Soal dan Jawaban Teks Eksplanasi Kompleks - Interpretasi isi teks eksplanasi kompleks



Soal 1
Perhatikan kata berikut ini!
1. memahami
2. mengetahui
3. menafsirkan
4. menjelaskan
Menginterpretasi memiliki makna….
Jawaban = 
Pembahasan =
Menginterpretasi memiliki makna menafsirkan dan memahmi sebuah teks.


Soal 2
Perhatikan kalimat berikut ini!
1. Temukan kata kunci
2. Analisislah ciri kebahasaan
3. Bedahlah struktur teks
4. Bacalah dengan teliti
Langkah untuk menafsirkan sebuah teks adalah….
Jawaban = 
Pembahasan =
Untuk memahami sebuah teks, hal yang harus dilakukan adalah membaca, membedah strktur, menganalisis ciri kebahasaan, dan menemukan kata kunci sumber informasi.


Soal 3
Dalam menafsirkan sebuah teks membutuhkan bantuan pertanyaan 5W+1H. Alasannya adalah….
Jawaban = 
Pembahasan =
Pertanyaan 5W+1H merupakan pertanyaan bantuan untuk menemukan infomasi penting. Informasi penting bisa kita dapatkan dari jawaban 5W+1H.


Soal 4
Gunung es terbuat dari kumpulan es air tawar yang terbawa ke laut karena adanya pecahan gletser, atau ketika potongan es terpisah dari lapisan es yang mengapung. Sebagian kecil es mengapung di antara air laut yang asin, sedangkan bagian yang tebal tidak terlihat di bawahnya. Gunung es berasal dari daratan. Oleh karena itu, gunung es mengandung batuan besar maupun kecil yang terbawa gletser atau lapisan es dari batuan padat. Batuan itu menyebabkan gunung es menjadi berat sehingga melesap lebih dalam di laut.
Topik teks di atas adalah….
Jawaban = 
Pembahasan =
Topik adalah hal yang dibicarakan. Topik teks di atas dalah terbentuknya gunung es. Topik ini terlihat dalam kalimat utama. Kalimat utama biasanya terletak di awal atau akhir paragraf.


Soal 5
Semakin meningkatnya jumlah luas lahan pertanian yang diubah menjadi permukiman dapat mengakibatkan semakin menurunnya jumlah air resapan. Hal ini mengakibatkan aliran permukaan meningkat. Peningkatan ini menyebabkan air yang seharusnya tertampung di dalam tanah menjadi terbawa aliran permukaan sehingga terjadi kekurangan pasokan air permukaan dan air tanah.
Penyebab utama terjadinya penurunan jumlah air adalah ….
Jawaban = 
Pembahasan =
Penyebab utama terjadinya penurunan jumlah air adalah berkurangnya luas lahan pertanian. Hal ini mengakibatkan menurunnya jumlah air resapan yang mengakibatkan aliran permukaan meningkat dan tejadilah kekurangan pasokan air.


Soal 6
Penggunaan air yang berlebihan pada waktu musim tanam di lahan pertanian pada industri dan pada rumah tangga menyebabkan menurunnya jumlah air pada waktu musim kemarau.
Inti informasi teks di atas adalah….
Jawaban = 
Pembahasan =
Inti kalimat di atas adalah penggunaan air yang berlebihan (inti Subjek=S) menyebabkan (predikat=P) menurunnya jumlah air (objek=O).


Soal 7
Kekeringan di Indonesia sangat berkaitan dengan fenomena ENSO (El-Nino Southern Oscilation). El-Nino adalah kondisi abnormal iklim yang mengakibatkan kemarau panjang. Pengaruh El-Nino lebih kuat pada musim kemarau dibandingkan pada musim hujan. Pengaruh El-Nino pada keragaman hujan memiliki beberapa pola, yakni akhir musim kemarau mundur dari normal; awal masuk musim hujan mundur dari normal; curah hujan musim kemarau turun tajam jika dibandingkan dengan normal; deret hari kering makin panjang, khususnya di daerah Indonesia bagian timur.
Pernyataan yang tidak sesuai dengan teks di atas adalah….
Jawaban = 
Pembahasan =
Pernyataan yang sesuai dengan teks diatas adalah sebagai berikut.
• Kekeringan sangat berkaitan dengan ENSo
• El-Nino adalah kondisi abnormal iklim yang mengakibatkankemarau panjang
• Pengaruh El-Nino pada keragaman hujan memiliki beberapa pola
• Deret hari kering makin panjang, khususnya di daerah Indonesia bagian timur.
Pernyataan Awal masuk musim kemarau mundur dari normal tidak tepat karena yang tepat adalah perkiraan musim hujan mundur dari normal.


