-->

Soal dan Jawaban Teks Eksplanasi Kompleks - Analisis isi teks eksplanasi kompleks





Question 1
Cermati penggalan teks eksplanasi kompleks berikut ini!
Definisi asimilasi menurut Richard Thomson adalah suatu proses di mana individu dari kebudayaan asing atau minoritas memasuki suatu keadaan yang di dalamnya terdapat kebudayaan dominan. Dalam proses asimilasi terjadi perubahan perilaku individu untuk menyesuaikan diri dengan kebudayaan dominan.
Struktur teks eksplanasi kompleks penggalan di atas adalah….
Jawaban = 
Pembahasan =
Struktur teks eksplanasi kompleks pada penggalan tersebut adalah pernyataan umum. Pada stuktur teks pernyataan umum berisi definisi fenomena yang dijelaskan. Penggalan tersebut berisi definisi, hal itu dapat dilihat pada kalimat asimilasi adalah suatu proses di mana individu dari kebudayaan asing atau minoritas memasuki suatu keadaan yang di dalamnya terdapat kebudayaan dominan.



Question 2

Cermati penggalan teks eksplanasi kompleks berikut ini!
Menurut Koentjaraningrat asimilasi adalah proses sosial yang timbul jika ada golongan-golongan manusia dengan latar kebudayaan yang berbeda-beda yang bergaul secara intensif dalam waktu yang cukup lama sehingga kebudayaan-kebudayaan tersebut berubah sifat dan wujudnya yang khas menjadi unsur-unsur budaya campuran.
Judul yang tepat untuk penggalan teks eksplanasi kompleks tersebut adalah….
Jawaban = 
Pembahasan =
Judul yang tepat untuk teks eksplanasi tersebut adalah Asimilasi Kebudayaan karena teks eksplanasi kompleks tersebut memberi definisi asimilasi budaya.



Question 3
Cermati kutipan teks eksplanasi kompleks berikut ini
Masyarakat Indonesia adalah merupakan masyarakat yang plural dan multietnik karena beragamnya kebudayaan dan adat istiadat suku bangsa. Akan tetapi, kehidupan manusia selalu berubah dan mempengaruhi kebudayaan masyarakat karena adanya suatu kontak antarkebudayaan yang saling mempengaruhi satu sama lain. Kontak antarbudaya tersebut berpengaruh terhadap beragamnya kebudayaan masyarakat.
Kalimat tidak efektif terdapat pada….
Jawaban = 
Pembahasan =
Masyarakat Indonesia adalah merupakan masyarakat yang plural dan multienik. Kalimat ini adalah kalimat tidak efekttif karena menggunakan kata berlebihan yaituadalah dan *merupakan *digunakan secara bersama-sama.



Question 4
Cermati kutipan teks eksplanasi komples berikut ini!
Proses asimilasi terjadi apabila ada masyarakat pendatang yang menyesuaikan diri dengan kebudayaan setempat sehingga terjadi peleburan kebudayaan dan unsur budaya lama sudah tidak tampak lagi. Ada dua faktor penyebab terjadinya asimilasi, pertama banyaknya unsur kebudayaan daerah dan suku bangsa di Indonesia, kedua adanya unsur budaya asing yang dibawa oleh masyarakat pendatang seperti keturunan Tionghoa dan Arab yang turun temurun tinggal di Indonesia. Interaksi antara masyarakat pendatang dan penduduk setempat menyebabkan pembauran budaya asing budaya lokal.
Ciri yang menunjukkan bahwa struktur teks eksplanasi kompleks tersebut penjelasan adalah….
Jawaban = 
Pembahasan =
Ciri yang menunjukkan bahwa teks eksplanasi tersebut penjelasan adalah menggambarkan proses. Hal itu dapat dilihat dari tahapan- tahapan yang digambarkan pada penggalan teks tersebut dengan menggunakan kata pertama, kedua.



Question 5

**Cermati penggalan teks eksplanasi kompleks berikut ini!**
Masyarakat Indonesia adalah masyarakat yang plural dan multietnik karena beragamnya kebudayaan dan adat istiadat suku bangsa. Namun, kehidupan manusia selalu mengalami perubahan yang mempengaruhi kebudayaan masyarakat karena adanya suatu kontak antarkebudayaan yang akan saling memengaruhi satu sama lain. Kontak antarbudaya berpengaruh terhadap beragamnya kebudayaan masyarakat.
Kalimat bercetak miring pada penggalan teks eksplanasi tersebut menunjukkan ciri bahasa….
Jawaban = 
Pembahasan =
Kalimat bercetak miring pada penggalan teks eksplanasi tersebut adalah menggunakan hubungan sebab akibat, hal itu dapat ditunjukkan dengan konjungsi karena.



