-->

Soal dan Jawaban Teks Prosedur Kompleks Teks Prosedur Kompleks - Analisis isi teks prosedur kompleks



Soal 1
“Jangan biarkan larutan pewarna terlalu pekat karena akan menyebabkan pewarnaan tidak maksimal.”
Kalimat yang merupakan bagian dari teks prosedur kompleks di atas tersebut termasuk ke dalam jenis kalimat ....
Jawaban = 
Pembahasan =
Kalimat tersebut berbunyi “Jangan biarkan larutan pewarna terlalu pekat karena akan menyebabkan pewarnaan tidak maksimal.” Dalam kalimat tersebut terdapat sebuah kata larangan yaitu “jangan” yang dipadukan dengan kata “biarkan”, yang berarti hal tersebut tidak boleh sampai terjadi. Artinya kalimat tersebut termasuk ke dalam jenis kalimat imperatif atau perintah larangan.


Soal 2
Kalimat berisi tujuan yang paling tepat untuk judul teks prosedur kompleks “Merakit Model Kit Gundam” adalah ....
Jawaban = 
Pembahasan =
Kalimat menghasilkan model kit gundam yang rapi bisa dilakukan dengan cara berikut mengandung tujuan di dalamnya. Tujuan tersebut yaitu harapan untuk bisa menghasilkan sebuah rakitan model kit yang rapi.


Soal 3
Pertama, buatlah kerangka dengan menggunakan lembaran rotan yang lentur. Kedua, pastikan kerangka terangkai dengan baik. Ketiga, mulailah tutupi kerangka dengan kertas khusus mengikuti lekukan kerangka. Keempat, catlah patung kertas tersebut dengan cat air dengan warna yang sesuai.
Judul yang tepat untuk langkah-langkah dalam teks prosedur kompleks di atas adalah ....
Jawaban = 
Pembahasan =
Langkah-langkah di dalam teks prosedur kompleks tersebut merujuk pada pembuatan patung. Kerangka yang digunakan memang dari helaian rotan, hanya saja patung yang hendak dibuat bukanlah patung rotan melainkan patung kertas karena pada tahap ketiga, kerangka patung tersebut dilapisi oleh kertas yang kemudian dicat. Opsi dengan jawaban yang paling tepat adalah “Membuat Patung Kertas”.


Soal 4
Bagian teks prosedur kompleks di bawah ini yang termasuk ke dalam pendahuluan adalah ....
Jawaban = 
Pembahasan =
Pendahuluan berisi hal-hal bersifat umum. Kalimat keripik kentang menjadi salah satu makanan ringan favorit keluarga merupakan opsi dengan jawaban yang paling tepat karena kalimatnya mengandung hal-hal yang bersifat umum mengenai keripik kentang.


Soal 5
Kalimat di bawah ini merupakan bagian dari teks prosedur kompleks yang mengandung konjungsi temporal, kecuali ....
Jawaban = 
Pembahasan =
Kalimat-kalimat dalam teks prosedur kompleks mengandung makna urutan yang mengarah pada urutan waktu. Di antara semua kalimat dalam opsi di atas yang tidak merupakan urutan waktu di dalamnya adalah langkah-langkah yang harus dilakukan ada lima. Kalimat tersebut lebih menjelaskan bahwa ada lima langkah yang harus dilakukan dalam prosedur tersebut.


Soal 6
Berikut cara untuk membersihkan keyboard laptop. Pertama, balik posisi keyboard agar debu dan kotoran berjatuhan. Kedua, gunakanlah semprotan udara yang terkompresi yang digunakan untuk mengatasi kotoran yang tidak bisa dikeluarkan dengan cara ditiupkan keluar dengan semprotan tersebut agar tidak sampai masuk terlalu dalam.
Pikiran utama dari paragraf dalam teks prosedur kompleks di atas adalah....
Jawaban = 
Pembahasan =
Pikiran utama sebuah paragraf berisi hal-hal utama atau penting di dalam paragraf tersebut. Kalian cari terlebih dahulu kata kunci dari paragraf tersebut. Kata kunci paragraf tersebut adalah keyboardlaptop dan cara membersihkan. Jadi opsi yang paling tepat untuk pikiran utama paragraf tersebut adalah cara membersihkan keyboard laptop yang baik dan benar.


Soal 7
Kalimat dalam teks prosedur kompleks berikut yang mengandung bahan dan alat di dalamnya adalah....
Jawaban = 
Pembahasan =
Bahan dan alat umumnya merupakan benda-benda yang digunakan untuk membuat atau mengolah sesuatu. Dalam lima opsi di atas, carilah kalimat yang mengandung kata benda yang digunakan untuk membuat sesuatu. Kalimat masukan semen dan air ke dalam wadah seng yang sudah disediakan mengandung beberapa kata benda seperti semen, air, dan wadah seng yang ketiganya termasuk ke dalam bahan dan alat.


Soal 8
Hal pertama yang harus dilakukan adalah menuliskan beberapa data faktual dari lapangan.
Persamaan kata “faktual” dari kalimat dalam teks prosedur kompleks di atas adalah....
Jawaban = 
Pembahasan =
Kata “faktual” memiliki makna sesuai dengan dengan kenyataan dan kebenaran. Persamaan kata yang paling tepat untuk “faktual” adalah benar, nyata.


Soal 9
Kalimat di bawah ini termasuk ke dalam isi teks prosedur kompleks, kecuali....
Jawaban = 
Pembahasan =
Isi teks prosedur kompleks meliputi judul, pendahuluan, tujuan, bahan dan alat, langkah-langkah, menggunakan kalimat imperatif, memiliki partisipan di dalamnya, menggunakan verba material dan tingkah laku, serta menggunakan konjungsi temporal. Kalimat yang tidak termasuk ke dalam isi teks prosedur kompleks adalah perusahaan ayah sedang membutuhkan banyak karyawan.


Soal 10
Berikut adalah contoh kalimat perintah biasa dalam teks prosedur kompleks, kecuali....
Jawaban = 
Pembahasan =
Kalimat perintah biasa terdapat pada empat opsi di atas dan kecuali pada kalimat jangan satukan cairan merah dengan cairan kuning tersebut. Kalimat tersebut termasuk ke dalam jenis kalimat perintah larangan dengan adanya kata “jangan” di awal kalimat.

0 Response to "Soal dan Jawaban Teks Prosedur Kompleks Teks Prosedur Kompleks - Analisis isi teks prosedur kompleks"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel