Materi Teks Eksplanasi Kompleks - Makna kata, istilah dan ungkapan teks eksplanasi kompleks





Tujuan


Siswa dapat menginterpretasi makna teks, eksplanasi kompleks, baik secara lisan maupun tulisan




Pada pelajaran sebelumnya, sudah dibahas tentang teks eksplanasi. Teks eksplanasi adalah teks yang memaparkan tentang proses terjadinya sesuatu atau terbentuknya suatu fenomena sosial atau fenomena alam. Dalam sebuah teks eksplanasi, suatu peristiwa akan timbul disebabkan adanya peristiwa lain yang terjadi sebelumnya dan peristiwa tersebut mengakibatkan peristiwa yang lain terjadi setelahnya. Struktur dari teks eksplanasi ini yaitu pernyataan umum dan urutan alasan yang logis.
Contoh dari teks eksplanasi ini misalnya proses terjadinya gempa bumi, proses terjadinya gerhana bulan, proses terjadinya hujan, proses terjadinya banjir, proses terjadinya gempa, proses rusaknya paru-paru akibat rokok, dan sebagainya.
Teks eksplanasi bisa juga disebut sebagai teks ilmiah karena ada kebenaran atau data yang bisa dibuktikan. Oleh karena itu, dalam teks eksplanasi ini sering digunakan kata-kata, istilah-istilah atau ungkapan-ungkapan ilmiah. Pembaca harus mengetahui makna dari kata, istilah atau ungkapan dalam teks eksplanasi tersebut agar bisa memahami teks tersebut secara benar.


Perhatikan teks eksplanasi berikut


Hujan Es
Dalam ilmu meteorologi, hujan es disebut juga hail, yaitu* prespitasi* yang terdiri atas bola-bola es. Hujan es merupakan fenomena yang cukup sering terjadi di musim penghujan.
Salah satu pembentukan hujan es ini adalah dengan terjadinya kondensasi uap air di atmosfer tepatnya pada lapisan di atas freezing level. Dalam proses ini, es yang terbentuk biasanya berukuran besar. Meskipun sudah turun ke tempat yang lebih rendah dan suhu yang relatif hangat, tapi karena ukurannya besar tidak semua bagian es mencair.
Proses yang lain yang bisa menyebabkan terjadinya hujan es adalah riming. Dalam proses tersebut, uap air akan tertarik ke permukaan benih-benih es karena pengembunan yang mendadak, terjadilah es yang berukuran besar.
Ketika hujan es terjadi, suhu udara menjadi lebih dingin. Tak jarang hujan es ini juga mengakibatkan kaca jendela menjadi pecah. Bisa juga menyebabkan luka jika es tersebut terkena kepala karena kerasnya es tersebut. Jika hujan es terjadi, sebaiknya berlindung di tempat yang tertutup seperti rumah, kantor, pertokoan, dan sebagainya.






Mari kita ulas!


Dalam teks eksplanasi tersebut, terdapat beberapa istilah ilmiah seperti meteorologi, hail, prespitasi, kondensasi, atmosfer, dan aras. Istilah-istilah ini harus dipahami artinya agar kalian bisa memahami teks eksplanasi tersebut dengan baik. Lalu apa arti istilah-istilah tersebut? Berikut ini arti-arti dari kata atau sitilah-istilah tersebut.
• Meteorologi artinya ilmu yang mempelajari berbagai hal tentang atmosfer
• Hail artinya hujan es
• Prespitasi artinya proses jatuhnya air baik itu yang berbentuk cair maupun beku
• Kondensasi artinya pengembunan
• Atmosfer artinya lapisan gas yang melingkupi planet, termasuk bumi.
Bagaimana? Dengan mengetahui arti dari istilah-istilah tersebut, kalian menjadi lebih memahami teks eksplanasi tersebut, bukan? Dalam teks eksplanasi tentang hujan es tersebut dijelaskan bahwa hujan es bisa terbentuk karena adanya proses pengembunan uap air di suatu lapisan atmosfer yang mengelilingi bumi sehingga membentuk es dengan ukuran yang besar. Es inilah yang turun ke bumi dan menjadi hujan es.
Selain memahami kata atau istilah dalam teks eksplanasi, kalian juga harus menginterpretasi isi dari teks tersebut secara baik. Apa itu interpretasi? Interpretasi bisa diartikan sebagai pemahaman, penafsiran, atau penilaian pemberian kesan atau kritik terhadap sesuatu. Dalam hal ini kalian akan menginterpretasi teks eksplanasi yang sudah dibaca.
Untuk menginterpretasi teks eksplanasi, cobalah baca teks tersebut dengan saksama. Tentukan poin-poin penting yang ada dalam teks tersebut dan pahami poin-poin tersebut, kemudian buatlah interpretasi dari teks tersebut sesuai dengan pemahaman kalian.






Poin penting


• Teks eksplanasi adalah teks yang memaparkan tentang terjadinya sesuatu sebagai akibat dari suatu peristiwa yang terjadi sebelumnya.
• Untuk bisa memahami sebuah teks eksplanasi dengan baik, seseorang harus mengetahui arti dari kata, istilah, atau ungkapan yang ada dalam teks eksplanasi tersebut.
• Memahami teks eksplanasi tidak hanya sebatas pada makna istilah saja tapi juga isi yang ingin disampaikan oleh penulis.

You might also like

0 Comments


EmoticonEmoticon