MASIGNCLEAN103

Soal dan Jawaban Teks Ulasan Film/Drama - Interpretasi isi teks film/drama







Question 1
Rombongan anak sekolah menaiki bis sekolah yang berwarna kuning. Tak lama kemudian, bis mulai melaju di jalanan yang cukup berkelok. Sisi kiri dan kanan jalanan yang mereka lalui adalah pohon-pohon pinus tinggi menjulang yang dipadu dengan rerumputan tinggi di bawahnya.
Sinopsis cerita film di atas memiliki latar tempat di ....
Jawaban =
Pembahasan =
Latar tempat yang digunakan dalam sinopsis film di atas adalah di jalanan hutan pinus. Penjelasan mengenai latar tempat tergambar jelas dari kalimat pertama sampai pada kalimat kedua.



Question 2
Gilang merupakan seorang anak yang cenderung pendiam dan berusaha untuk menutupi semua hal yang berhubungan dengan dirinya dari orang lain. Karakter Gilang ini berhasil dibawakan dengan baik oleh aktor pendatang baru yang sebelumnya pernah menjadi pemeran pendamping dalam film karya sutradara yang sama.
Hal utama yang dibahas oleh penulis ulasan film di atas adalah ....

Jawaban =
Karakter Gilang dan bagaimana si aktor memerankannya.
Pembahasan =
Penulis ulasan film tersebut memfokuskan ulasannya pada karakter Gilang dan juga bagaimana aktor pendatang baru bisa memerankan Gilang dengan baik.



Question 3
Kalimat di bawah ini yang mengarah pada ulasan film tentang suasana film adalah ....

Jawaban =
Ada ketegangan saat tokoh anak mulai merasa marah pada orang tuanya.
Pembahasan =
Kalimat yang mewakili pembahasan mengenai suasana dalam sebuah film adalah Ada ketegangan saat tokoh anak mulai merasa marah pada orang tuanya.Di dalam kalimat tersebut digambarkan tentang situasi atau keadaan yang tegang antara tokoh anak dengan tokoh orang tua.



Question 4
Diharapkan pada waktu yang akan datang, akan lebih banyak lagi film-film yang menceritakan kekayaan budaya Indonesia.
Bagian ulasan di atas termasuk ke dalam ....

Jawaban =
harapan penulis ulasan terhadap jenis film yang sama
Pembahasan =
Kalimat dalam soal tersebut terbaca jelas bahwa penulis ulasan film tersebut mengutarakan harapannya akan berbagai jenis film yang kembali mengangkat budaya Indonesia di masa yang akan datang.



Question 5
Penulis lebih fokus pada bagaimana perkembangan karakter dalam film bisa memberikan pengaruh yang besar terhadap jalan cerita. Film tersebut menurut penulis banyak memberikan ruang pada setiap karakter untuk berkembang secara alami.
Judul yang tepat untuk ulasan film yang terdapat pada interpretasi ulasan film di atas adalah ....

Jawaban =
Karakter-karakter dalam Film X
Pembahasan =
Ulasan dalam soal di atas membahas mengenai perkembangan karakter dalam film yang lebih menonjol dibanding unsur lainnya. Artinya, karakter menjadi masalah utama yang dibahas dalam ulasan tersebut,



Question 6
Kalimat di bawah ini merupakan bentuk ulasan film, kecuali ....

Jawaban =
Para penonton mulai mengantri di berbagai bioskop di seluruh Indonesia.
Pembahasan =
Para penonton mulai mengantri di berbagai bioskop di seluruh Indonesia. Kalimat itu tidak termasuk bentuk ulasan film. Kalimat tersebut tidak mengarah pada bentuk ulasan film karena tidak berhubungan langsung dengan film yang dibahas. Jenis kalimatnya lebih mengarah pada berita atau pemberitahuan.



Question 7
Lelaki berjubah hitam tersebut menyerahkan map berisi surat-surat penting. Tatapan matanya dingin dan seolah tidak tahu bagaimana cara berekspresi. Adrian hanya menerima map itu dengan perasaan waswas.
Tokoh lelaki berjubah hitam penggalan sinopsis film di atas memiliki karakter yang ....

Jawaban =
misterius
Pembahasan =
Tokoh lelaki berjubah hitam bila dilihat dari isi penggalan sinopsis film di atas memiliki tatapan mata yang dingin dan tidak tahu bagaimana cara berekspresi. Karakter yang paling cocok dengan tokoh lelaki berjubah hitam tersebut adalah misterius karena belum diketahui dengan jelas seperti apa karakter sebenarnya yang dimiliki olehnya.



Question 8
Interpretasi di bawah ini yang membahas mengenai ulasan film yang baik adalah ....
Jawaban =
Penulis berusaha menjejalkan pemikirannya tanpa berusaha menelaah sisi lain film.
Pembahasan =
  • Menurut saya, apa yang disampaikan oleh penulis tidak benar.
  • Penulis tidak memiliki keahlian dalam menulis yang baik. Kedua kalimat di atas merupakan jenis pendapat yang sebenarnya tidak mengarah pada interpretasi. Selain itu, bahasa yang digunakan pun termasuk bahasa yang kurang baik dan kurang tepat untuk digunakan dalam sebuah interpretasi.
  • Penulis berusaha menjejalkan pemikirannya tanpa berusaha menelaah sisi lain film. Pada kalimat ini cara interpretasi dengan sedikit unsur kritik tetap disampaikan dengan baik


Question 9
Ulasan film di bawah ini yang tidak membahas mengenai keunggulan film adalah ....
Jawaban =
Ada satu tokoh yang pada akhirnya menjadi tonggak utama film tersebut.
Pembahasan =
Ada satu tokoh yang pada akhirnya menjadi tonggak utama film tersebut. Kalimat tersebut sama sekali tidak mengandung keunggulan film.



Question 10
Kalimat di bawah ini yang berisi ulasan film dengan tema keluarga adalah ....
Jawaban =
Unsur kekeluargaan yang mengendor menjadi cerita utama dari film ini.
Pembahasan =
Satu opsi yang membahas mengenai ulasan film dengan tema keluarga adalah pernyataan unsur kekeluargaan yang mengendor menjadi cerita utama dari film ini. Ada unsur keluarga dalam kalimatnya walau unsur tersebut digambarkan sekilas.
Share This :
hanszt

Semoga selalu suport blog ini dengan berkomentar dengan bijak dan membangun