MASIGNCLEAN103

Soal dan Jawaban Teks Eksplanasi Kompleks - Langkah-langkah penulisan teks eksplanasi kompleks sesuai struktur isi dan ciri bahasa




Question 1
Perhatikan langkah membuat teks eksplanasi berikut.
1. Menentukan topik
2. Menyusun tulisan
3. Membuat kerangka karangan
4. Menyunting tulisan
Langkah-langkah yang tepat untuk membuat teks eksplanasi adalah….
Jawaban = 
Pembahasan =
Langkah-langkah membuat teks eksplanasi dimulai dengan penentuan topik, penyusunan kerangka karangan, proses penulisan, kemudian penyuntingan.


Question 2
Ciri kebahasaan dalam teks eksplanasi antara lain, kecuali…
Jawaban = 
Pembahasan =
Ciri kebahasaan dalam teks eksplanasi antara lain digunakannya konjungsi klausal, digunakannya istilah ilmiah, menggunakan bahasa yang ringkas, jelas, dan mudah dipahami, serta lebih fokus pada hal yang umum.


Question 3
Judul yang tepat untuk menulis teks eksplanasi tentang gempa adalah….
Jawaban = 
Pembahasan =
Untuk membuat judul suatu teks eksplanasi, usahakan menggunakan judul yang singkat dan mewakili isi teks eksplanasi tersebut. Buatlah juga judul yang menarik sehingga pembaca merasa penasaran dan tertarik untuk membacanya. Dari beberapa pilihan jawaban di atas, judul “Beginilah Terjadinya Gempa Bumi” lebih tepat dibandingkan dengan pilihan jawaban yang lain.


Question 4
Kalimat pernyataan umum yang tepat untuk teks eksplanasi tentang kekeringan yaitu….
Jawaban = 
Pembahasan =
Pernyataan umum merupakan penjelasan tentang hal yang paling umum tentang topik yang dibahas dalam sebuah teks eksplanasi. Kalimat pernyataan umum yang tepat untuk teks eksplanasi tentang kekeringan adalah “Kekeringan merupakan salah satu fenomena alam ketika musim kering terjadi dalam waktu yang cukup lama".


Question 5
Anda tentu pernah melihat pelangi (1). Pelangi terjadi akibat terjadinya pembiasan cahaya yang terjadi ketika sinar matahari dibelokkan oleh rintik-rintik hujan (2). Pembiasan cahaya ini menghasilkan warna-warna indah (3). Spektrum warna-warna indah ini antara lain merah, jingga, kuning, hijau, biru, nila, dan ungu (4). Warna-warna inilah yang selalu ada dalam setiap gambar pelangi (5).
Dalam paragraf di atas, kalimat yang tidak koheren (padu) adalah kalimat ….
Jawaban = 
Pembahasan =
Kalimat kelima tidak menjelaskan hal-hal yang berkaitan dengan proses terjadinya pelangi. Kalimat ini hanya mengulas tentang hal biasa terkait gambar pelangi.


Question 6
Gerhana bulan merupakan salah satu fenomena alam yang kini cukup sering terjadi. Gerhana bulan ini bisa terjadi sebagian atau keseluruhan. Gerhana ini terjadi karena penampakan bulan tertutup bayangan bumi.
Kutipan teks di atas merupakan bagian struktur isi teks eksplanasi….
Jawaban = 
Pembahasan =
Kutipan teks di atas menjelaskan hal yang sangat umum. Jadi, teks ini merupakan pernyataan umum dalam sebuah teks eksplanasi.

Question 7
Konjungsi klausal yang sering digunakan dalam teks eksplanasi antara lain… kecuali …
Jawaban = 
Pembahasan =
Konjungsi klausal yang sering digunakan dalam teks eksplanasi antara lain setelah itu, sebelumnya, kemudian, jika, lalu, dan sebagainya. Sementara maka dari itu tidak termasuk konjungsi klausal.


Question 8
Kesadaran warga terhadap kebersihan lingkungan belum juga meningkat. Mereka masih menumpuk sampah di sembarang tempat. Penumpukan sampah dapat menyebabkan terjadinya banjir. Selokan-selokan akan tertutup oleh tumpukan sampah sehingga akan menyumbat jalannya air ketika hujan turun. Kemudian terjadilah banjir. Oleh karena itu, sampah seharusnya dibakar saja.
Kalimat yang tidak padu adalah kalimat….
Jawaban = 
Pembahasan =
Kutipan teks di atas menjelaskan tentang sampah yang menjadi penyebab banjir. Tapi, pada kalimat kelima penulis menuturkan solusi yang tidak berkaitan dengan banjir. Meskipun di bakar, sisa pembakaran sampah tetap akan menumpuk dan menyebabkan banjir jika tidak dilakukan di tempat yang seharusnya.


Question 9
Gehana bulan merupakan fenomena alam yang luar biasa. Fenomena ini membuktikan adanya Tuhan Yang Maha Esa yang mengatur jagat raya.
Kutipan teks di atas merupakan bagian….
Jawaban = 
Pembahasan =
Dalam kutipan teks tersebut dijelaskan penafsiran penulis tentang fenomena gerhana bulan. Dengan demikian, kutipan ini merupakan bagian interpretasi dalam struktur isi tes eksplanasi.


Question 10
Penyusunan kerangka karangan diperlukan dalam membuat teks eksplanasi karena….
Jawaban = 
Pembahasan =
Salah satu langkah dalam menulis teks eksplanasi adalah menyusun kerangka karangan. Hal ini bertujuan untuk memudahkan seseorang dalam menulis teks eksplanasi secara runut.
Share This :
hanszt

Semoga selalu suport blog ini dengan berkomentar dengan bijak dan membangun