Soal dan Jawaban Teks Eksplanasi Kompleks - Ciri bahasa teks eksplanasi kompleks




Soal 1
Berikut ini adalah kalimat yang menggunakan konjungsi eksternal adalah ….
Jawaban = 
Pembahasan = 
Konjungsi yang terdapat dalam kalimat-kalimat di atas adalah dan, kedua, sebagai akibat, akan tetapi, selain itu. Konjungsi yang termasuk konjungsi eksternal adalah dan.


Soal 2
Berikut ini adalah kalimat yang menggunakan konjungsi penambahan adalah ….
Jawaban = 
Pembahasan = 
Konjungsi penambahan, baik eksternal maupun internal , contohnya dan, atau, selain itu, di samping itu, lebih lanjut.
Kalimat yang menggunakan konjungsi di atas adalah kalimat Terbentuknya batuan sedimen disebabkan oleh pelapukan atau pengendapan.
Sementara itu, setelah itu, dan ketika merupakan konjungsi waktu dan akibatnya merupakan konjungsi sebab-akibat.


Soal 3
Berikut ini adalah kalimat yang menggunakan konjungsi perbandingan adalah ….
Jawaban = 
Pembahasan = 
Konjungsi perbandingan meliputi tetapi, sementara, akan tetapi, sebaliknya, sementara itu, di sisi lain.
Kalimat yang menggunakan konjungsi tersebut adalah Sementara sambil menunggu petugas medis, korban itu ditolong dengan peralatan yang cukup sederhana.


Soal 4
Berikut ini adalah kalimat yang menggunakan hubungan sebab akibat, kecuali ….
Jawaban = 
Pembahasan = 
Konjungsi sebab-akibat contoh: sehingga, karena, sebab, jika, walaupun, meskipun
akibatnya, sebagai akibat, jadi*.


Soal 5
Berikut ini kalimat yang menggunakan kata serapan yang pengucapannya disesuaikan dengan kaidah bahasa Indonesia, kecuali….
Jawaban = 
Pembahasan = 
Kata serapan adalah kata yang diambil dari bahasa asing. Kata serapan yang diperoleh dari penyesuaian pengucapan bahasa Indonesia adalah edukasi (education=bahasa Inggris), eksperimen (eksperiment=bahasa Inggris), eksplosif (eksplosif=bahasa Inggris), azab (adzab=bahasa Arab). Sementara kata ekor merupakan asli kata bahasa Indonesia.


Soal 6
Berikut ini adalah kalimat yang menggunakan konjungsi urutan waktu, kecuali ….
Jawaban = 
Pembahasan = 
Cermatilah konjungsi yang digunakan setap kalimat. Konjungsi yang menunjukkan waktu dalam kalimat tersebut adalah ketika, setelah, lalu, kedua *. Konjungsi yang terdapat dalam kalimat di atas yang tidak menunjukkan waktu adalah *jadi. Konjungsi jadi menandakan hubungan sebab-akibat .


Soal 7
Setiap makhluk hidup pasti membutuhkan udara untuk bernapas, terlebih manusia. Kebersihan manusia terkadang tidak dihiraukan. Udara yang tidak bersih dapat menimbulkan berbagai macam penyakit, terutama penyakit pernapasan. Pencemaran udara dapat disebabkan oleh faktor alamiah dan nonalamiah.
Faktor alamiah, misalnya debu, gunung berapi, asap kebakaran hutan, pancaran garam dari laut, dan debu meteoroid. Faktor nonalamiah berupa gas-gas beracun dari asap pabrik dan kendaraan bermotor.
Udara yang telah tercemar itu mengandung beberapa partikel yang berbahaya.
Kata serapan yang terpat dalam paragraf di atas adalah….
Jawaban = 
Pembahasan = 
Kata serapan adalah kata yang diambil dar bahasa lain, misalnya bahasa Inggris, bahasa Arab, bahasa Jawa, dsb. Cermati kata-kata yang menurutmu dekat dengan bahasa lain (secara pengucapan). Kata makhluk merupakan kata serapan dari bahasa Arab, kata faktor, meteoroid, dan partikel merupakan kata serapan dari bahasa Inggris yang disesuaikan pengucapannya dengan bahasa Indonesia (adaptasi).


Soal 8
Perhatikan teks berikut ini!
Hidung merupakan alat indra pembau. Dalam hidung terdapat reseptor yang berfungsi menerima rangsangan berupa bau atau zat kimia.
(1) Gas masuk melalui lubang hidung. (2) Kemudian gas akan larut pada selaput mukosa. (3) Selaput mukosa inilah yang akan merangsang silia sel reseptor. (4) Rangsangan akan dilanjutkan ke otak untuk diolah. (5) Setelah pengolahan, jenis bau akan diketahui.
Kalimat yang menggunakan konjungsi eksternal adalah kalimat nomor.…
Jawaban = 
Pembahasan = 
Konjungsi eksternal merupakan konjungsi yang menghubungkan dua peristiwa, deskripsi benda, atau kualitas di dalam klausa kompleks atau antara dua klausa simpleks. Konjungsi eksternal mempunyai empat kategori makna, yaitu penambahan (contoh: dan, atau), perbandingan (contoh: tetapi, sementara), waktu (contoh: setelah,sebelum, sejak, ketika), dan sebab-akibat (contoh: sehingga, karena, sebab, jika, walaupun, meskipun).


Soal 9
Perhatikan paragraf berikut ini!
(1)Parenkim air berfungsi untuk menyimpan air. (2)Parenkim ini memiliki dinding yang tipis dan agak berlendir. (3)Lendir ini yang menyebabkan daya simpan air oleh sel meningkat. (4)Air diikat dan disimpan oleh lendir sebagai cadangan makanan. (5)Parenkim ini terdapat pada tumbuhan epifit dan xerofit.
Kalimat yang memiliki hubungan sebab-akibat yang ditunjukkan dengan kata kerja adalah kalimat ke….
Jawaban = 
3
Pembahasan = 
Kata kerja yang menunjukkan hubungan sebab-akibat adalah menyebabkan. Kata kerja yang menunjukkan hubungan sebab akibat, antara lain disebabkan, menyebabkan, dan dapat di…. Kalimat yang menggunakan kata kerja tersebut adalah kalimat ke-3.


Soal 10
Perhatikan paragraf berikut ini!
Sistem pencernaan manusia meliputi saluran pencernaan dan kelenjar pencernaan. Saluran pencernaan tediri atas mulut, tekak, kerongkongan, lambung, usus halus, usus besar, rektum, dan anus. Kelenjar pencernaan terdapat pada kelenjar ludah, lambung, pancreas, dan hati.
Makanan yang dicerna di dalam mulut masuk ke lambung melalui tekak dan kerongkongan. Setelah masuk ke lambung makanan dicerna. Lambung ini melakukan pencernaan protein, lemak, dan karbohidrat. Setelah di cerna di dalam lambung, makanan masuk ke dalam usus halus. Penyerapan sari-sari makanan terjadi di dalam usus halus. Kemudian, menuju ke usus besar. Dalam usus besar, makanan di ubah menjadi feses. Akhirnya sampai ke anus.
Konjungsiyang terdapat pada paragraf di atas adalah ….
Jawaban = 
Pembahasan = 
Konjungsi yang terdapat dalam teks di atas didominasi oleh urutan waktu, yakni setelah, kemudian, akhirnya dan konjungsi yang menunjukkan penambahan, yaitu dan.

You might also like

0 Comments


EmoticonEmoticon