Materi Teks Ulasan Film/Drama - Struktur isi teks film/drama









Tujuan


Siswa dapat mengidentifikasi struktur isi teks ulasan film

Pada topik ini, kalian akan mempelajari struktur isi teks ulasan film.
Pengertian Film
Film adalah lakon atau cerita hidup yang ditayangkan dengan bantuan teknologi, seperti kamera dan animasi. Tokoh di dalam film dapat diperankan oleh orang, benda, atau figur palsu seperti gambar. Film disebut juga dengan sinema.
Jenis-jenis Film
Berdasarkan genrenya, film dibagi menjadi beberapa jenis. Diantaranya adalah film horor, drama, komedi, animasi, dan lain-lain. Sementara berdasarkan medianya, film dapat dibagi menjadi film layar lebar atau bioskop dan film televisi atau sinetron.
Pengertian Teks Ulasan Film
Teks ulasan adalah teks yang berisi analisis terhadap berbagai hal. Teks ulasan film merupakan salah satu jenis teks yang berisi pembahasan atau komentar terhadap film. Teks ulasan film bertujuan untuk memberikan informasi mengenai film tertentu disertai penilaian, analisis, dan kritik terhadap berbagai aspeknya, baik dari segi isi maupun produksinya.
Struktur Teks Ulasan Film
Teks ulasan film memiliki struktur teks sebagai berikut.
1. Orientasi (orientation)
Orientasi berisi gambaran umum film yang akan diulas. Pada bagian ini, dapat ditulis identitas film, seperti judul, sutradara, tahun produksi, para pemain, dan hal-hal yang terkait dengan produksi film lainnya. Pada tahap ini, perlu juga ditulis sinopsis film yang akan diulas. Selain itu, dapat juga ditulis perbandingan antara film tersebut dengan film atau karya lain.
2. Tafsiran (interpretative recount)
Tafsiran berisi pandangan pribadi terhadap film yang akan diulas. Pada bagian ini, ditulis ringkasan plot film. Selain itu, pada bagian ini juga dapat ditulis pendapat mengenai film tersebut secara umum, seperti kesan, harapan, cerita, dan hal-hal lain yang berkaitan dengan diproduksinya film tersebut.
[importnat]3. Evaluasi (evaluation)
Evaluasi berisi penilaian dan tinjauan terhadap film yang diulas. Penilaian yang diberikan menyangkut semua aspek, diantaranya: tema, latar (waktu, tempat, dan suasana), tokoh dan penokohan, serta teknik pengambilan gambar.
4. Rangkuman (summary)
Rangkuman berisi simpulan akhir dari teks ulasan yang ditulis. Di dalam rangkuman, dapat ditulis rekomendasi atau saran terhadap film yang diulas.


Perhatikan!


Contoh Teks Ulasan Film
Laskar Pelangi adalah salah satu film terbaik karya anak Indonesia. Film tersebut diproduksi pada tahun 2008. Film yang diangkat dari novel berjudul sama karya Andrea Hirata ini sukses menjadi film terpopuler pada awal kemunculannya. Hal tersebut tidak terlepas dari tangan seorang Riri Riza yang bertindak sebagai sutradara dan Mira Lesmana sebagai produser.
Hal yang menarik dari film Laskar Pelangi ini adalah dipilihnya anak-anak asli Belitung sebagai pemeran masing-masing tokoh utamanya. Tokoh-tokoh yang diperankan antara lain Ikal (Zulfani), Lintang (Ferdian), Mahar (Verrys Yamarno), dan teman-temannya yang lain. Kehadiran anak-anak asli Belitung ini memberikan kesan mendalam, terutama didukung oleh kemampuan mereka dalam bermain peran yang sangat natural.
Film ini bercerita mengenai persahabatan kesepuluh anak di sebuah sekolah kecil SD Muhammadiyah di Pulau Belitung. Meski awalnya sekolah tersebut terancam ditutup akibat minimnya peminta, namun kesepuluh anak tersebut mampu bertahan di sekolah tersebut di bawah asuhan Bu Muslimah (Cut Mini) dan Pak Harfan (Ikranagara). Film tersebut juga menyuguhkan cerita emosional, yaitu mengenai Lintang, seorang anak miskin yang harus bertahan hidup demi adik-adiknya.
Banyaknya penonton yang terpikat dengan film ini disebabkan isi cerita yang memberikan nuansa lain pada film Indonesia. Ceritanya menarik dengan didukung oleh kemampuan para aktor dan aktrisnya yang sangat baik. Selain itu, latar tempat di film ini dikemas dengan sangat apik, yaitu dengan mempertontonkan keindahan Pulau Belitung dengan latar waktu beberapa tahun silam.
Dengan demikian, film Laskar Pelangi layak disebut sebagai salah satu film Indonesia terbaik sepanjang masa. Meskipun diproduksi pada tahun 2008, film tersebut masih layak untuk ditonton kapan saja secara berulang-ulang. Diharapkan di waktu mendatang, semakin banyak film karya anak Indonesia yang memiliki kualitas yang sama, bahkan melebihi film Laskar Pelangi. 

Poin Penting


  1. Teks ulasan film adalah salah satu jenis teks yang berisi komentar, tinjauan, dan analisis terhadap film tertentu yang mencakup berbagai aspek, baik isi cerita maupun produksi film tersebut.
  2. Struktur teks ulasan film adalah orientasi ^ tafsiran ^ evaluasi ^ rangkuman.


You might also like

0 Comments


EmoticonEmoticon