-->

Soal dan Jawaban Teks Prosedur Kompleks - Verba Material dan Tingkah Laku




Soal 1
Verba tingkah laku ditunjukkan oleh kalimat ....
Jawaban =
Pembahasan =
Ciri verba tingkah laku adalah tindakan yang diungkapkan. Beberapa pilihan jawaban di atas tidak menunjukkan adanya verba tingkah laku, kecuali pilihan jawaban Sebaiknya jangan menghindari segala bentuk kemajuan. Jadikanlah semua itu sebagai nilai positif. Verba *menghindari *merupakan verba tingkah laku.


Soal 2
Verba material yang paling tepat terdapat pada kalimat ....
Jawaban =
Pembahasan =
Verba material adalah verba (kata kerja) berimbuhan yang mengacu pada sebuah tindakan yang dilakukan oleh fisik partisipan dalam sebuah peristiwa. Dengan demikian, pilihan yang paling tepat adalah Aparat keamanan berhasil membekuk pelaku penganiayaan aktivis pasir. Verba (kata kerja) *membekuk *merupakan verba material. Kalimat pada pilihan lain tidak mengandung verba material.


Soal 3
Berikut ini kata kerja yang termasuk verba material, kecuali ....
Jawaban =
Pembahasan =
Verba material adalah verba (kata kerja) berimbuhan yang mengacu pada sebuah tindakan yang dilakukan oleh fisik partisipan dalam sebuah peristiwa. Dengan demikian, pilihan yang paling tepat adalah tarik, lihat, & makan. Verba tersebut bukan merupakan verba material karena tidak berimbuhan.


Soal 4
Berikut ini kata kerja yang termasuk verba tingkah laku, kecuali ....
Jawaban =
Pembahasan =
Verba tingkah laku memiliki ciri yaitu berupa kata kerja (verba) yang berupa ungkapan. 
Pilihan jawaban yang paling benar adalah *memberi *karena verba tersebut bukan merupakan verba tingkah laku melainkan verba material.


Soal 5
Perhatikan teks prosedur kompleks di bawah ini!
Perangkat ini merupakan perangkat teknologi favorit keluarga. Perhatikan cara menggunakannya!
  1. Colokkan kabel pada *stop *kontak listrik.
  2. Tekan tombol *on *atau *power *pada bagian depan perangkat.
  3. Pilih program acara yang Anda inginkan.
  4. Anda dapat menyesuaikan suara atau *volume *pada perangkat tersebut.
  5. Anda dapat memilih beragam program acara dengan menekan tombol program.
  6. Jaga jarak pandang Anda dari layar agar tidak merusak mata.
Verba material terdapat pada kalimat ....
Jawaban =
Pembahasan =
Salah satu ciri verba material adalah aktivitas fisik yang dilakukan partisipan. Dengan demikian, pilihan jawaban yang paling tepat adalah memilih yang terdapat pada kalimat Anda dapat *memilih** beragam program acara dengan menekan tombol program. *
Verba pada pilihan jawaban lain bukan merupakan aktivitas fisik.


Soal 6
Perhatikan teks prosedur kompleks di bawah ini!
Setrika Listrik
Percayakah kamu bahwa setrika mengalami perubahan beberapa fase? Ya, setrika dari zaman ke zaman semakin canggih dan modern. Bentuk setrika zaman dulu memiliki wadah khusus untuk memasukkan arang panas dan menggunakan kipas bambu untuk menjaganya agar tidak dingin. Bayangkan betapa repotnya menjaga suhu panas dengan sesekali mengip-ngipas arang. Kita pasti akan merasa kesal karena ketidakpraktisannya. Tapi kini, setrika tidak lagi menggunakan arang dan kipas melainkan listrik untuk menjaga suhu agar tetap panas. Cara menggunakannya pun mudah. Pertama, colokkan kabel setrika ke kontak listrik. Kita dapat menunggu beberapa saat agar setrika mulai panas secara otomatis. Kedua, kita dapat memilih suhu sesuai jenis kain. Setelah memilih suhu sesuai kebutuhan, kita gunakan setrika dengan perlahan. Selanjutnya, jika sudah selesai menggunakan, kita tinggal mencabut kabel dan setrika akan kembali dingin.
Nah, siapa pun dapat menggunakan setrika listrik tanpa repot mengipas-ngipas. Mungkin lebih baik kipas tersebut untuk kita saja agar tidak kepanasan, ya! Selamat menyetrika!
Pada teks prosedur kompleks di atas, verba tingkah laku terdapat pada kalimat ....
Jawaban =
Pembahasan =
Verba tingkah laku cirinya adalah tindakan yang dinyatakan dengan ungkapan. Kalimat yang menunjukkan verba tingkah laku adalah Kita pasti akan *merasa *kesal karena ketidakpraktisannya. * Kalimat tersebut menggunakan verba *merasa **yang merupakan tindakan yang diungkapkan, bukan dilakukan oleh aktivitas fisik.


