MASIGNCLEAN103

Soal dan Jawaban Teks Cerita Sejarah - Makna Kata, Istilah, dan Ungkapan dalam Teks Sejarah


Teks Cerita Sejarah

Makna Kata, Istilah, dan Ungkapan dalam Teks Sejarah


SOAL 1
Perhatikan teks cerita sejarah berikut ini! 
Pada masa imperialisme di Indonesia, pemerintah Belanda terus melakukan upaya perbaikan ekonomi. Pada tahun 1829, seorang tokoh bernama Johannes Van de Bosch mengajukan usulan kepada Raja Belanda untuk melakukan penanaman tanaman yang akan laku di pasar dunia. Penanaman itu dilakukan di seluruh tanah jajahan, termasuk Indonesia. Tanah jajahan dianggap sebagai tanah yang menguntungkan bagi negeri induk. Proses penanaman pun dilakukan secara paksa. Dengan demikian, perekonomian Belanda segera pulih, bahkan meningkat.
Istilah sejarah yang diambil dari bahasa asing untuk menggambarkan tanam paksa seperti pada teks di atas adalah ....
Jawaban = 
Pembahasan = 
Pada saat masa penjajahan Belanda dikenal sistem tanam paksa yang diterapkan pemerintah Belanda pada masa itu. Istilah Belanda yang digunakan untuk menyebut sistem tanam paksa tersebut adalah cultuurstelsel.


SOAL 2
Perhatikan teks cerita sejarah berikut ini! 
Pada masa imperialisme di Indonesia, pemerintah Belanda terus melakukan upaya perbaikan ekonomi. Pada tahun 1829, seorang tokoh bernama Johannes Van de Bosch mengajukan usulan kepada Raja Belanda untuk melakukan penanaman tanaman yang akan laku di pasar dunia. Penanaman itu dilakukan di seluruh tanah jajahan, termasuk Indonesia. Tanah jajahan dianggap sebagai tanah yang menguntungkan bagi negeri induk. Proses penanaman pun dilakukan secara paksa. Dengan demikian, perekonomian Belanda segera pulih, bahkan meningkat.
Istilah yang tepat untuk mengganti ungkapan bercetak miring pada teks di atas adalah ....
Jawaban = 
Pembahasan = 
Istilah sejarah yang memiliki makna tanah jajahan adalah koloni. Adapun kolonial berarti bersifat sejarah, sedangkan kolonialismeadalah paham (isme) tentang penguasaan suatu daerah atau negara oleh negara lain. Istilah lainnya, yaitu kolonialisasi dan kolonisme tidak terdapat dalam bahasa Indonesia.


SOAL 3
Perhatikan teks cerita sejarah berikut ini! 
Meskipun Indonesia telah mengenal enam agama resmi yang diakui oleh negara, namun sebagian kecil masyarakat masih memiliki kepercayaan di luar agama resmi tersebut. Misalnya, beberapa kelompok masyarakat di Kalimantan Barat yang masih menganut kepercayaan tradisional. Kepercayaan tersebut merupakan ajaran turun temurun yang diyakini berasal dari nenek moyang mereka. Di antaranya adalah kepercayaan terhadap benda-benda seperti pohon atau batu yang dianggap memiliki tenaga atau kekuatan supranatural.
Istilah yang tepat untuk menggambarkan ungkapan bercetak miring pada teks cerita sejarah di atas adalah ....
Jawaban = 
Pembahasan = 
Kepercayaan terhadap benda-benda mati (seperti pohon atau batu) yang dianggap memiliki kekuatan supranatural disebut dengan dinamisme. Adapaun animismeadalah kepercayaan terhadap roh yang mendiami benda-benda tertentu. Monoteisme adalah aliran yang mempercayai adanya kekuatan tunggal sebagai Tuhan. Ateis adalah orang yang tidak mempercayai adanya Tuhan. Sinkretisme adalah aliran yang memadukan beberapa paham yang berbeda untuk mencari keseimbangan.


SOAL 4
Perhatikan teks cerita sejarah berikut ini!
Pada masa orde baru, politik luar negeri Indonesia dikembalikan pada politik bebas aktif yang sesuai dengan Pancasila dan UUD 1945. Dengan demikian, Indonesia segera memulihkan hubungan dengan negara-negara tetangga. Di antaranya adalah penghentian kronfontasi dengan Malaysia. Pemulihan hubungan diplomatik tersebut merupakan hasil perundingan yang dilakukan Wakil Perdana Menteri Malaysia, Tun Abdul Razak, dan Menteri Luar Negeri Indonesia, Adam Malik. Perundingan tersebut berlangsung di Bangkok pada 29 Mei hingga 1 Juni 1966.
Kata bercetak miring pada teks cerita sejarah di atas memiliki makna ....
Jawaban = 
Pembahasan = 
Kata konfrontasi merupakan isilah sejarah. Kata tersebut memiliki makna permusuhan.


SOAL 5
Perhatikan teks cerita sejarah berikut ini!     
      Perang Dunia II menyebabkan keadaan ekonomi dunia semakin kacau. Perang tersebut telah mengeksploitasi banyak tenaga kerja, modal, dan biaya perang sehingga membuat keadaan perekonomian hancur setelah perang berakhir. Kekuatan ekonomi dunia kemudian terbelah menjadi dua, yaitu sistem ekonomi kapitalis dan ekonomi sosialis. Kedua sistem tersebut didasari pada dua kekuatan adidaya dunia pascaperang, yaitu Amerika Serikat dan Uni Soviet. Amerika Serikat cenderung mendominasi kapitalisme. Sebaliknya, Uni Soviet bercorak sosialisme.
      Sebagai negara adidaya, Amerika Serikat dan Uni Soviet sama-sama memberikan bantuan ekonomi kepada negara sekutu atau negara yang cenderung memiliki sistem ekonomi yang sama. Namun, bantuan tersebut tidak sekadar berupa pinjaman. Kedua negara tersebut juga memperluas pengaruh ideologi kepada negara-negara lain. Misalnya, pengaruh Amerika Serikat terhadap negara-negara Eropa Barat dan sebagian Asia, seperti Singapura, Jepang, dan Korea Selatan. Adapun Uni Soviet berhasil membawa pengaruhnya pada negara-negara Eropa Timur, Afrika, dan sebagian Asia, seperti Vietnam, Tiongkok, dan Korea Utara.

Perbedaan istilah bercetak miring pada contoh teks cerita sejarah di atas adalah ....
Jawaban = 
Pembahasan = 
Kapitalisme dan sosialis memerupakan dua istilah sejarah yang berhubungan denga sistem ekonomi suatu negara. Perbedaan makna kedua istilah tersebut adalah bahwa kapitalisme merupakan sistem ekonomi yang bersumber persaingan modal pribadi, sedangkan sosialisme merupakan sistem ekonomi yang melibatkan campur tangan negara.


SOAL 6
Perhatikan teks cerita sejarah berikut ini! 
Pada awal abad ke-19, masyarakat Jawa berada dalam kondisi yang memprihatinkan. Di antara ditunjukkan dengan konflik yang terjadi antara kerajaan-kerajaan kecil (kesultanan) di Jawa dengan pemerintah kolonial Belanda, seperti di Surakarta dan Yogyakarta. Konflik tersebut muncul akibat adanya campur tangan dari pemerintah kolonial terhadap di berbagai aspek, seperti pemerintahan, sosial, budaya, dan agama. Hal tersebut menimbulkan pergeseran nilai-nilai yang dianut oleh masyarakat Jawa, terutama adat dan budaya keratos. Misalnya, budaya minum minuman keras yang dibawa pemerintah kolonial. Kebiasaan tersebut jelas sangat bertentangan dengan nilai-nilai budaya Nusantara.
Istilah yang tepat untuk menggantikan frasa bercetak miring pada teks cerita sejarah di atas adalah ....
Jawaban =
Pembahasan = 
Istilah yang memiliki makna “campur tangan” adalah intervensi.


