Materi Teks Eksplanasi Kompleks - Interpretasi isi teks eksplanasi kompleks





Tujuan


Siswa dapat memahami struktur dan kaidah teks eksplanasi kompleks, baik secara lisan maupun tulisan




Pada materi terdahulu, kalian sudah mempelajari tentang struktur dan kaidah kebahasaan teks eksplanasi. Kali ini, kalian akan menginterpretasi makna teks eksplanasi kompleks.
Menginterpretasi berarti memaknai. Menginterpretasi teks eksplanasi adalah memberikan makna atau menafsirkan teks eksplanasi baik secara tersurat (ekspilisit) maupun tersirat (implisit).

Untuk menafsirkan sebuah teks eksplanasi, langkah yang harus dilakukan adalah sebagai berikut.
1. Memahami struktur teks 
Struktur teks eksplanasi terdiri dari pernyataan umum, penjelasan, dan simpulan.
2. Memahami ciri kebahasaan
Ciri kebahasaan teks eksplanasi meliputi pemakaian konjungsi, pemakaian kalimat definisi, hubungan sebab-akibat.
3. Analisislah 5w+1H (what,who, when, where, why, dan how)


Perhatikan teks di bawah ini!


Banjir lumpur panas Sidoarjo (lumpur Lapindo) adalah peristiwa menyemburnya lumpur panas di lokasi pengeboran PT Lapindo Brantas di Dusun Balongnongo, Desa Renokenongo, Kecamatan Porong, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur, sejak tanggal 29 Mei 2006. 
Areal persawahan, permukiman penduduk, dan kawasan industri tergenang oleh lumpur. Volume lumpur diperkirakan sekitar 5.000 hingga 50.000 meter kubik setiap hari
. Akibat semburan lumpur ini membawa dampak yang luar biasa bagi masyarakat sekitar.
Lumpur sangat berbahaya bagi kesehatan masyarakat. Kandungan logam berat (Hg) air raksa mencapai 2,565 mg/liter Hg, padahal baku mutunya hanya 0,002 mg/liter Hg. Hal ini dapat menyebabkan infeksi saluran pernapasan, iritasi kulit, dan kanker.
Genangan hingga setinggi 6 meter pada permukiman menyebabkan warga harus dievakuasi karena rumah/tempat tinggal mereka rusak. Areal pertanian dan perkebunan juga rusak akibat genangan lumpur. Lebih dari 30 pabrik yang tergenang terpaksa menghentikan aktivitas produksi dan merumahkan ribuan tenaga kerja karena terkena dampak lumpur ini. Genangan juga menyebabkan kerusakan lingkungan wilayah seperti sarana peribadatan, sarana pendidikan, sarana dan prasarana infrastruktur (jaringan listrik, air, dan telepon)






Mari interpretasi


Kalimat yang dicetak tebal merupakan kata kunci dari 5W+1H. Kalian bisa menemukan informasi dari kalimat yang bercetak tebal di atas. Contoh:
1. Banjir lumpur lapindo terjadi di Dusun Balongnongo, Desa Renokenongo, Kecamatan Porong, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur.
2. Banjir lumpur lapindo terjadi sejak tanggal 29 Mei 2006.
3. Areal persawahan, permukiman penduduk, dan kawasan industri tergenang oleh lumpur.
4. Kandungan logam berat (Hg) air raksa mencapai 2,565 mg/liter Hg, padahal baku mutunya hanya 0,002 mg/liter Hg. Hal ini dapat menyebabkan infeksi saluran pernapasan, iritasi kulit, dan kanker.
5. Lebih dari 30 pabrik yang tergenang terpaksa menghentikan aktivitas produksi dan merumahkan ribuan tenaga kerja karena terkena dampak lumpur ini, dan seterusnya.






Poin Penting


Untuk menafsirkan makna teks ekplanasi kompleks, jawablah atas pertanyaan who, what, where, why, when, dan how.

You might also like

0 Comments


EmoticonEmoticon