Soal dan Jawaban Teks Ulasan Film/Drama - Langkah-langkah penulisan teks film/drama






SOAL 1
Berikut adalah hal yang dapat dijadikan subjek teks ulasan, kecuali….
Jawaban = 
Pembahasan =
Subjek teks ulasan biasanya merupakan jenis karya sastra atau budaya. Suatu ulasan pun akan mengandung unsur kritik individual, ada perbandingan, dan penilaian baik buruknya subjek tersebut. Adapun koran adalah media komunikasi yang berisi berita. Sebuah berita idealnya harus mengandung informasi fakta dengan unsur 5 W + 1 H. Hal-hal ini membuat berita tidak dapat dijadikan subjek teks ulasan. Dalam ilmu bahasa, kajian yang mengkritisi teks berita dapat dimasukkan ke dalam analisis wacana kritis dan bukan ke dalam teks ulasan.


SOAL 2
Uraian pandangan pribadi pengulas terhadap subjek yang diulas adalah isi bagian struktur….
Jawaban = 
Pembahasan =
Uraian pandangan pribadi pengulas adalah uraian yang berisi penilaian individu dalam menilai baik buruknya suatu karya. Di dalamnya, pengulas juga dapat memberikan unsur perbandingan dengan karya yang sejenis. Dalam teks ulasan, uraian ini masuk ke dalam bagian tafsiran isi.


SOAL 3
Sinopsis sebuah film/drama dalam teks ulasan dapat dimasukkan ke dalam bagian….
Jawaban = 
Pembahasan =
Sinopsis adalah ringkasan isi cerita. Dalam hal ini, ringkasan isi cerita dapat menjadi satu informasi utama kepada pembaca tentang identitas subjek teks ulasan. Dengan kata lain, unsur sinopsis dalam teks ulasan dapat kita masukkan ke dalam bagian pembuka, yaitu pada bagian orientasi.


SOAL 4
Perhatikan teks ulasan berikut!
Mungkin kita bosan dengan film yang bertemakanappocalyptic, semacam mewabahnya virus yang mengubah manusia menjadi mayat hidup dan memburu manusia. Akan tetapi, apa yang ditawarkan dalam film serial “The Walking Dead” berbeda. Film ini bukan tentang appocalyptic-nya ataupun bukan tentang perjuangan melawan mayat hidup. Dengan alur cerita yang menarik dan begitu mengalir, film ini menawarkan intrik mengenai eksistensi umat manusia yang begitu rentan akan dosa.
Jika kita cermati hal di atas, teks tersebut merupakan bagian dari….
Jawaban = 
Pembahasan =
Dalam teks ulasan tersebut terdapat kata-kata penilaian, seperti kata akan tetapi (konjungsi antarkalimat) yang muncul pada kalimat kedua yang memberikan makna pertentangan bahwa film ini berbeda dengan yang lain. Kemudian, munculnya verba mental menarik dan mengalir menunjukkan bahwa teks ulasan di atas berisi informasi tentang kelebihan karya.


SOAL 4
Perhatikan teks ulasan di bawah ini!
Begitu banyak lakon mengenai Ramayana. Akan tetapi, sendratari Ramayana memberikan tontonan yang memukau. Latar Candi Prambanan menambah kesan serunya pementasan dan membuat kita tak pernah bosan menyaksikan lakon itu berulang-ulang, terlebih saat satu set panggung benar-benar dibakar dengan siluet Hanoman yang menari.
Jika dilihat dari jenis kritik, teks ulasan di atas termasuk ke dalam kritik….
Jawaban = 
Pembahasan =
Terdapat empat jenis kritik, yaitu kritik apresiasi yang terdiri atas kritik individual dan sosial, kritik eksposisi yang berisi peniaian struktur, kritik evaluasi yang berisi pemindaian kerangka karangan, dan kritik prevalensi yang berisi perbandingan. Dalam teks tersebut, terdapat kritik mengenai pandangan pribadi pengulas terkait kelebihan yang ia dapatkan saat menontok pertunjukan tersebut. Hal ini termasuk ke dalam jenis kritik individual.


SOAL 6
Penilaian terhadap unsur-unsur intrinsik dan ekstrinsik karya sastra termasuk ke dalam kritik yang berjenis…
Jawaban = 
Pembahasan =
Kritik terhadap unsur-unsur intrinsik dan ekstrinsik karya sastra dalam teks ulasan termasuk ke dalam kritik yang berjenis kritik eksposisi. Di dalamnya, pengulas mengkaji kelebihan dan kekurangan terkait unsur pembentuk karya sastra, seperti tema, amanat, alur, latar, dan penokohan, serta nilai yang terkandung di dalamnya.


SOAL 7
Jika kita mengulas sebuah buku, hal-hal yang termasuk ke dalam identitas buku adalah sebagai berikut, kecuali…
Jawaban = 
Pembahasan =
Identitas buku adalah sumber informasi awal bagi pembaca untuk mengidentifikasi subjek teks ulasan. Dengan demikian, identitas buku harus memberikan informasi mendetail dan objektif, mulai dari menginformasikan judul buku, nama pengarang, penerbit, tahun cetak dan cetakan ke berapa, dan tebal halaman. Identitas buku tidak berisi informasi mengenai harga karena relatif dan tidak pernah sama.


SOAL 8
Berikut adalah sifat teks ulasan, kecuali….
Jawaban = 
Pembahasan =
Teks ulasan sebenarnya dapat dimasukkan ke dalam bentuk laporan yang memiliki ciri-ciri seperti laporan karya tulis atau karya ilmiah. Dengan demikian, teks ulasan memiliki ciri-ciri yang membuatnya dapat dipertanggungjawabkan, seperti lugas, objektif, luas, dan kritis. Hal yang tidak termasuk ke dalam sifat teks ulasan adalah subjektif. Sekalipun dalam teks ulasan terdapat kritik individual, kritik ini selalu disertai dengan data pembanding dan analisis.


SOAL 9
Apa tujuan dari dibuatnya teks ulasan? Kecuali….
Jawaban = 
Pembahasan =
Teks ulasan adalah teks yang berisi kritik/tanggapan suatu hal. Oleh karena itu, tujuan teks ini dipelajari adalah agar siswa mampu berpikir secara kritis dengan menganalisis setiap permasalahan yang terjadi baik dengan data maupun dengan argumentasi agar masalah tersebut dapat terselesaikan dengan baik. Mampu berdebat panjang lebar bukanlah tujuan dari dipelajarinya teks ulasan karena debat semacam itu tidak terstruktur, sedangkan teks ulasan terstruktur.


SOAL 10
Perhatikan susunan berikut!
  1. Penilaian
  2. Ulasan
  3. Sinopsis
  4. Rangkuman
  5. Identitas buku Urutan yang tepat susunan di atas agar terbentuk ulasan resensi adalah…
Jawaban = 
Pembahasan =
Urutan resensi yang tepat selalu dimulai dengan identitas buku dan berlanjut ke sinopsis. Dua unsur ini dalam teks ulasan masuk ke dalam orientasi. Setelah itu, urutan berlanjut ke ulasan (tafsiran isi), penilaian (evaluasi), dan terakhir adalah rangkuman.


tags
soal dan jawaban bahasa indonesia kelas 11

soal dan jawaban teks ulasan film dan drama
soal pilihan ganda bahasa indonesia
soal essay bahasa indonesia
contoh soal teks ulasan film  drama dan jawabannya

You might also like

0 Comments


EmoticonEmoticon