MASIGNCLEAN103

Soal dan Jawaban Teks Eksplanasi Kompleks - Piranti Kohesi Pembentuk Hubungan Sebab-Akibat dalam Kalimat





Question 1
Dalam audio di atas, piranti kohesi hubungan sebab akibat yang digunakan adalah .…
Jawaban =
Pembahasan =
Piranti kohesi pembentuk hubungan sebab akibat merupakan piranti kohesi yang menghubungkan sebab dan akibat. Dalam rekaman di atas sebabnya adalah bergesernya lempeng akibat gempa, sementara akibatnya adalah longsor. Kedua kondisi ini dihubungkan oleh piranti kohesi intrakalimat sehingga.



Question 2
Perhatikan teks berikut.
Pelangi tidak akan terlihat saat cuaca mendung atau pada malam hari. Hal tersebut terjadi karena pelangi merupakan akibat dari terjadinya pembiasan cahaya. Mulanya cahaya matahari melewati tetesan hujan, lalu dibiaskan (dibelokkan) menuju tengah tetesan hujan sehingga membuat cahaya putih terbias menjadi spektrum warna.
Piranti kohesi yang digunakan dalam teks di atas termasuk piranti kohesi jenis .…
Jawaban =
Pembahasan =
Kohesi yang digunakan dalam teks di atas merupakan kohesi yang menguhubungkan sebab akibat intrakalimat. Hal ini dapat terlihat pada posisi kohesi yang ada di tengah-tengah kalimat.



Question 3
Perhatikan kutipan teks berikut.
Gempa terjadi … adanya pergeseran lapisan bawah bumi. Pergeseran ini bisa juga terjadi akibat letusan gunung merapi. Gempa bumi yang terjadi begitu cepat sering menimbulkan dampak yang luar biasa. Getaran gempa merambat ke segala arah … dapat menghancurkan gedung, jalan, dan fasilitas umum lain.
Piranti kohesi pembentuk hubungan sebab akibat yang tepat untuk mengisi bagian yang kosong di atas adalah…
Jawaban =
Pembahasan =
Piranti kohesi pembentuk hubungan sebab akibat yangtepat untuk mengisi bagian yang kosong dalam teks tersebut adalah karena yang menghubungkan sebab (pergeseran lapisan tanah) dan akibat (gempa), sertasehingga yang menghubungkan sebab (getaran gempa) dengan akibat (menghancurkan gedung, dll).



Question 4
Piranti kohesi pembentuk hubungan sebab akibat yang digunakan untuk meghubungkan sebab akibat dalam sebuah kalimat disebut .…
Jawaban =
Pembahasan =
Piranti kohesi pembentuk hubungan sebab akibat yang menghubungkan kondisi sebab dan kondisi akibat dalam sebuah kalimat disebut piranti kohesi sebab akibat intrakalimat (dalam kalimat). Sementara yang di luar kalimat bisa antarkalimat (menghubungkan dua kalimat) atau antarparagraf (menghubungkan dua paragraf).



Question 5
Perhatikan daftar piranti kohesi berikut.
1. oleh karena itu
2. karena
3. sehingga
4. akibatnya
5. oleh sebab itu,
6. maka dari itu,
Kohesi pembentuk hubungan sebab akibat untuk menghubungkan sebab akibat dalam kalimat (intrakalimat) yang terdapat dalam daftar kohesi di atas adalah .…
Jawaban =
Pembahasan =
Kohesi pembentuk hubungan sebab akibat yang dapat digunakan untuk menghubungkan sebab akibat intrakalimat adalah sehingga, akibatnya, dan karena. Sementara oleh sebab itu, oleh karena itu, dan maka dari itu digunakan untuk antarkalimat atau antarparagraf.


Question 6
Perhatikan teks di bawah ini dengan baik!
1. Terjadinya penurunan motivasi belajar pada anak terjadi salah satunya karena terlalu seringnya anak dijejali tontonan yang kurang bermanfaat.
2. Para orang tua seharusnya bisa membatasi jam nonton anak.
Piranti kohesi pembentuk hubungan sebab akibat antarkalimat yang tepat untuk menghubungkan dua kalimat di atas adalah .…
Jawaban =
Pembahasan =
Dalam soal, kalimat pertama merupakan sebab, dan kalimat kedua merupakan akibat. Kedua kalimat dalam soal tersebut dapat dihubungkan sengan menggunakan piranti kohesi “oleh sebab itu” yang menyatakan hubungan sebab akibat antarkalimat.



Question 7
Piranti kohesi digunakan dengan tujuan .…
Jawaban =
Pembahasan =
Kohesi merupakan hubungan antarbagian dalam teks yang ditandai adanya penggunaan unsur bahasa (kata atau kalimat). Piranti kohesi digunakan dengan tujuan untuk membangun kepaduan (kohesif) dalam paragraf atau wacana. Semakin kohesif (padu) suatu paragraf atau wacana, semakin bagus wacana tersebut.



Question 8
Piranti kohesi pembentuk hubungan sebab akibat termasuk jenis kohesi .…
Jawaban =
Pembahasan =
Kohesi dibagi menjadi dua jenis yaitu kohesi gramatikal dan kohesi leksikal. Kohesi gramatikal berkaitan erat dengan bentuk tata bahasa, sementara kohesi leksikal berkaitan dengan makna. Kohesi pembentuk hubungan sebab akibat termasuk kohesi gramatikal.



Question 9
Perhatikan teks berikut.
Fungsi hutan yang dialihkan menjadi lahan perkebunan atau pertanian menyebabkan tingkat erosi semakin tinggi. Hal ini terjadi karena akar tanaman hutan yang sangat kuat diganti dengan akar tanaman perkebunan atau pertanian yang cenderung lemah.
Perbedaan kedua kata yang dicetak tebal dalam teks di atas adalah .…
Jawaban =
Pembahasan =
Perbedaannya terletak pada jenisnya. Kata “menyebabkan” merupakan kata kerja relasional, sedangkan kata “karena “ merupakan kohesi pembentuk hubungan sebab akibat.



Question 10
Perhatikan teks berikut.
Fungsi hutan yang dialihkan menjadi lahan perkebunan atau pertanian menyebabkan tingkat erosi semakin tinggi. Hal ini terjadi karena akar tanaman hutan yang sangat kuat diganti dengan akar tanaman perkebunan atau pertanian yang cenderung lemah.
Persamaan kedua kata yang dicetak tebal dalam teks di atas adalah .…
Jawaban =
Pembahasan = 
Kata “menyebabkan” dan “karena” dalam teks di atas sama-sama menyatakan hubungan sebab akibat.
Share This :
Hanszt01
Semoga selalu suport blog ini dengan berkomentar dengan bijak dan membangun