Question 6
Cermati penggalan teks eksplanasi berikut ini!
Proses asimilasi terjadi apabila ada masyarakat pendatang yang menyesuaikan diri dengan kebudayaan setempat sehingga terjadi peleburan kebudayaan dan unsur budaya lama sudah tidak tampak lagi. Ada dua faktor penyebab terjadinya asimilasi. Pertama, banyaknya unsur kebudayaan daerah dan suku bangsa di Indonesia. Kedua, adanya unsur budaya asing yang dibawa oleh masyarakat pendatang seperti keturunan Tionghoa dan Arab yang turun temurun tinggal di Indonesia. Interaksi antara masyarakat pendatang dan penduduk setempat menyebabkan pembauran budaya asing budaya lokal.
Aspek yang menunjukkan bahwa struktur teks tersebut penjelasan adalah….
Jawaban = 
Pembahasan =
Struktur teks eksplanasi kompleks tersebut adalah penjelasan ditunjukkan dengan kalimat* Proses asimilasi terjadi apabila ada masyarakat pendatang yang menyesuaikan diri dengan kebudayaan setempat sehingga kebudayaan masyarakat pendatang tersebut melebur dan tidak tampak unsur kebudayaan yang lama*. Kalimat tersebut menunjukkan terjadinya asimilasi kebudayaan



Question 7
Cermati penggalan teks eksplanasi kompleks berikut ini!
Menurut Koentjaraningrat, asimilasi adalah proses sosial yang timbul jika ada golongan-golongan manusia dengan latar kebudayaan yang berbeda-beda bergaul secara intensif dalam waktu yang cukup lama sehingga kebudayaan-kebudayaan tersebut berubah sifat dan wujudnya yang khas menjadi unsur-unsur budaya campuran.
Ciri bahasa yang ditunjukkan pada penggalan teks eksplanasi kompleks tersebut adalah….
Jawaban = 
Pembahasan =
Ciri bahasa yang ditunjukkan pada penggalan teks eksplanasi kompleks tersebut adalah memuat istilah. Penggalan teks eksplanasi tersebut membahas tentang fenomena asimilasi kebudayaan.



Question 8
Cermati penggalan teks eksplanasi kompleks berikut ini!
Contoh asimilasi budaya dapat dilihat pada masyarakat Batak dan Tionghoa di Sumatra Utara. Menurut Bruner, para pedagang Tionghoa di Tapanuli menyadari bahwa mereka adalah pendatang sehingga mereka mempelajari bahasa Batak dan menyesuaikan diri dengan adat istiadat setempat. Hal itu mereka lakukan karena dianggap dapat menguntungkan bagi usaha perdagangan mereka. Sebaliknya, masyarakat Batak Toba yang ada di Medan menyesuaikan diri dengan kebudayaan setempat yang didominasi etnik Tionghoa. Mereka belajar bahasa Cina karena menganggap pengetahuan itu akan berguna untuk usaha mereka.
Ciri teks eksplanasi kompleks yaitu menggunakan konjungsi sebab akibat pada paragraf tersebut ditunjukkan pada kalimat….
Jawaban = 
Pembahasan =
Kalimat yang menunjukkan salah satu ciri bahasa teks eksplanasi kompleks adalah menggunakan konjungsi sebab-akibat. Hal itu dapat ditunjukkan pada kalimat Menurut Bruner, para pedagang Tionghoa yang tinggal di daerah Tapanuli sadar bahwa mereka merupakan pendatang sehingga mereka berusaha belajar bahasa Batak.



Question 9
Cermati penggalan teks eksplanasi kompleks berikut ini!
Masyarakat Indonesia adalah masyarakat yang plural dan multietnik karena beragamnya kebudayaan dan adat istiadat suku bangsa. Namun, kehidupan manusia selalu mengalami perubahan yang mempengaruhi kebudayaan masyarakat karena adanya suatu kontak antarkebudayaan yang akan saling memengaruhi satu sama lain. Kontak antarbudaya berpengaruh terhadap beragamnya kebudayaan masyarakat.
Struktur teks eksplanasi komplek tersebut adalah….
Jawaban = 
Pembahasan =
Struktur eksplanasi penggalan tersebut adalah penutup, Pada bagian penutup berisi simpulan atau opini penulis tentang fenomena yang dijelaskan.



Question 10
Cermati penggalan teks eksplanasi kompleks berikut ini!
Masyarakat Indonesia adalah masyarakat yang plural dan multietnik karena beragamnya kebudayaan dan adat istiadat suku bangsa. Namun, kehidupan manusia selalu mengalami perubahan dan mempengaruhi kebudayaan masyarakat karena adanya suatu kontak antarkebudayaan yang akan saling memengaruhi satu sama lain. Kontak antarbudaya berpengaruh terhadap beragamnya kebudayaan masyarakat.
Penggalan penutup teks eksplanasi komplek tersebut berisi….
Jawaban = 
Pembahasan =
Penggalan penutup teks eksplanasi tersebut berisi opini. Hal itu ditunjukkan dengan pernyataan-pernyataan yang berupa opini penulis tentang fenomena yang dijelaskan yaitu asimilasi kebudayaan.

0 Response to "Soal dan Jawaban Teks Eksplanasi Kompleks - Analisis isi teks eksplanasi kompleks"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel