MASIGNCLEAN103

Materi Teks Eksplanasi Kompleks - Langkah-langkah penulisan teks eksplanasi kompleks sesuai dengan struktur isi dan ciri bahasa





Tujuan


Siswa dapat memproduksi teks eksplanasi kompleks yang koheren sesuai dengan karakteristik teks yang akan dibuat baik secara lisan maupun tulisan


Dalam topik sebelumnya, kalian sudah belajar tentang perbandingan struktur isi dan ciri bahasa dari 2 teks eksplanasi. Dalam membandingkan dua teks eksplanasi, seseorang harus benar-benar memahami struktur isi serta ciri bahasa dari sebuah teks eksplanasi. Tujuannya adalah agar kedua teks tersebut dapat dibandingkan secara benar.
Dalam pembelajaran kali ini, kalian akan belajar tentang bagaimana cara memproduksi teks eksplanasi kompleks. Sama halnya dengan membandingkan, dalam memproduksi teks eksplanasi pun kalian harus benar-benar memahami struktur isi dan ciri bahasa dari teks eksplanasi. Tujuannya adalah agar kalian bisa menulis teks eksplanasi dengan baik dan benar serta sesuai dengan struktur dan ciri bahasanya.
Sekadar untuk mengingatkan, struktur isi dari teks eksplanasi antara lain adanya pernyataan umum tentang sebuah topik, adanya deret penjelas yang menjelaskan topik, serta adanya penutup atas penjelasan yang sudah dipaparkan.
Sementara ciri bahasa yang digunakan dalam teks eksplanasi antara lain: fokus pada hal-hal yang umum, menggunakan istilah-istilah ilmiah, menggunakan konjungsi klausal, serta menggunakan bahasa yang ringkas, menarik, mudah dipahami, dan jelas.


Perhatikan contoh teks berikut.


Proses Terjadinya Cegukan

Pernahkah Anda mengalami cegukan? Cegukan merupakan peristiwa yang pernah dialami semua orang. Cegukan ini bisa terjadi pada siapa saja mulai dari anak kecil hingga dewasa. Namun, tahukah Anda bagaimana cegukan ini terjadi?(Pernyataan umum)
Cegukan atau dalam bahasa medis disebut singultus adalah proses kontraksi diafragma karena mengalami kejang. Kekejangan ini menyebabkan pita suara menjadi menutup dengan cepat, kemudian terdengarlah suara cegukan. Cegukan ini bisa terjadi karena makan terlalu cepat, makan makanan yang terlalu panas atau terlalu pedas, minum air dingin sesaat setelah makan makanan panas, tertawa, batuk terlalu keras, dan kelebihan minum alkohol. Selain itu, cegukan juga bisa terjadi karena adanya tekanan pada saraf frenik yang disebabkan oleh struktur anatomi yang lain. (Deret Penjelas)
Itulah proses dan penyebab terjadinya cegukan. Dengan mengetahui beberapa penyebab cegukan, semoga kita bisa terhindar dari cegukan ini.(Penutup)


Dengan adanya keterangan-keterangan di atas, tentu kalian sudah paham tentang struktur isi dan ciri bahasa dari teks eksplanasi kompleks.
Menulis teks eksplanasi sama halnya dengan menulis teks yang lain. Paragraf yang dibuat harus padu antara kalimat satu dengan kalimat lain dan antara paragraf satu dengan paragraf lain. Penulisan teks eksplanasi bisa diawali dengan pernyataan umum tentang topik yang akan dibahas. Pada paragraf selanjutnya, barulah dibahas tentang proses terjadinya suatu peristiwa lengkap dengan peristiwa yang terjadi akibat peristiwa tersebut maupun peristiwa yang menyebabkan peristiwa dalam topik tersebut terjadi.
Sebagai contoh, kalian akan membahas tentang banjir. Dalam paragraf pertama, kalian bisa membahas tentang pengertian banjir, siapa saja yang sering terkena banjir, dan sebagainya. Pada paragraf kedua, kalian bisa menjelaskan tentang apa penyebab terjadinya banjir. Jelaskan hal-hal yang menyebabkan banjir ini secara terperinci. Pada paragraf ketiga, kalian bisa menjelaskan tentang akibat jika banjir terjadi. Baru di paragraf akhir, buatlah interpretasi tentang bagaimana agar banjir tersebut tidak terjadi.


Langkah-langkah yang harus kalian kerjakan dalam penulisan teks eksplanasi ini antara lain:


• Menentukan tema atau topik
• Membuat kerangka karangan dengan paragraf pertama tentang hal umum terkait topik; paragraph kedua, ketiga, dan seterusnya membahas tentang penjelasan proses terjadinya sesuatu; dan pada paragraf terakhir membahas tentang interpretasi kalian tentang topik tersebut
• Menyusun tulisan sesuai dengan kerangka karangan
• Menyunting teks eksplanasi yang sudah selesai ditulis
Dalam membuat teks eksplanasi, pilihlah topik yang benar-benar nyata. Misalnya tentang fenomena alam, fenomena sosial, dan sebagainya.

Poin penting


• Langkah menulis teks eksplanasi:
1. Menentukan topik
2. Membuat kerangka karangan
3. Menyusun tulisan sesuai kerangka
4. Menyunting tulisan
• Dalam menulis teks eksplanasi, harus diperhatikan struktur isi dan ciri kebahasaan dari teks eksplanasi. Hal ini akan memudahkan seseorang dalam menulis teks eksplanasi.
Share This :
hanszt

Semoga selalu suport blog ini dengan berkomentar dengan bijak dan membangun