Soal 7
Perhatikan teks prosedur kompleks di bawah ini!
Pencacah Makanan Manual
Penemuan teknologi terkadang kembali flash back ke masa di mana alat digunakan secara manual. Demikian pula pada alat pencacah makanan yang kini banyak beredar di pasaran. ... Mereka biasa menggunakannya untuk mencacah dan menghaluskan makanan. Alat ini dinamakan pencacah manual atau manual chopper. Meski manual, alat ini mudah digunakan, yaitu pertama, masukkan bahan makanan (misalnya buah apel) ke dalam wadah chopper. Agar lebih cepat, potong terlebih dahulu makanan tersebut menjadi 4 atau 6 bagian. Selanjutnya, tarik tali pengungkit untuk memutar pisau. Terakhir, buka penutup *chopper *untuk memastikan makanan tercacah sesuai keinginan.
Agar mengandung verba tingkah laku, teks rumpang di atas sebaiknya dilengkapi kalimat ....
Jawaban =
Pembahasan =
Teks rumpang di atas dapat dilengkapi dengan cara melihat kalimat sebelum atau sesudahnya. Kalimat Para ibu pasti mengenali alat ini merupakan kalimat yang lebih tepat untuk melengkapi teks di atas. Kalimat tersebut mengandung verba tingkah laku dan susunan urutannya lebih koheren dengan kalimat sebelum dan sesudahnya. Pilihan jawaban lain tidak menunjukkan adanya verba tingkah laku.


Soal 8
Perhatikan teks prosedur kompleks di bawah ini!
Menyalakan laptop harus sesuai prosedur yang benar. Berikut ini langkah-langkahnya.
  1. Pastikan baterai laptop berisi penuh. Jika tidak, perangkat ini tidak dapat menyala.
  2. Buka layar monitor dengan cara mendorong ke arah atas. Lakukan dengan perlahan dan hati-hati. Hal ini agar layar monitor tidak mudah rusak.
  3. Tekan tombol power. Bagian ini biasanya berada di bagian atas tombol keyboard.
  4. Laptop siap digunakan. Demikian langkah mudah menyalakan laptop.
Pada langkah pertama, kita dapat melengkapi kalimat dengan kalimat yang mengandung verba material, yaitu ....
Jawaban =
Pembahasan =
Verba material selalu dinyatakan dalam bentuk aktivitas fisik, yaitu aktivitas yang melibatkan anggota tubuh. Dengan demikian, kalimat yang tepat menunjukkan verba material yaitu Untuk memastikannya, kamu dapat melihat layar monitor dan lampu indikator apakah menyala atau tidak ketika laptop dinyalakan. Verba *melihat *pada kalimat tersebut merupakan verba material.


Soal 9
Perhatikan teks prosedur kompleks di bawah ini!
*Mengambil Uang di Mesin ATM *
Satu lagi kemudahan yang ditawarkan oleh teknologi, yaitu mesin pengambilan uang atau biasa disebut ATM. ATM bahkan dewasa ini dapat digunakan untuk menabung –selain untuk mengambil uang-. Namun, lagi-lagi, jika tidak dapat menggunakannya dengan benar, alih-alih memudahkan, mesin malah dapat menyusahkan. Berikut ini cara mudah mengambil uang melalui mesin ATM. Pertama, masukkan kartu ATM Anda ke dalam lubang kartu sesuai tanda panah yang ada pada kartu. Kedua, pilih menu bahasa. Ketiga, masukkan nomor PIN Anda sambil menutupi tombol mesin. Hal ini dilakukan untuk menjaga kerahasiaan PIN. Setelah itu, pilihlah nominal uang yang akan diambil. Selanjutnya, segera masukkan uang, kartu ATM, dan kertas slip segera setelah transaksi selesai dilakukan. Terakhir, ada baiknya Anda tidak sendirian ketika mengambil uang di ATM. Hal ini untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.
Kata yang dicetak tebal pada teks prosedur kompleks di atas adalah ....
Jawaban =
Pembahasan =
Verba material dan verba tingkah laku merupakan ciri dari teks prosedur kompleks. Kedua verba tersebut memiliki ciri yang berbeda. Verba material memiliki ciri berupa perbuatan fisik (aktivitas) dari partisipan, sedangkan verba tingkah laku memiliki ciri yaitu berupa kata kerja (verba) yang berupa ungkapan. Kata yang dicetak tebal merupakan verba material karena berupa perbuatan fisik (aktivitas) dari partisipan, yaitu memasukkan.


Soal 10
Perhatikan teks prosedur kompleks di bawah ini!
Mengambil Uang di Mesin ATM
Satu lagi kemudahan yang ditawarkan oleh teknologi, yaitu mesin pengambilan uang atau biasa disebut ATM. ATM bahkan dewasa ini dapat digunakan untuk menabung –selain untuk mengambil uang-. Namun, lagi-lagi, jika tidak dapat menggunakannya dengan benar, alih-alih memudahkan, mesin malah dapat menyusahkan. Berikut ini cara mudah mengambil uang melalui mesin ATM. Pertama, masukkan kartu ATM Anda ke dalam lubang kartu sesuai tanda panah yang ada pada kartu. Kedua, pilih menu bahasa. Ketiga, masukkan nomor PIN Anda sambil menutupi tombol mesin. Hal ini dilakukan untuk menjaga kerahasiaan PIN. Setelah itu, pilihlah nominal uang yang akan diambil. Selanjutnya, segera masukkan uang, kartu ATM, dan kertas slip segera setelah transaksi selesai dilakukan. Terakhir, ada baiknya Anda tidak sendirian ketika mengambil uang di ATM. Hal ini untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.
Berdasarkan teks prosedur komplek di atas, kata yang menunjukkan verba tingkah laku adalah ....
Jawaban =
Pembahasan =
Verba tingkah laku selalu ditandai oleh verba yang mengandung ungkapan. Dengan demikian, pilihan yang paling tepat adalah “Menghindari pada kalimat Hal ini untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan”. Kata *menghindari *merupakan verba tingkah laku.

0 Response to "Soal dan Jawaban Teks Prosedur Kompleks - Verba Material dan Tingkah Laku"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel