-->

Soal dan Jawaban Teks Ulasan Film/Drama - Ciri bahasa teks film/drama







Question 1
Berikut adalah ciri-ciri film, kecuali ….
Jawaban =
Pembahasan =
Film merupakan cerita atau lakon hidup yang ditayangkan di televisi atau layar lebar. Pengambilan gambarnya menggunakan kamera. Tokoh di dalam film dapat diperankan manusia, benda, atau gambar (animasi). Pembuatan film diarahkan oleh sutradara. Dengan demikian, produksi film memerlukan biaya.


Question 2
Aspek yang dinilai pada teks ulasan film adalah sebagai berikut, kecuali ….
Jawaban =
Pembahasan =
Teks ulasan film adalah salah satu jenis teks yang berisi mengenai penilaian atau tinjauan terhadap film tertentu. Aspek yang dinilai meliputi isi cerita, seperti tema, latar, tokoh, penokohan, juga teknik pengambilan gambar.


Question 3
Pekerjaan pokok yang dilakukan pada teks ulasan film adalah sebagai berikut, kecuali ….
Jawaban =
Pembahasan =
Teks ulasan film merupakan salah satu jenis teks yang berisi tentang tinjauan atau penilaian terhadap film tertentu. Di dalam teks ulasan film juga dilakukan kritik dan analisis terhadap film, baik dari segi isi cerita maupun produksi film tersebut. Namun, pengulas tidak menyunting atau memperbaiki sesuatu yang dianggapnya kurang atau buruk.


Question 4
Ciri bahasa teks ulasan film di antaranya sebagai berikut, kecuali ….
Jawaban =
Pembahasan =
Ciri-ciri bahasa teks ulasan film antara lain: (1) menggunakan kata sifat, (2) menggunakan kalimat perbandingan, (3) menggunakan majas, (4) menggunakan kata penghubung (konjungsi), dan (5) menggunakan kalimat kompleks. Dengan demikian,menggunakan kalimat fiktif bukan merupakan ciri bahasa teks ulasan film karena teks ulasan film harus bersifat fakta.


Question 5
Kalimat yang menggunakan kata sifat dalam teks ulasan film adalah ….
Jawaban =
Pembahasan =
Kalimat yang mengandung kata sifat di dalam pilihan jawaban tersebut adalah yaitu adanya frasa sangat baik.


Question 6
Teks ulasan film yang menggunakan kalimat perbandingan terdapat pada ….
Jawaban =
Pembahasan =
Sama halnya dengan film Soekarno, film Gending Sriwijaya juga sukses menampilkan sejarah Indonesia ke dalam bentuk film. Kalimat tersebut adalah kalimat perbandingan.


Question 7
Teks ulasan film yang menggunakan kalimat bermajas terdapat pada ….
Jawaban =
Pembahasan =
Pada pilihan jawaban yang tersedia, teks ulasan film yang menggunakan kalimat bermajas terdapat pada pilihan . Film* Sang Penari mengangkat nama Indonesia di kancah perfilman internasional. Klausa film *Sang Penari mengangkat nama Indonesia mengandung majas personifikasi dan metonimia. Personifikasi yaitu melekatkan sifat-sifat manusia pada benda mati. Sementara metonimia adalah menautkan suatu benda pada sifat atau merek (judul) benda tersebut.


Question 8
Teks ulasan film yang menggunakan kata penghubung terdapat pada kalimat ….
Jawaban =
Pembahasan =
Dari pilihan jawaban yang tersedia, teks ulasan film yang menggunakan kata penghubung atau konjungsi terdapat pada kalimat berikut.
Di dalam film The Raid terdapat banyak adegan kekerasan sehingga film tersebut tidak layak ditonton anak-anak.
Kata penghubung pada kalimat tersebut adalah sehingga.


Question 9
Teks ulasan film yang menggunakan kalimat kompleks terdapat pada ….
Jawaban =
Pembahasan =
Kalimat kompleks adalah kalimat yang terdiri atas dua struktur atau lebih dengan dua verba atau lebih. Kalimat kompleks biasanya menggunakan kata penghubung, seperti: karena, sehingga, meskipun, dan lain-lain.


Question 10
Perhatikan teks ulasan film berikut!
(1) Film Tenggelamnya Kapal Van Der Wijck adalah film yang diangkat dari novel berjudul sama karya Hamka. (2) Film besutan sutradara Sunil Soraya ini dirilis pada tahun 2013. (3) Para artis yang terlibat di antaranya adalah Pevita Pearce, Reza Rahardian, dan Herjunot Ali. (4) Film ini bercerita mengenai kisah cinta yang terhalang oleh perbedaan status sosial. (5) Di antara sekian banyak film yang serupa, film ini cukup sukses memvisualisasikan cerita novel ke dalam bentuk film.
Kalimat perbandingan pada teks ulasan film tersebut terdapat pada kalimat ….
Jawaban =
Pembahasan =
Kalimat perbandingan pada teks ulasan tersebut terdapat pada kalimat (5). Pada kalimat terakhir tersebut, film Tenggelamnya Kapal Van Der Wijckdibandingan dengan film-film lain yang serupa, yaitu film yang kisahnya diangkat dari novel.

1 Response to "Soal dan Jawaban Teks Ulasan Film/Drama - Ciri bahasa teks film/drama"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel