-->

Soal dan Jawaban Teks Eksplanasi Kompleks - Makna kata, istilah dan ungkapan teks eksplanasi kompleks



Soal 1
Memahami makna kata atau istilah diperlukan ketika membaca teks eksplanasi karena….
Jawaban = 
Pembahasan =
Istilah-istilah ilmiah sering kali digunakan dalam teks eksplanasi. Ini juga menjadi salah satu karakterstik dari teks eksplanasi. Dalam membaca teks eksplanasi, pemahaman akan makna kata atau istilah sangat diperlukan agar pembaca bisa lebih mudah memahami teks, menafsirkan serta memberikan kesan terhadap teks tersebut.


Soal 2
Arti dari istilah ilmiah adalah….
Jawaban = 
Pembahasan =
Istilah ilmiah merupakan istilah-istilah yang digunakan berdasarkan kaidah keilmuan. Misalnya dalam ilmu biologi terdapat istilah respirasi, fotosintesis, pembiasan, hujan asam, dan sebagainya.


Soal 3
Jika musim penghujan sudah datang, salah satu masalah yang muncul adalah banjir. Banjir ini disebabkan oleh banyak hal. Mulai dari penumpukan sampah yang menyumbat saluran air, dangkalnya sungai, serta semakin berkurangnya pepohonan akibat illegal logging.
Arti kata illegal logging dalam teks di atas adalah ….
Jawaban = 
Pembahasan =
Illegal logging bisa diartikan sebagai penebangan pohon yang dilakukan secara illegal. Penebangan pohon secara ilegal ini dapat menyebabkan banjir karena penebangan dilakukan secara besar-besaran, berbeda dengan penebangan pohon secara resmi yang dibatasi oleh pemerintah.


Soal 4
Media sosial saat ini menjadi salah satu alat untuk ajang aktualisasi diri. Banyak orang yang memposting hal-hal yang dilakukan oleh dirinya agar orang lain tahu apa yang ia kerjakan. Misalnya saja ketika Syahrini memamerkan foto-foto saat ia berjalan-jalan ke Eropa di Instagram-nya. Tak jarang media sosial juga menjadi media untuk mengekspresikan pikiran dan perasaan. Namun, untuk hal yang satu ini seseorang sebaiknya tetap berhati-hati dengan apa yang ia ungkapkan melalui media sosial. Salah-salah ia bisa terjerat hukum gara-gara postingannya sendiri.
Istilah khas yang ada dalam teks eksplanasi tersebut meliputi, kecuali….
Jawaban = 
Pembahasan =
Istilah-istilah yang dimaksud adalah istilah yang berkaitan dengan topik teks yaitu media sosial. Istilah-istilah ini antara lain media sosial, aktualisasi diri, memposting, postingan, dan instagram.


Soal 5
Perbedaan antara teks eksposisi dengan teks eksplanasi yaitu….
Jawaban = 
Pembahasan =
Teks eksposisi merupakan teks yang memaparkan informasi atau pengetahuan, misalnya pembuatan makanan, kerajinan tangan, dan sebagainya. Sementara teks eksplanasi menjelaskan tentang proses terjadinya sesuatu seperti kejadian atau fenomena alam.


Soal 6
Menggunakan facebook memang tidak salah. Hanya saja, setiap orang tetap harus bijak dalam menggunakannya. Jika tidak hal seperti yang dialami oleh pemuda yang terjerat hukum karena postingan-nya di facebook bisa terjadi.
Arti kata “postingan” yang ada dalam teks di atas adalah….
Jawaban = 
Pembahasan =
Istilah posting memiliki arti kegiatan membuat tulisan atau karya lain agar bisa tampil dalam media internet. Postingan dalam hal ini bisa diartikan sebagai sesuatu yang diposting atau dimasukkan ke dalam media internet baik itu tulisan atau karya lain.


Soal 7
Global warming adalah suatu proses semakin meningkatnya suhu rata-rata atmosfer, daratan bumi, dan laut. Suhu global yang terus meningkat ini menyebabkan terjadinya perubahan-perubahan lain seperti terjadinya fenomena cuaca yang ekstrem, serta adanya perubahan pola serta jumlah prespitasi.
Teks di atas merupakan salah satu dari tiga struktur teks eksplanasi, yaitu.…
Jawaban = 
Pembahasan =
Dalam teks di atas dijelaskan pengertian dari global warming serta akibat dari global warming ini. Penjelasan ini bersifat umum sehingga dapat dikatakan jika teks di atas adalah pernyataan umum dalam teks eksplanasi.


Soal 8
Salah satu judul teks eksplanasi yang tepat adalah….
Jawaban = 
Pembahasan =
Dalam membuat sebuah judul teks, termasuk teks eksplanasi, harus memperhatian beberapa hal, yaitu mewakili isi teks, singkat, jelas, dan menarik. Dilihat dari beberapa pilihan jawaban di atas, yang paling sesuai untuk teks eksplanasi adalah karena mewakili isi teks eksplanasi yaitu menjelaskan proses. Selain itu, judul ini juga cukup menarik perhatian pembaca.


Soal 9
Sampah ternyata juga bisa didaur ulang. Sampah kering seperti botol minuman, plastik kemasan atau yang lainnya bisa dibuat sebagai bahan kerajinan tangan. Sementara sampah basah dapat digunakan untuk pembuatan kompos.
Teks di atas termasuk struktur teks eksplanasi bagian….
Jawaban = 
Pembahasan =
Dalam teks di atas penulis membahas tentang sampah yang dapat didaur ulang. Ini merupakan bagian penjelasan dalam kutipan teks tersebut. Dengan demikian, kutipan teks ini bisa dikatakan sebagai deret penjelas dalam teks eksplanasi.


Soal 10
Ciri kebahasaan yang sangat kental dalam teks eksplanasi adalah adanya….
Jawaban = 
Pembahasan =
Dalam teks eksplanasi, hal yang khas terkait ciri kebahasaan adalah digunakannya istilah ilmiah yang mendukung penjelasan proses terjadinya sesuatu. Dalam teks lain mungkin istilah ilmiah ini juga digunakan, tapi tidak sebanyak pada teks eksplanasi.

0 Response to "Soal dan Jawaban Teks Eksplanasi Kompleks - Makna kata, istilah dan ungkapan teks eksplanasi kompleks"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel