MASIGNCLEAN103

Soal dan Jawaban Teks Cerita Sejarah - Struktur Teks Cerita Sejarah


Teks Cerita Sejarah

Struktur Teks Cerita Sejarah



SOAL 1
Bangsa Jepang datang ke Indonesia dengan misi ingin mengalahkan sekutu dalam perang pasifik. Jelas, kedatangan Jepang ke Indonesia sebenarnya bukan untuk membebaskan penderitaan rakyat Indonesia dari tangan penjajah. Hal ini menjadikan kita seperti peribahasa “lepas dari lubang buaya malah masuk ke mulut harimau”.
Kalimat yang digaris bawahi termasuk ....
Jawaban = 
Pembahasan = 
Orientasi adalah pembuka cerita atau proses pengenalan sebelum cerita itu dikisahkan. Biasanya memuat pendahuluan atau cerita awal peristiwa. Sedangkan reorientasi adalah bagian pengamatan ulang suatu teks, dan kesimpulan adalah inti dari cerita atau teks tersebut.


SOAL 2
 Zaman pra-aksara adalah masa sebelum manusia mengenal tulisan. Istilah ini digunakan untuk menggantikan istilah masa pra sejarah. Zaman prasejarah berarti belum adanya sejarah sehingga tidak mungkin ada aktivitas manusia. Penggantian istilah ini menjadi penting mengingat hal-hal yang akan diuraikan selanjutnya.
Paragraf di atas termasuk orientasi karena ....
Jawaban = 
Pembahasan = 
Pahami orientasi sebagai struktur teks cerita sejarah yang ada di awal alur cerita. Pada teks di atas dikuatkan dengan pernyataan akhir, yaitu penggantian istilah ini menjadi penting mengingat hal-hal yang akan diuraikan selanjutnya. Hal ini menunjukkan bahwa teks akan membahas rangkaian peristiwa pada uraian-uraian selanjutnya.


SOAL 3
Saat pemerintah Belanda (VOC) menjajah bangsa Indonesia mereka merebut hasil pertanian dan perkebunan milik warga Indonesia secara paksa. Selain itu, masyarakat juga dipekerjakan dengan semena-mena tanpa diberi upah. Sistem kerja paksa saat itu dinamakan rodi.
Unsur serapan yang diadopsi secara utuh dari bahasa asing adalah ....
Jawaban = 
Pembahasan = 
Unsur serapan yang digunakan dalam soal di atas adalah rodi artinya sistem kerja paksa dalam masa pemerintahan jepang. Karena istilah ini sudah umum dikenal dalam bahasa Indonesia dan tidak ada padanan kata yang sesuai untuk menggantinya.


SOAL 4
Sekitar tahun 850 Masehi, Prambanan disempurnakan dan diperluas oleh Rakai Pi Raja Lokapala dan raja Balitung Maha Sambu. Sebuah prasasti berangka tahun 856 M menyebutkan bahwa bangunan ini dibangun dengan tujuan untuk memuliakan dewa Siwa.
Paragraf di atas termasuk ke dalam ....
Jawaban = 
Pembahasan =
Teks cerita sejarah memiliki struktur alur orientasi, rangkaian peristiwa, dan reorientasi. Pada teks di atas termasuk event karena berisi peristiwa-peristiwa. Hal ini dikuatkan dengan adanya data tahun yang diungkapkan.


SOAL 5
Berita kekalahan Jepang dalam perang pasifik telah diketahui oleh Sutan Syahrir sehingga para golongan muda mendesak golongan tua untuk segera melaksanakan kemerdekaan. Hal itu dilakukan agar kita tidak memiliki hutang budi terhadap Jepang. Kemerdekaan Indonesia bukanlah hadiah dari Jepang melainkan karena perjuangan rakyat Indonesia.
Penggalan teks di atas menggunakan struktur teks cerita sejarah yaitu ....
Jawaban = 
Pembahasan =
Reorientasi berfungsi sebagai akhir cerita yang berupa kesimpulan atau peninjauan kembali. Kalimat terakhir pada teks di atas merupakan akhir cerita.


