MASIGNCLEAN103

Soal dan Jawaban Teks Eksplanasi Kompleks - Perbandingan struktur isi dan ciri bahasa 2 teks eksplanasi kompleks




Question 1
Ada banyak dampak positif dari sampah sebagaimana yang sudah dibahas di atas. Oleh karena itu, marilah kita jaga lingkungan dengan membuang sampah pada tempat yang telah disediakan. Pisahkan antara sampah organik dan anorganik agar lebih memudahkan dalam mendaur ulangnya.
Teks tersebut merupakan struktur isi teks eksplanasi bagian….
Jawaban = 
Pembahasan =
Dalam teks di atas penulis menjelaskan penafsirannya tentang dampak positif dari sampah. Ini menunjukkan teks tersebut merupakan interpretasi penulis.


Question 2
Dalam membandingkan dua teks eksplanasi, seseorang harus mengetahui dengan benar dua hal yang berkaitan dengan teks eksplanasi ini, antara lain.…
Jawaban = 
Pembahasan =
Dalam membandingkan dua teks eksplanasi, seseorang harus mengetahui secara benar dua hal yang khas dalam teks eksplanasi yaitu struktur isi dan ciri bahasa dari teks ekplanasi. Dua hal ini menjadi ciri atau karakteristik yang membedakan teks eksplanasi dengan teks yang lain.


Question 3
Fenomena kenakalan remaja bisa terjadi karena berbagai faktor. Salah satunya adalah karena faktor lingkungan, misalnya salah bergaul atau salah memilih teman. Ada banyak kasus kenakalan remaja yang disebabkan oleh kesalahan mereka dalam memilih teman. Hanya karena ingin diakui keberadaannya (eksistensi) atau ingin disebut ‘gaul’, para remaja ini akhirnya ‘ikut-ikutan’ walaupun apa yang dilakukan jelas salah. Oleh sebab itu, mereka perlu berbagai wawasan dan bimbingan dalam bergaul dan memilih teman bergaul.

Interpretasi dari kutipan teks di atas adalah…
Jawaban = 
Pembahasan =
Teks tersebut membahas tentang penyebab kenakalan remaja yang salah satu penyebabnya adalah faktor lingkungan seperti salah memilih teman. Remaja memang usia yang serba ingin tahu dan selalu merasa penasaran akan hal-hal baru. Dalam tahap ini juga anak sudah mulai ingin diakui eksistensinya. Dalam hal ini, peran orang tua sangat penting dalam memberikan wawasan serta bimbingan agar anak tidak salah memilih teman sehingga bisa menjerumuskannya kepada kenakalan remaja.


Question 4
Bandingkan dua judul teks ekplanasi.
1. Gerhana Matahari
2. Mengapa Bisa Terjadi Gerhana Matahari?
Dari kedua judul di atas, judul manakah yang lebih tepat?
Jawaban = 
Pembahasan =
Dalam membuat judul, usahakan judul yang dibuat menarik, jelas, singkat, serta bisa mewakili apa yang akan di bahas dalam teks. Pilihan seperti judul nomor 2 jelas memiliki semua kriteria tersebut.


Question 5
Perbedaan antara teks prosedur kompleks dan teks ekplanasi kompleks terletak pada….
Jawaban = 
Pembahasan =
Karakteristik antara teks eksplanasi dan teks prosedur berbeda meskipun keduanya menjelaskan sebuah proses. Dalam teks prosedur, dijelaskan proses untuk membuat sesuatu sedangkan dalam teks eksplanasi dijelaskan proses terjadinya sesuatu.


Question 6
Membandingkan dua teks eksplanasi bertujuan untuk….
Jawaban = 
Pembahasan =
Dalam membandingkan dua teks, akan dibahas tentang struktur isi dan ciri bahasa dari dua teks eksplanasi. Dari perbandingan ini, akan diketahui perbedaan dan kesamaan dari teks tersebut.


Question 7
Struktur isi dari teks eksplanasi antara lain, kecuali….
Jawaban = 
Pembahasan =
Struktur isi teks eksplanasi terdiri atas pernyataan umum, deret penjelas, dan penutup atau interpretasi. Sementara pernyataan khusus tidak termasuk ke dalam struktur isi teks eksplanasi.


Question 8
Ciri kebahasaan dalam teks eksplanasi antara lain….
Jawaban = 
Pembahasan =
Ciri kebahasaan dalam teks eksplanasi antara lain penggunaan konjungsi klausal, istilah ilmiah, fokus pada hal umum dan nyata, serta bahasa yang digunakan jelas, ringkas, dan mudah dipahami.


Question 9
Interpretasi biasanya diletakkan pada paragraf…
Jawaban = 
Pembahasan =
Interpetasi merupakan penafsiran tentang proses terjadinya sesuatu. Penempatannya sendiri berada di paragraf terakhir sebagai penutup teks.


Question 10
Deret penjelas biasanya diletakkan pada paragraf….
Jawaban = 
Pembahasan =
Deret penjelas biasanya berada di paragraf kedua, ketiga, dan seterusnya. Deret penjelas ini merupakan pembahasan tetang topik dalam teks eksplanasi tersebut.
Share This :
hanszt

Semoga selalu suport blog ini dengan berkomentar dengan bijak dan membangun