SOAL 7
Perhatikan teks cerita sejarah berikut ini!
Perang Dunia II menyebabkan keadaan ekonomi dunia semakin kacau. Perang tersebut telah mengeksploitasi banyak tenaga kerja, modal, dan biaya perang sehingga membuat keadaan perekonomian hancur setelah perang berakhir. Kekuatan ekonomi dunia kemudian terbelah menjadi dua, yaitu sistem ekonomi kapitalis dan ekonomi sosialis. Kedua sistem tersebut didasari pada dua kekuatan adidaya dunia pascaperang, yaitu Amerika Serikat dan Uni Soviet. Amerika Serikat cenderung mendominasi kapitalisme. Sebaliknya, Uni Soviet bercorak sosialisme.
       Sebagai negara adidaya, Amerika Serikat dan Uni Soviet sama-sama memberikan bantuan ekonomi kepada negara sekutu atau negara yang cenderung memiliki sistem ekonomi yang sama. Namun, bantuan tersebut tidak sekadar berupa pinjaman. Kedua negara tersebut juga memperluas pengaruh ideologikepada negara-negara lain. Misalnya, pengaruh Amerika Serikat terhadap negara-negara Eropa Barat dan sebagian Asia, seperti Singapura, Jepang, dan Korea Selatan. Adapun Uni Soviet berhasil membawa pengaruhnya pada negara-negara Eropa Timur, Afrika, dan sebagian Asia, seperti Vietnam, Tiongkok, dan Korea Utara.

Makna istilah bercetak miring pada teks cerita sejarah di atas adalah ....
Jawaban = 
Pembahasan = 
Kata ideologi merupakan salah satu istilah sejarah. Makna kata ideologi adalah cara berpikir suatu golongan yang dijadikan landasan mencapai tujuan.


SOAL 8
Perhatikan teks cerita sejarah berikut ini!
      Gunung Padang merupakan situs megalitikum yang menjadi penemuan arkeologis terbesar di Indonesia. Situs tersebut berupa batu-batuan besar berbentuk segi lima yang membentuk punden berundak. Gunung Padang terletak di ketinggian 885 meter di atas permukaan laut. Masyarakat setempat percaya bahwa situs Gunung Padang merupakan tempat penyembahan para leluhur pada masa silam. Hal tersebut dibuktikan dengan beberapa bebatuan yang menyerupai ruang-ruang tertentu dengan kekhasannya masing-masing, seperti adanya batu musik dan batu kujang.
        Selain penemuan arkeologis, situs Gunung Padang juga memiliki banyak folklor yang berkembang di tengah masyarakat. Di antaranya adalah kepercayaan bahwa situs Gunung Padang sebagai tempat persemayaman Prabu Siliwangi, raja terbesar dalam legenda Sunda. Ada pula anggapan bahwa Gunung Padang memiliki persamaan dengan Jabal Nur yang merupakan tempat Muhammad Saw. memperoleh wahyu di Mekah, Arab Saudi. Selain itu, ada pula mitos mengenai Nyi Sadeah, yaitu sosok perempuan yang dikabarkan menghilang saat peresmian stasiun Lampegan, stasiun kereta terdekat dengan situs megalitikum tersebut. Namun demikian, semua cerita yang belum terbukti kebenarannya tersebut harus dianggap sebagai kearifan lokal belaka yang memiliki dampak positif bagi kehidupan.

Makna istilah bercetak miring pada teks cerita sejarah di atas adalah ....
Jawaban = 
Pembahasan = 
Punden berundak merupakan istilah sejarah yang berkaitan dengan kehidupan manusia prasejarah. Istilah tersebut memiliki makna “bangunan pemujaan yang tersusun secara bertingkat-tingkat”.


SOAL 9
Perhatikan teks cerita sejarah berikut ini!
      Gunung Padang merupakan situs megalitikum yang menjadi penemuan arkeologis terbesar di Indonesia. Situs tersebut berupa batu-batuan besar berbentuk segi lima yang membentuk punden berundak. Gunung Padang terletak di ketinggian 885 meter di atas permukaan laut. Masyarakat setempat percaya bahwa situs Gunung Padang merupakan tempat penyembahan para leluhur pada masa silam. Hal tersebut dibuktikan dengan beberapa bebatuan yang menyerupai ruang-ruang tertentu dengan kekhasannya masing-masing, seperti adanya batu musik dan batu kujang.
      Selain penemuan arkeologis, situs Gunung Padang juga memiliki banyak folklor yang berkembang di tengah masyarakat. Di antaranya adalah kepercayaan bahwa situs Gunung Padang sebagai tempat persemayaman Prabu Siliwangi, raja terbesar dalam legenda Sunda. Ada pula anggapan bahwa Gunung Padang memiliki persamaan dengan Jabal Nur yang merupakan tempat Muhammad Saw. memperoleh wahyu di Mekah, Arab Saudi. Selain itu, ada pula mitos mengenai Nyi Sadeah, yaitu sosok perempuan yang dikabarkan menghilang saat peresmian stasiun Lampegan, stasiun kereta terdekat dengan situs megalitikum tersebut. Namun demikian, semua dongeng yang belum terbukti kebenarannya tersebut harus dianggap sebagai kearifan lokal belaka yang memiliki dampak positif bagi kehidupan. 
Istilah dalam teks cerita di atas yang memiliki makna “cerita lisan yang diturunkan secara turun-temurun” adalah ....
Jawaban = 
Pembahasan = 
Istilah yang memiliki makna “cerita lisan yang diturunkan secara turun-temurun” disebut dengan folklor.


SOAL 10
Perhatikan teks cerita sejarah berikut ini!
      Saat memiliki gawai yang canggih, seperti telepon genggam, komputer, atau kamera, pasti kita akan merasa paling modern, bukan? Namun, tahukah kamu sejak kapan istilah modern ini dikenal?
      Kata modern pertama kali dikenal sejak revolusi industri di Eropa pada tahun 1750 hingga 1850. Revolusi industri adalah perubahan secara besar-besaran kehidupan manusia di berbagai bidang, seperti pertanian, manufaktur (1), pertambangan, transportasi, dan teknologi secara umum. Dengan revolusi (2) industri, tenaga manusia yang selama ini diberdayakan untuk segala lini kehidupan mulai dibatasi dan digantikan oleh adanya mesin. Bermula dari Britania Raya, revolusi industri secara cepat menyebar ke Eropa Barat, Amerika Utara, Jepang, dan seluruh dunia. Itulah pertama kalinya dunia mengalami modernisasi.
      Namun demikian, kemudahan yang diakibatkan revolusi industri tidak hanya berdampak positif. Perubahan secara fundamental (3) di berbagai lini kehidupan menimbulkan dampak negatif. Di antaranya banyaknya perusahan kecil yang gulung tikar karena tidak mampu bersaing di tengah melimpahnya produksi. Selain itu, tingkat pengangguran juga semakin tinggi karena tenaga manusia mulai digantikan oleh mesin. Dampak sosial lainnya adalah tingginya laju urbanisasi sehingga orang-orang mulai meninggalkan wilayah desa yang dianggap kurang potensial.

Makna istilah bercetak miring pada teks cerita sejarah di atas secara berurutan adalah ....
Jawaban = 
Pembahasan = 
Istilah-istilah bercetak miring di atas merupakan istilah sejarah, yaitu (1) manufaktur, (2) revolusi, dan (3) fundamental. Masing-masing makna istilah tersebut adalah (1) produksi barang, (2) perubahan besar-besaran, (3) mendasar.


tags
soal dan jawaban bahasa indonesia kelas 11
soal dan jawaban teks cerita sejarah
soal pilihan ganda bahasa indonesia
soal essay bahasa indonesia

contoh soal teks cerita sejarah dan jawabannya
Share This :
hanszt

Semoga selalu suport blog ini dengan berkomentar dengan bijak dan membangun