MASIGNCLEAN103

Soal dan Jawaban Teks Ulasan Film/Drama - Perbandingan struktur isi dan ciri bahasa dua teks film/drama



Teks Ulasan Film/Drama
Perbandingan struktur isi dan ciri bahasa dua teks film/drama




SOAL 1
Secara tidak sadar, kita sering mengulas film yang baru saja kita tonton bersama teman. Ragam ulasan yang dipakai adalah.…
Jawaban =
ulasan secara lisan
Pembahasan =
Berdasarkan penyampaiannya ulasan film/drama terbagi menjadi 2, yaitu ulasan secara tertulis dan ulasan lisan. Ulasan tertulis biasanya berbentuk teks ulasan yang diterbitkan di koran, majalah, blog, atau situs lainnya. Ulasan lisan bisa disampaikan dalam diskusi, konferensi pers, termasuk ketika ngobrol dengan teman.



SOAL 2
Berikut adalah susunan yang tepat perubahan kelas kata verba menjadi nomina, kecuali….
Jawaban =
lihat = kelihatan
Pembahasan =
Setiap imbuhan memiliki fungsi, yaitu mampu mengubah jenis kata. Sebagai contoh, imbuhan yang mampu membentuk jenis kata benda adalah ke-an, -an, pe-an, per-an, dan pe-. Bentuk makanan, kehadiran, kedatangan, dan penilaian adalah kata benda, sedangkan kata kelihatan adalah kata kerja.




SOAL 3
Berikut adalah kata yang tidak berpadanan dengan kata berseru adalah….
Jawaban =
bersahutan
Pembahasan =
Kata berseru memiliki makna bersuara dengan lantang atau berteriak. Berseru biasa dilakukan ketika kita memanggil, mengajak, atau menyarankan. Kata-kata tersebut adalah berbagai macam sinonim yang dimiliki oleh kata berseru. Namun, kata bersahutan bukan merupakan padanan kata berseru karena kata bersahutan yang memiliki kata dasar sahut memiliki makna menjawab panggilan.



SOAL 4
Pasangan kata yang tepat terkait perubahan verba aktif ke pasif adalah, kecuali ….

Jawaban =
Menyanyi > dinyanyikan
Pembahasan =
Pengubahan dari verba aktif ke dalam bentuk pasif hanya dapat terjadi pada verba transitif. Proses perubahannya adalah dengan mengubah awalan me- menjadi awalan di- tanpa mengubah bentuk lainnya. Proses ini terjadi pada kata mengambil menjadi diambil atau mengambilkan menjadi diambilkan. Dengan kata lain, kata yang tidak dapat mengalami proses ini ada pada kata menyanyi karena kata menyanyi tidak dapat diubah menjadi bentuk dinyanyi. Kata dinyanyikan muncul dari bentuk menyanyikan bukan menyanyi.



SOAL 5
Berikut adalah kalimat yang menggunakan konjungsi subordinatif adalah….

Jawaban =
Ia sangat menyukai akting sehingga mengambil ekskul teater di sekolahnya.
Pembahasan =
Konjungsi subordinatif adalah kata hubung yang menunjukkan hubungan tingkatan antara klausa bebas dan klausa terikat. Dengan kata lain, ia akan menghasilkan bentuk kalimat majemuk bertingkat/kompleks hipotaksis. Kata-kata yang termasuk ke dalam konjungsi subordinatif adalah karena, sehingga, maka, agar, supaya, meskipun, dan ketika.



SOAL 6
Berikut yang termasuk ke dalam frasa adjektiva adalah….

Jawaban =
Begitu indah
Pembahasan =
Frasa adjektiva adalah gabungan kata yang berintikan kata sifat. Contoh frasa adjektiva adalah begitu indah dengan inti frasa, yaitu kata indah. Sebuah inti dapat kita tentukan dengan membuktikan bahwa kata tersebut tidak bisa dihilangkan jika digunakan dalam kalimat pemandangan ini begitu indah.



SOAL 7
Film adalah….

Jawaban =
Suatu cerita yang dilakonkan dalam bentuk gambar hidup atau audio visual
Pembahasan =
Sebagai media hiburan dan penceritaan, perkembangan film sangatlah panjang. Ia mulai berkembang sejak ditemukannya alat kinetoskop oleh Thomas Alfa Edison. Pada awalnya hanya memiliki gambar tanpa suara atau disebut dengan film bisu hingga pada akhirnya berkembang menjadi audio visual. Di Hindia Belanda sendiri, film sudah muncul sejak tahun 1900.



SOAL 8
Berikut kalimat yang menggunakan jenis preposisi adalah….

Jawaban =
Ada kecelakaan yang terjadi di ruas jalan itu.
Pembahasan =
Preposisi adalah kata depan, yaitu kata-kata yang digunakan sebelum suatu kata. Biasanya kata depan dapat menunjukkan keterangan, seperti di, ke, dari, dalam yang menunjukkan keterangan tempat, dengan dan secara yang menunjukkan keterangan cara, atau kata daripada yang menunjukkan keterangan perbandingan.



SOAL 9
Perhatikan teks ulasan di bawah ini!
(1) Tokoh guru Isa yang lemah dalam novel Jalan Tak Ada Ujung karya Mochtar Lubis adalah simbol. (2)Lambang personifikasi rasa takut tentang impotensinya diumpamakan sebagai tanda kelumpuhan masyarakatnya pada masa perjuangan kemerdekaan. (3)Ketakutan ini lahir karena bayangan yang ia ciptakan sendiri.
Berikut adalah pernyataan yang benar terkait ciri kebahasaan teks ulasan di atas, kecuali….

Jawaban =
Kalimat 3 merupakan kalimat simpleks
Pembahasan =
Kata lambang pada kalimat kedua memiliki persamaan makna dengan kata simbol. Kata impotensi adalah kosakata yang penting untuk dicatat maknanya. Pada kalimat 2 terdapat penggunaan kata ganti orang, yaitu –nya. Pada kalimat 3 terdapat penggunaan satu kata ganti tunjuk, yaitu ini. Adapun pada kalimat 3, ia merupakan kalimat kompleks dengan tanda adanya kata hubung karena.



SOAL 10
Perhatikan teks berikut!
Menonton film adaptasi cerpen “Klub Solidaritas Suami Hilang” seperti mengajak kita berpapasan dengan secuil sejarah tragedi penculikan di seluruh dunia akibat politik dan perang. Walau demikian, film ini juga tidak melupakan perasaan yang dialami perempuan-perempuan korban tersebut. Bukan hanya perempuan korban politik dan perang, tetapi korban laki-laki itu sendiri.
Hal yang disampaikan dalam teks ulasan di atas adalah mengenai….
Jawaban =
ulasan
Pembahasan =
Teks di atas berisi informasi mengenai hal-hal terkait tentang analisis isi suatu karya. Dalam hal ini, karya yang dianalisis adalah film. Hasil analisis itu terlihat dari klausa "...seperti mengajak kita..." dan klausa "film ini juga tidak melupakan…"
Kalusa-klausa tersebut menjadi ciri khas dari ulasan sebuah karya.


tags
soal dan jawaban bahasa indonesia kelas 11
soal dan jawaban teks ulasan film dan drama
soal pilihan ganda bahasa indonesia
soal essay bahasa indonesia
contoh soal teks ulasan film  drama dan jawabannya
Share This :
hanszt

Semoga selalu suport blog ini dengan berkomentar dengan bijak dan membangun