur isi teks film/drama







Question 1
Salah satu perbedaan film dengan drama adalah ….
Jawaban = 
Film ditayangkan melalui layar lebar atau televisi.
Pembahasan =
Sebagai karya seni, film dan drama memiliki beberapa perbedaan, seperti ada peran yang dimainkan tokoh, peran yang dimainkan berdasarkan pada naskah, dan terdapat unsur dialog di dalamnya. Keduanya juga memiliki struktur cerita, seperti tema, plot, dan latar (waktu, tempat, dan suasana). Namun, perbedaan keduanya terletak pada medianya. Film ditayangkan melalui layar lebar atau televisi, sedangkan drama dipentaskan melalui pementasan teater.



Question 2
Berikut adalah jenis-jenis genre film, kecuali ….

Jawaban = 
sinetron
Pembahasan =
Berdasarkan genrenya, film terbagi atas beberapa jenis, seperti komedi, drama, horor, animasi, kolosal, dan lain-lain. Berdasarkan media ditayangkannya, film dapat ditampilkan di layar lebar (bioskop) atau film televisi. Diantara film yang ditayangkan di televisi adalah sinema elektronik (sinetron), yaitu film televisi yang berbentuk serial atau bersambung.



Question 3
Teks ulasan film memiliki struktur isi sebagai berikut ….

Jawaban = 
Orientasi ^ tafsiran ^ evaluasi ^ rangkuman
Pembahasan =
Struktur isi teks ulasan film terdiri atas orientasi, tafsiran, evaluasi, dan rangkuman. Struktur tersebut biasanya ditulis orientasi ^ tafsiran ^ evaluasi ^ rangkuman. Tanda ^ berarti setiap struktur saling berhubungan.



Question 4
Berikut kata yang memiliki persamaan dengan ulasan film, kecuali ….

Jawaban = 
penjualan film
Pembahasan =
Teks ulasan film merupakan jenis teks yang berisi tentang tinjauan atau penilaian terhadap film, termasuk analisis, komentar, dan kritik. Ulasan tidak memiliki persamaan arti dengan penjualan.



Question 5
Pada teks ulasan film, gambaran umum mengenai film yang akan diulas ditulis pada bagian ….

Jawaban = 
orientasi
Pembahasan =
Pada teks ulasan film, gambaran umum mengenai film yang akan diulas ditulis pada bagian orientasi. Selain itu, pada bagian ini, dapat ditulis identitas film, seperti judul, sutradara, tahun produksi, para pemain, dan hal-hal yang terkait dengan produksi film lainnya.



Question 6
Pada teks ulasan film, ringkasan plot film ditulis pada bagian .…


Jawaban = 
tafsiran
Pembahasan =
Pada teks ulasan film, ringkasan plot film ditulis pada bagian tafsiran. Selain itu, pada bagian ini juga dapat ditulis pendapat mengenai film tersebut secara umum, seperti kesan, harapan, cerita, dan hal-hal lain yang berkaitan dengan diproduksinya film tersebut.



Question 7
Pada teks ulasan film, analisis terhadap struktur isi cerita film, seperti tema, latar, tokoh, dan penokohan terdapat pada bagian ….

Jawaban = 
evaluasi
Pembahasan =
Pada teks ulasan film, analisis terhadap struktur isi cerita terdapat pada bagian evaluasi. Evaluasi merupakan penilaian dan tinjauan terhadap film yang diulas. Penilaian yang diberikan menyangkut semua aspek, diantaranya: tema, latar (waktu, tempat, dan suasana), tokoh dan penokohan, serta teknik pengambilan gambar.



Question 8
Pada bagian rangkuman teks ulasan film, yang ditulis adalah ….

Jawaban = 
saran dan rekomendasi mengenai film
Pembahasan =
Rangkuman merupakan bagian akhir dari teks ulasan film yang berisi simpulan akhir dari teks ulasan yang ditulis. Di dalam rangkuman, dapat ditulis rekomendasi atau saran terhadap film yang diulas.



Question 9
Perhatikan teks ulasan film berikut!
Film Sang Penari diangkat dari sebuah novel berjudulRonggeng Dukuh Paruk karya sastrawan Indonesia, Ahmad Tohari. Film ini diperankan oleh Prisia Nasution dan Oka Antara.
Teks ulasan film tersebut ditulis pada bagian ….

Jawaban = 
orientasi
Pembahasan =
Pada teks tersebut tertulis gambaran umum mengenai film yang akan diulas, yaitu judul film, pemeran, dan informasi bahwa film tersebut diangkat dari sebuah novel. Dengan demikian, teks tersebut paling tepat ditulis pada bagian orientasi.



Question 10
Perhatikan teks ulasan film berikut!
Film 99 Cahaya di Langit Eropa sebenarnya memiliki tema yang sama dengan film-film bertajuk perjalanan lainnya. Hanya saja, film ini didukung kemampuan bermain para aktor dan aktrisnya yang sangat baik. Selain itu, pengambilan gambar yang dilakukan di beberapa negara di dunia juga memberikan wawasan mengenai tempat-tempat indah di luar negeri.
Teks ulasan film tersebut ditulis pada bagian ….

Jawaban = 
evaluasi
Pembahasan =
Pada teks ulasan film, penilaian atau analisis terhadap film ditulis pada bagian evaluasi. Di dalam teks yang disajikan tersebut, terlihat adanya penilaian terhadap tema dan pengambilan gambar pada film 99 Cahaya di Langit Eropa. Dengan demikian, teks tersebut paling tepat ditulis pada bagian evaluasi.

0 Response to "Soal dan Jawaban Teks Ulasan Film/Drama - Struktur isi teks film/drama"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel