MASIGNCLEAN103

Materi Teks Ulasan Film/Drama - Ciri bahasa teks film/drama








Tujuan


Siswa dapat mengidentifikasi ciri bahasa teks ulasan film


Pengertian Film
Film adalah cerita atau lakon hidup yang ditayangkan dengan menggunakan teknologi, seperti kamera dan animasi. Film melibatkan tokoh-tokoh yang diperankan oleh orang, benda, atau figur palsu seperti gambar. Pembuatan film diarahkan oleh seorang sutradara yang mengatur semua proses produksi film tersebut.
Pengertian Teks Ulasan Film
Teks ulasan adalah teks yang berisi tinjauan atau analisis terhadap berbagai karya, termasuk film. Teks ulasan film merupakan salah satu jenis teks yang berisi komentar atau pembahasan terhadap film tertentu. Sebagaimana teks ulasan lainnya, teks ulasan film juga dibuat untuk memberikan informasi mengenai film tertentu disertai penilaian dan analisis terhadap berbagai aspeknya, baik dari segi isi maupun produksinya.
Ciri Bahasa Teks Ulasan Film
Teks ulasan memiliki karakteristik tertentu dalam bahasa yang digunakannya, termasuk teks ulasan film. Ciri bahasa teks ulasan film adalah sebagai berikut.
1. Menggunakan kata sifat, seperti: baik, buruk, kurang, menarik, dan lain-lain.
2. Menggunakan kalimat perbandingan, seperti: film ini tidak lebih baik daripada film lain yang serupa.
3. Menggunakan majas, seperti: Dian Sastro sangat cemerlang dalam film Ada Apa dengan Cinta.
4. Menggunakan kata penghubung (konjungsi), seperti: jika, karena, sehingga, meskipun, dengan demikian, dan lain-lain.
5. Menggunakan kalimat kompleks, yaitu kalimat yang terdiri atas dua struktur atau lebih yang mengandung dua verba (kalimat majemuk). Misalnya: film ini layak mendapatkan penghargaan karena menampilkan kualitas yang sangat baik.

Perhatikan contoh teks ulasan film!


Teks Ulasan Film Di Timur Matahari
Film Di Timur Matahari adalah salah satu film Indonesia yang menampilkan kehidupan masyarakat Papua. Film ini menceritakan tentang seorang anak bernama Mazmur yang tetap menunggu datangnya guru di sekolahnya bersama kawan-kawannya, Agnes, Thomas, Yokim, dan Suryani. Mereka sering terlihat sedih saat mendapat kabar bahwa guru pengganti tidak kunjung datang. Namun, sesaat setelah itu mereka kembali riang dan bernyanyi bersama.
Selain masalah pendidikan, film ini juga menceritakan kondisi suku adat Papua yang sering terlibat konflik. Hal tersebut ditandai dengan terbunuhnya Blasius, ayah Mazmur. Adik Blasius meminta penyelesaian masalah tersebut dengan perang. Namun, Michael, adik Blasius lain yang telah lama tinggal di Jakarta berusaha mengubah keadaan yang bersitegang tersebut. Istrinya pun, Vina, berusaha memahami kondisi masyarakat Papua dan tersentuh melihat perjuangan anak-anak untuk mendapat pendidikan.
Film ini merupakan film keluarga yang cocok jadi tontonan di waktu senggang atau libur. Banyak nilai-nilai pendidikan dan sosial yang terdapat di dalam nilai tersebut. Gambaran masyarakat Papua yang ditampilkan secara natural dan apa adanya memberikan wawasan kepada semua orang bahwa Papua merupakan bagian dari Indonesia yang memiliki kebudayaan khasnya sendiri. Namun demikian, beberapa adegan terlihat menampilkan kekerasan secara kasat mata, seperti dipanahnya Blasius oleh Joseph. Hal tersebut perlu mendapat catatan khusus mengingat film ini merupakan film keluarga yang juga banyak ditonton oleh anak-anak.



Poin Penting


  1. Teks ulasan film adalah jenis teks yang berisi tentang pembahasan, tinjauan, dan analisis terhadap film tertentu, baik dari segi isi cerita maupun produksi.
  2. Teks ulasan film memiliki karakteristik bahasa seperti berikut: (a) menggunakan kata sifat, (b) menggunakan kalimat perbandingan, (c) menggunakan majas, (d) menggunakan kata penghubung atau konjungsi, dan (e) menggunakan kalimat kompleks.
Share This :
hanszt

Semoga selalu suport blog ini dengan berkomentar dengan bijak dan membangun