-->

Soal dan Jawaban Teks Eksplanasi Kompleks - Artikel dan Preposisi dalam Teks Eksplanasi







Question 1
Kata yang tidak termasuk artikel yang menyatakan gelar adalah ....
Jawaban =
Pembahasan =
Artikel atau kata sandang yang termasuk kata sandang gelar adalah sang, hang, dang, dan sri. Kata sandang *si *merupakan kata sandang yang menominalkan.



Question 2
Perhatikan preposisi di bawah ini!
  1. di
  2. menurut
  3. pada
  4. terhadap
  5. sekitar
  6. ke
Kata yang termasuk preposisi tunggal bentuk dasar adalah nomor ....

Jawaban =
1, 3, &6
Pembahasan =
Kata yang termasuk preposisi tunggal bentuk dasar adalah di, pada, & dari. Tiga kata yang lain, yaitu menurut, terhadap, & *sekitar *merupakan preposisi turunan (berimbuhan).



Question 3
Perhatikan daftar artikel di bawah ini!
  1. para
  2. sang
  3. kaum
  4. si
  5. umat
Kata sandang yang termasuk artikel bermakna kelompok adalah ....

Jawaban =
1, 3, & 5
Pembahasan =
Kata sandang yang termasuk ke dalam artikel bermakna kelompok adalah para, kaum, dan umat. Kata sandang sang merupakan artikel bersifat gelar, sedangkan si merupakan artikel menominalkan.



Question 4
Fungsi preposisi dalam kalimat atau klausa adalah merangkaikan nomina dengan ....

Jawaban =
verba
Pembahasan =
Preposisi atau yang lebih dikenal dengan kata depan adalah kata yang merangkaikan kata kerja (verba) dengan kata benda (nomina). Contohnya adalah sebagai berikut.
  • Saya pergi ke rumah Doni.
  • Asma mencuci di halaman.

Question 5
Kesuksesan seseorang tidak datang begitu saja. Ada beberapa faktor yang mendukung kesuksesan seseorang. Faktor tersebut bisa berasal dari faktor genetik, usaha keras, dan dekat dengan Tuhan.
Kalimat dalam penggalan teks eksplanasi kompleks di atas yang memuat artikel yang menominalkan adalah kalimat ....
Jawaban =
1
Pembahasan =
Artikel yang menominalkan terdapat pada kalimat kedua, yaitu
Ada beberapa faktor *yang *mendukung kesuksesan seseorang.


Question 6
Perhatikan penggalan teks eksplanasi kompleks berikut ini!
Pada penderita ADHD, daerah yang mengendalikan ingatan (memori) dan emosi berukuran lebih kecil daripada orang normal. Hal ini menyebabkan penderita ADHD sering kehilangan atau melupakan sesuatu, kurang sadar, dan mudah emosi.
Kata yang termasuk preposisi pada teks di atas adalah ....
Jawaban =
pada & daripada
Pembahasan =
Kata yang termasuk preposisi atau kata depan pada teks tersebut adalah *pada *(preposisi tunggal) dan *daripada *(preposisi majemuk).



Question 7
Semakin meningkatnya jumlah luas lahan pertanian ... diubah menjadi permukiman dapat mengakibatkan semakin menurunnya jumlah air resapan. Hal ini mengakibatkan aliran permukaan meningkat. Peningkatan ini menyebabkan air ... seharusnya tertampung ... dalam tanah menjadi terbawa aliran permukaan sehingga terjadi kekurangan pasokan air permukaan dan air tanah.
Artikel dan preposisi yang tepat untuk mengisi bagian rumpang teks eksplanasi di atas adalah ....
Jawaban =
yang-yang-di
Pembahasan =
Teks tersebut akan sempurna jika bagian rumpangnya diisi dengan yang, yang, dan di.
Semakin meningkatnya jumlah luas lahan pertanianyang *diubah menjadi permukiman dapat mengakibatkan semakin menurunnya jumlah air resapan. Hal ini mengakibatkan aliran permukaan meningkat. Peningkatan ini menyebabkan air *yangseharusnya tertampung di dalam tanah menjadi terbawa aliran permukaan sehingga terjadi kekurangan pasokan air permukaan dan air tanah.


Question 8
Penggunaan air yang berlebihan ... waktu musim tanam ... lahan pertanian pada industri dan pada rumah tangga menyebabkan menurunnya jumlah air ... waktu musim kemarau.
Preposisi yang tepat untuk mengisi bagian rumpang penggalan teks eksplanasi kompleks di atas adalah ....
Jawaban =
pada-di-pada
Pembahasan =
Preposisi yang tepat untuk mengisi bagian rumpang penggalan teks eksplanasi kompleks di atas adalah *pada *(menyatakan waktu), *di *(menyatakan tempat), dan *pada *(menyatakan waktu).
Penggunaan air yang berlebihan *pada *waktu musim tanam *di *lahan pertanian pada industri dan pada rumah tangga menyebabkan menurunnya jumlah air *pada *waktu musim kemarau.


Question 9
Perubahan tata guna lahan merupakan penyebab utama banjir dibandingkan dengan yang lainnya. Apabila suatu hutan yang berada dalam suatu aliran sungai diubah menjadi permukiman, debit puncak sungai akan meningkat antara 6 sampai 20 kali. Angka 6 dan angka 20 ini bergantung pada jenis hutan dan jenis permukiman. Demikian pula untuk perubahan yang lainnya akan terjadi peningkatan debit puncak yang signifikan.
Pernyataan yang tepat sesuai dengan isi teks eksplanasi di atas adalah ....
Jawaban =
Jumlah artikel dalam teks tersebut adalah 4 dan jumlah preposisi adalah 4.
Pembahasan =
Jumlah artikel dalam teks tersebut adalah 4, yaitu yang *di kalimat kesatu, *yang *dikalimat kedua, dan dua *yang *di kalimat terakhir, sedangkan jumlah preposisi adalah 5, yaitu *dengan **di kalimat kesatu, *dalam *di kalimat kedua, *pada *di kalimat ketiga, dan *untuk *di kalimat keempat.



Question 10
Ada banyak dampak positif ... sampah sebagaimana yang sudah dibahas ... atas. Oleh karena itu, marilah kita jaga lingkungan ... membuang sampah ... tempat yang telah disediakan. Pisahkan antara sampah organik dan anorganik agar lebih memudahkan ... mendaur ulangnya.
Preposisi yang tepat untuk mengisi bagian rumpang penggalan teks eksplanasi kompleks di atas adalah ....

Jawaban =
dari-di-dengan-di-dalam
Pembahasan =
Ada banyak dampak positif *dari *sampah sebagaimana yang sudah dibahas *di *atas. Oleh karena itu, marilah kita jaga lingkungan *dengan *membuang sampah *di *tempat yang telah disediakan. Pisahkan antara sampah organik dan anorganik agar lebih memudahkan *dalam *mendaur ulangnya.
Jawaban yang tepat adalah dari-di-dengan-di-dalam

0 Response to "Soal dan Jawaban Teks Eksplanasi Kompleks - Artikel dan Preposisi dalam Teks Eksplanasi"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel