Soal dan Jawaban Teks Eksplanasi Kompleks - Langkah-langkah konversi teks eksplanasi kompleks menjadi teks dialog





Question 1
Ayah : Semua sudah pergi. Cepatlah kalian menyusul warga lain. Dan kau anakku, ikutlah bersama bakal suamimu.
Bungsu : Ayah juga…
Ayah : Tidak! Ayah tidak akan pergi. Ayah akan tetap di sini. Ayah mau menemani jenazah ibumu.
Bungsu : Tidak! Ayah harus ikut kami. (Terdengar suara erosi tanah yang bergemuruh dari tebing belakang dusun)
Ayah : Cepat pergilah! Cepat.
Latar tempat yang melatarbelakangi adegan drama di atas adalah….
Jawaban = 
Pembahasan =
Latar tempat harus menggambarkan kejadian di dalam naskah drama. Teks asal drama di atas diinspirasi dari bencana longsor yang mengisolasi sebuah dusun.


Question 2
Tanah retak-retak. Hawa menampar-nampar sampai ke ari-ari. Pak Tikno sudah berjalan hampir dua kilometer. Semua sumur sudah kering kerontang tapi dia harus tetap berjuang mencari sumber air untuk kebutuhan keluarganya.
Latar waktu yang tergambar dari ilustrasi di atas adalah….
Jawaban = 
Pembahasan =
Kalimat tanah retak-retak berarti bencana kekeringan. Sementara kalimat hawa menampar-nampar sampai ke ari-ari akan terjadi di siang hari yang terik.


Question 3
Oleh karena berada di dekat daratan, air laut sedikit demi sedikit mengisi akuifer tanah yang tidak terisi air tanah. Peristiwa tersebut dinamakan intrusi air laut. Oleh karena terasa asin, air di pesisir pantai tidak baik untuk dikonsumsi oleh penduduk.
Jika teks di atas dikonversi menjadi teks drama, latar suasana akan tergambar pada wawacang….
Jawaban = 
Pembahasan =
Di dalam teks digambarkan akibat buruk dari intrusi air laut terhadap kandungan air sumur di pesisir pantai. Bencana itu akan sangat dirasakan apalagi jika banjir Rob dari laut. akibatnya warga akan menderita karena air yang dikonsumsi menjadi kelebihan garam. Sehingga dari ilustrasi di atas dapat diperoleh suasana menderita karena sulit mencari air bersih.


Question 4
Pak RT : Wah, Pak Malih dan Pak Ujang sedang asyik membicarakan apa?
Pak Malih : Begini, Pak RT. Kami sedang membicarakan dampak pemanasan global. Cuaca kan akhir-akhir ini panasnya bukan main.
Pak RT : Oh begitu. Ya ini semua kan akibat dari penebangan hutan yang merajalela oleh para pengusaha kayu.
Pak Ujang : Tadi kami juga berpikir begitu. Tapi kita juga menyumbang banyak sebab pada bencana semesta ini.
Pak Malih : …
Pak RT : Betul juga. Alangkah baiknya kita sudah mulai memikirkan untuk melakukan langkah-langkah kecil yang dapat menyelamatkan alam kita.
Kalimat yang tepat untuk melengkapi dialog tersebut adalah….
Jawaban = 
Pembahasan =
Dialog harus turut menunjang gerak laku tokohnya. Dialog digunakan untuk mencerminkan sesuatu yang telah terjadi sebelum cerita itu dimainkan. Di dalam teks di atas tersurat pernyataan Pak Ujang yang menekankan bahwa kita adalah penyumbang global warming juga. Dan pernyataan itu dikuatkan dengan contoh yang disebutkan oleh Pak Malih.


Question 5
Seseorang yang menceritakan kepada penonton mengenai isi cerita dan pemunculannya hanya untuk menyampaikan prolog dan menyampaikan epilog saja disebut….
Jawaban = 
Pembahasan =
Pencerita berfungsi menceritakan. Hal ini berkaitan dengan narasi sehingga disebut narator. Dalang biasanya dikenal dengan narator. Meskipun kadang berakting di atas panggung, tapi seorang narator berada di luar alur cerita.


Question 6
Imran : (matanya berair) Sudah kubilang kau jangan menebangi pohon-pohon di hutan ini.
Musa : (perasaan tidak menentu) Tapi aku butuh biaya untuk bertahan hidup, Kak?
Imran : Bertahan hidup katamu? Jadi, kau mesti mengorbankan warga dusun kita untuk jadi tumbal keserakahanmu. Ini longsor, Mus, bukan hadiah malam tahun baru.
Jenis konflik pada kutipan drama di atas adalah….
Jawaban = 
Pembahasan =
Konflik merupakan permasalahan yang dalam drama. Ada konflik fisik/lahir ada juga konflik psikis/batin. Konflik fisik ditandai dengan adanya adu kekuatan atau fisik, biasanya kelihatan oleh mata atau terdengar oleh telinga. Konflik batin terjadi hanya ada dalam diri seseorang. Orang tersebut terjadi pertenangan bantin antara ya dan tidak, antara baik dan buruk.


Question 7
Mereka yang mendapatkan dana tersebut memanfaatkan uangnya untuk membangun rumahnya yang telah hancur. Semua warga mengikhlaskan kedukaan karena peristiwa besar tersebut. Karena kejadian tersebut pula, banyak warga yang bertaubat dan memperbaiki perilaku mereka terhadap hutan.
Ilustrasi di atas cocok untuk diletakkan di bagian … dalam struktur drama
Jawaban = 
Pembahasan =
Seperti kita tahu, epilog merupakan bagian terakhir atau penutup dari sebuah drama. Pada bagian ini,terkadang disampaikan intisari atau maksud cerita drama itu sendiri.


Question 8
Prolog yang baik untuk menggambarkan hasil konversi dari teks eksplanasi kompleks tentang kebakaran hutan adalah….
Jawaban = 
Pembahasan =
Di antara kelima jawaban, hanya jawaban “Suatu jalan di tengah belantara. Siang hari menuju sore. Tampak seorang pendaki gunung yang tersesat karena kehilangan kompasnya. Di tas pinggangnya hanya tersisa sebuah korek gas dan dua bungkus gula merah,” yang memberikan petunjuk mengenai penyebab kebakaran, yaitu muncul kata korek gas.


Question 9
Pernyataan berikut adalah pernyataan yang sesuai dengan konversi teks eksplanasi kompleks menjadi teks drama, kecuali….
Jawaban = 
Pembahasan =
Latar belakang penyusunan teks drama dalam soal di atas berdasarkan hasil konversi dari teks eksplanasi, maka tema drama disesuaikan dengan karakter teks eksplanasi yaitu peristiwa bencana besar. Bukan berasal dari cerita lucu/anekdot.


Question 10
Seseorang meninggalkan temannya dengan begitu saja pada saat terjadi banjir besar, padahal temannya itu pernah menolong membesarkan kehidupannya dahulu.
Ungkapan yang sesuai untuk menggambarkan watak tokoh tersebut adalah….
Jawaban = 
Pembahasan =
Ungkapan habis manis sepah dibuang adalah dibuang setelah tidak dipakai lagi. Seseorang yang tidak mengingat jasa-jasa kawannya yang pernah menolongnya cocok menggunakan ungkapan tersebut.

You might also like

0 Comments


EmoticonEmoticon