Soal 8
Kekeringan merupakan fenomena hidrologi yang paling kompleks, perwujudan, dan penambahan isu-isu berkaitan dengan iklim, tata guna lahan, dan norma pemakaian air. Kompleksitas bertambah karena diketahui kekeringan merupakan bencana dengan prosesnya berjalan lambat. Kekeringan datang tidak tiba-tiba seperti banjir atau gempa bumi, tetapi timbul perlahan-lahan sehingga sangat mudah diabaikan. Tidak bisa diketahui secara pasti awal dan kapan bencana ini berakhir.
Informasi yang terdapat dalam teks di atas, kecuali….
Jawaban = 
Pembahasan =
Informasi yang terdapat dalam teks di atas adalah sebagai berikut.
• Kekeringan disebabkan oleh iklim, tata guna lahan, dan norma pemakaian air.
• Proses kekeringan berjalan lambat .
• Kekeringan mudah diabaikan.
• Tidak dapat diketahui secara pasti awal dan akhir bencana ini.
Informasi yang salah adalah kekeringan dapat diprediksi.


Soal 9
Banjir adalah fenomena alam yang bersumber dari curah hujan dengan intensitas tinggi dan durasi lama pada daerah aliran sungai (DAS). Banjir terjadi karena alam dan tindakan manusia. Penyebab alami banjir adalah erosi dan sedimentasi, curah hujan, pengaruh fisiografi/geofisik sungai, kapasitas sungai, drainase lahan, dan pengaruh air pasang. Penyebab banjir karena tindakan manusia adalah perubahan tata guna lahan, pembuangan sampah, kawasan padat penduduk di sepanjang sungai, dan kerusakan bangunan pengendali banjir.
Perhatikan pernyataan berikut ini!
1. Banjir disebabkan oleh alam dan manusia.
2. Curah hujan merupakan faktor dari alam.
3. Perubahan tata guna lahan merupakan faktor manusia.
4. Erosi dan kerusakan bangunan merupakan faktor dari manusia.
Pernyataan di atas yang benar adalah ….
Jawaban = 
Pembahasan =
Pernyataan di atas yang benar adalah sebagai berikut.
• Banjir disebabkan oleh alam dan manusia.
• Curah hujan merupakan faktor dari alam.
• Perubahan tata guna lahan merupakan faktor manusia.
Pernyataan Erosi dan kerusakan bangunan merupakan faktor dari manusia tidak tepat karena erosi merupakan faktor alam dan kerusakan bangunan merupakan faktor manusia.


Soal 10
Perubahan tata guna lahan merupakan penyebab utama banjir dibandingkan dengan yang lainnya. Apabila suatu hutan yang berada dalam suatu aliran sungai diubah menjadi permukiman, debit puncak sungai akan meningkat antara 6 sampai 20 kali. Angka 6 dan angka 20 ini bergantung pada jenis hutan dan jenis permukiman. Demikian pula untuk perubahan yang lainnya akan terjadi peningkatan debit puncak yang signifikan. Deforestasi, degradasi lingkungan, dan pembangunan kota yang penuh dengan bangunan beton dan jalan-jalan aspal tanpa memperhitungkan drainase, daerah resapan, dan tanpa memperhatikan data intensitas hujan dapat menyebabkan bencana alam banjir.
Perhatikan pernyataan berikut ini!
1. Perubahan tata guna lahan merupakan penyebab utama banjir.
2. suatu hutan yang berada dalam suatu aliran sungai debit airnya berubah.
3. suatu hutan yang berada dalam suatu aliran sungai diubah menjadi permukiman debit puncak sungai akan meningkat antara 6 sampai 20 kali.
4. pembangunan kota dapat menyebabkan bencana alam banjir.
Pernyataan berikut ini yang benar adalah….
Jawaban = 
Pembahasan =
pernyataan yang benar adalah sebagai berikut.
• Perubahan tata guna lahan merupakan penyebab utama banjir
• suatu hutan yang berada dalam suatu aliran sungai debit airnya berubah
• suatu hutan yang berada dalam suatu aliran sungai diubah menjadi permukiman debit puncak sungai akan meningkat antara 6 sampai 20 kali
Pernyataan pembangunan kota dapat menyebabkan bencana alam banjir tidak tepat karena *pembangunan kota yang penuh dengan bangunan beton dan jalan-jalan aspal tanpa memperhitungkan drainase, daerah resapan, dan tanpa memperhatikan data intensitas hujan lah *yang dapat menyebabkan bencana alam banjir.

You might also like

0 Comments


EmoticonEmoticon