<script async src="//pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js"></script> <!-- iklan link --> <ins class="adsbygoogle" style="display:block" data-ad-client="ca-pub-3782949346711763" data-ad-slot="1666333210" data-ad-format="link" data-full-width-responsive="true"></ins> <script> (adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({}); </script>
MASIGNCLEAN103

Soal dan Jawaban Teks Eksplanasi Kompleks - Kata Serapan dan Istilah Asing






Question 1
Kata serapan dalam bahasa Indonesia adalah ....
Jawaban =
Pembahasan = 
Kata serapan dalam bahasa Indonesia adalah kata yang berasal dari bahasa asing dan bahasa daerah yang perlakuannya sudah sama dengan kata bahasa Indonesia pada umumnya, yaitu penulisannya tidak perlu dimiringkan.


Question 2
Berikut ini proses menyerap bahasa asing, kecuali ....


Jawaban =
Pembahasan =
Proses menyerap bahasa ada empat, yaitu adaptasi, adopsi, kreasi, dan penerjemahan.


Question 3
Kata yang merupakan hasil adopsi adalah ....

Jawaban =
Pembahasan =
Kata yang merupakan hasil adopsi adalah nasihat. Kataoktaf dan selebritas merupakan hasil adaptasi. Katasuku cadang merupakan hasil kreasi. Kata pengobatanmerupakan hasil penerjemahan.


Question 4
Akhirnya kekuatan di dalam magma tidak bisa bertahan lama. Gas-gas dan fragment dari dalam dilepaskan juga dan ledakan yang disertai gemuruh akhirnya terdengar, baik dalam bentuk ledakan yang hebat maupun tidak. Keluarnya magma ke permukaan disebut extrusi.
Ada dua istilah asing yang penulisannya salah dalam teks di atas, yaitu ....

Jawaban =
Pembahasan =
Akhirnya kekuatan di dalam magma tidak bisa bertahan lama. Gas-gas dan fragment *dari dalam dilepaskan juga dan ledakan yang disertai gemuruh akhirnya terdengar, baik dalam bentuk ledakan yang hebat maupun tidak. Keluarnya magma ke permukaan disebut *extrusi.
Ada dua istilah asing yang penulisannya salah dalam teks di atas, yaitu fragment yang seharusnya fragmen dan extrusi *yang seharusnya *ekstrusi.



Question 5
(1) Ketika magma mengandung lekat dan gas yang rendah, ledakan akan menjadi rendah dan cenderung diam. (2) Materil yang meleleh atau yang lebih dikenal sebagai magma akan meluap keluar dari gunung api, kemudian menjadi dingin di lereng gunung dan disebut lava.
Kata serapan yang penulisannya salah adalah ....

Jawaban =
Pembahasan =
Penulisan kata materil tidak tepat. Penulisan yang tepat adalah material yang merupakan serapan dari bahasa Inggris berarti bahan.


Question 6
Gelombang gempa bumi menyebar keluar dari daerah ... di dalam bumi, lalu membentuk patahan sepanjang patahan tersebut terputus. Jika letak titik pusatnya dangkal, gempa akan meluas sehingga kerusakan yang diakibatkan olehnya akan lebih parah.
Kata yang tepat untuk mengisi bagian rumpang teks di atas adalah ....

Jawaban =
Pembahasan =
Kata yang tepat digunakan untuk mengisi bagian rumpang adalah hiposentrum yang berarti pusat gempa bumi di bawah permukaan bumi.


Question 7
Banjir yang terus-menerus dialaminya semasa kecil merupakan salah satu motivasi tertinggi baginya untuk mempelajari hydrology.
Arti kata yang dicetak miring di atas adalah ....

Jawaban =
Pembahasan =
Hydrology adalah ilmu tentang air di bawah tanah, keterdapatannya, peredaran dan sebarannya, persifatan kimia dan fisikanya, reaksi dengan lingkungan, termasuk hubungannya dengan makhluk hidup


Question 8
Penulisan kata serapan yang baku terdapat dalam kalimat ....

Jawaban =
Pembahasan =
Penulisan kata memproklamirkanerobik, tehnik, *dan *dikoordinir salah. Seharusnya adalah memproklamasikan, aerobik, teknik, dan dikoordinasikan


Question 9
Media sosial saat ini menjadi salah satu alat untuk ajang aktualisasi diri. Banyak orang yang memposting hal-hal yang dilakukan oleh dirinya agar orang lain tahu apa yang ia kerjakan. Misalnya saja ketika Syahrini memamerkan foto-foto saat ia berjalan-jalan ke Eropa di Instagram-nya. Tak jarang social media juga menjadi media untuk mengekspresikan pikiran dan perasaan. Namun, untuk hal yang satu ini seseorang sebaiknya tetap berhati-hati dengan apa yang ia ungkapkan melalui media sosial. Salah-salah ia bisa terjerat hukum gara-gara postingannya sendiri.
Kata yang dicetak miring tidak tepat penulisannya. Untuk memperbaikinya adalah ....

Jawaban =
Pembahasan =
Kata yang dicetak miring tidak tepat penulisannya. Untuk memperbaikinya adalah
menggantinya dengan media sosial
Share This :
hanszt

Semoga selalu suport blog ini dengan berkomentar dengan bijak dan membangun