SOAL 6
Tahun 1992, bangsa ini tersenyum bangga ketika dua atlet berhasil memenangkan medali emas dalam ajang Olimpiade Barcelona.
Orientasi di atas bisa dilanjutkan oleh kalimat-kalimat berikut ini, kecuali ....
Jawaban = 
Pembahasan = 
Orientasi adalah pengantar teks cerita sejarah. Mencermati orientasi tersebut, kalimat-kalimat yang bisa dijadikan pelengkap teks cerita sejarah di atas adalah kalimat yang berkaitan dengan olimpiade yang diikuti Indonesia. Dengan demikian, kisah cinta Susi Susanti dan Alan Budikusuma tidak bisa dimasukkan sebagai pelengkap karena berbeda topik pembicaraan meskipun tokohnya sama.


SOAL 7
Ratu Sima merupakan penguasa di kerajaan Kalingga. Ia digambarkan sebagai seorang yang tegas dan taat akan peraturan yang berlaku dalam kerajaan itu. Kerajaan Kalingga ini terletak di Jawa Tengah.
Penggalan teks di atas termasuk mengungkapkan unsur ....
Jawaban = 
Pembahasan = 
Hal yang diungkapkan dalam teks di atas adalah tokoh, yaitu tokoh Ratu Sima.


SOAL 8
Berikut yang tidak bisa dijadikan sebagai sumber teks cerita sejarah adalah ....
Jawaban = 
Pembahasan = 
Teks cerita sejarah bersumber dari peristiwa yang benar-benar terjadi. Berdasarkan hal itu, pilihan yang tidak bisa dijadikan sumber cerita sejarah adalah kisah Malin Kundang karena kisah tersebut bersifat fiktif.


SOAL 9
Perhatkan teks acak berikut.
(1) Tanggal 28 Maret 1830 adalah tanggal duka karena saat itulah, Pangeran Diponegoro datang ke Magelang untuk memenuhi undangan perundingan dari Belanda. Pangeran yang jujur dan bersih hati itu percaya dengan janji Belanda bahwa akan mengijinkannya pulang jika tidak terjadi kesepakatan. Namun, kenyataannya, saat itulah Belanda menangkapnya.
(2) Perjuangan berakhir sudah, gerilya yang sukses puluhan tahun itu meninggalkan pelajaran yang sangat berarti. Sekaligus menanamkan cinta tanah air dalam benak setiap anak bangsa.
(3) Melihat raut muka dalam lukisan dirinya, tergambar kesederhanaan, kejujuran, dan kegigihan. Begitulah pangerang itu dikenal oleh khalayak masyarakat sampai saat ini. Kegigihannya melawan Belanda dengan cara bergerilya membuat Belanda kewalahan dan akhirnya menggunakan cara licik untuk menangkapnya. Dia adalah Pangeran Diponegoro.
Urutan yang benar agar menjadi teks cerita sejarah sesuai dengan struktur orientasi-peristiwa-reorientasi adalah ....
Jawaban = 
Pembahasan = 
Alur teks cerita sejarah diawali dengan pengenalan atau orientasi. Dalam teks acak tersebut, orientasi ada pada no (3). Hal ini ditandai dengan penggambaran awal tokoh yang akan diceritakan.
Alur selanjutnya adalah event atau peristiwa. Alur ini berisi serangkaian cerita sejarah. Pada teks acak ada pada no (1) yaitu peristiwa ditangkapkan Pangeran Diponegoro.
Alur terakhir adalah reorientasi, yaitu penutup yang ada pada no (2). Pada teks di atas penutup berisi hikmah.


SOAL 10
Berikut ini yang termasuk peristiwa dalam teks cerita sejarah adalah ....
Jawaban = 
Pembahasan = 
Peristiwa adalah alur cerita yang berurutan tempat dan waktu. Biasanya dilengkapi dengan adanya tokoh dan konflik.


tags
soal dan jawaban bahasa indonesia kelas 11
soal dan jawaban teks cerita sejarah
soal pilihan ganda bahasa indonesia
soal essay bahasa indonesia

contoh soal teks cerita sejarah dan jawabannya
Share This :
hanszt

Semoga selalu suport blog ini dengan berkomentar dengan bijak dan membangun