MASIGNCLEAN103

Soal dan Jawaban Teks Cerita Ulang - Langkah- langkah konversi teks cerita ulang menjadi teks dialog



Soal 1
Saat perjalanan ke rumah saudara yang sedang sakit di daerah Tangerang, saya melihat hal yang mengharukan. Saat berjalan di sebuah gang menuju rumah saudara saya, saya melewati ibu-ibu yang sedang mengobrol. Seorang ibu-ibu yang menggendong anak mengeluh bahwa air sumur di rumahnya sudah mulai kering. Selanjutnya ibu yang mengenakan daster mengatakan air sumurnya selalu keruh. Tak lama, saat saya berlalu dari hadapan mereka, turun hujan dengan mendadak. Spontan mereka bersujud sambil berteriak “Alhamdulillah…” sungguh, bagi saya itu adalah pengalaman yang mengharukan.
Pada teks ulang tersebut, unsur yang dapat dijadikan bahan drama adalah….
Jawaban = 
Pembahasan = 
Jika dibaca secara saksama, kita akan mendapatkan bahan berupa tokoh, latar tempat, dan dialog. Sementara itu, konflik dan latar waktu tidak kita dapatkan informasinya dari teks ulang tersebut.


Soal 2
Sepanjang hidupnya, M. Natsir dikenal sederhana. Beliau tidak memiliki pakaian bagus. Jasnya banyak yang ditambal. Beliau dikenal sebagai menteri yang tidak mempunyai rumah dan mobil yang mewah. Saat akan diberi hadiah mobil Chevrolet Impala yang elegan, M. Natsir menolaknya dan lebih mempertahankan mobil tuanya bermerk De Soto.
Kutipan teks ulang di atas mengandung informasi tentang….
Jawaban = 
Pembahasan = 
Teks ulang tersebut memaparkan kesederhanaan M. Natsir dan dikuatkannya dengan contoh ketika menolak hadiah mobil mewah. Banyaknya deskripsi sosok M. Natsir menandakan bahwa cuplikan teks bisa menjadi acuan membuat tokoh dan penokohan dalam drama.


Soal 3
Saat para penerbang dari Kerajaan Inggris mengunjungi Lanud Maguwo Yogyakarta tahun 1945, mereka geleng-geleng kepala.
“Kalian menerbangkan peti mati,” kata salah satu dari mereka. Memang, kondisi deretan pesawat cureng buatan tahun 1933 jauh dari layak. Namun, Kepala Sekolah Penerbang Maguwo, Komodor Adisutjipto, cuek. Buktinya, kadet-kadet sekolah penerbang itu mencatat banyak prestasi membanggakan. Dengan pesawat tua itulah, prestasi zero accident diraih. Bahkan, kadet seperti Suharmoko, Harbani, Soetardjo Sigit, dan Moeljono berhasil mengebom tangsi-tangsi Belanda di Salatiga, Ambarawa, dan Semarang.
Teks ulang di atas dapat dikonversi menjadi drama dengan tema ….
Jawaban = 
Pembahasan = 
Komentar pilot Inggris yang membandingkan pesawat sebagai peti mati menandakan keadaan industri terbang sangat memprihatinkan. Namun, hal tersebut disebutkan ditanggapi dengan cuek oleh Komodor Adisutjipto dan bahkan disebutkan prestasi yang sudah diraih. Dengan demikian, keprihatinan tersebut tidak menghambat prestasi penerbang.


Soal 4
Kadet 1 : Menurutmu, pesawat itu bisa kita terbangkan?
Kadet 2 : Tentu saja! Komodor Adi sudjipto saja sangat optimis.
Kadet 1: Iya. Komodor tidak pernah merasa lemah. Ia selalu yakin.
Cuplikan dialog di atas menggunakan teknik penokohan….
Jawaban = 
Pembahasan = 
Teknik penokohan dalam drama dapat dilakukan melalui dua teknik, yaitu teknik analitik dan teknik dramatik. Cuplikan dialog di atas menunjukkan teknik dramatik, yaitu menerangkan karakter tokoh Adi Sudjcipto melalui percakapan antartokoh.


Soal 5
Saat itu, sekitar tahun 2012, saya mendapati kali di sekitar rumah saya berbuih dan berwarna merah saga. Di sana ada Pak RT dan beliau menerangkan kemungkinan itu adalah limbah dari home industry yang ada di sekitar kami. Beberapa warga sangat berang tapi segera tenang setelah Pak RT menjamin bahwa beliau akan menemui pemilik home industry yang bersangkutan pada saat itu juga.
Dialog yang bisa dibuat berdasarkan teks ulang di atas adalah….
Jawaban = 
Pembahasan = 
Membuat dialog dari teks ulang tidak boleh melenceng dari konteks. Pilihan yang tepat adalah pada kalimat Bapak-Bapak saya minta tenang. Saya akan menemui pemilik home industry ini sekarang juga!.
Kalimat itu sesuai dengan pernyataan yang ada dalam teks ulang.


Soal 6
Akibat tulisannya “Seandainya Aku Seorang Belanda”, Ki Hajar Dewantara ditangkap dan diasinngkan Belanda. Melihat kenyataan itu, Douwes Dekker dan Tjipto Mangoenkoesoemo memprotes Belanda. Namun, mereka berdua pun akhirnya ditangkap oleh Belanda.
Cuplikan teks ulang di atas mengandung informasi untuk dijadikan drama, yaitu….
Jawaban = 
Pembahasan = 
Teks tersebut mengandung konflik, yaitu saat kedua teman Ki Hajar Dewantara protes lalu mereka pun ditangkap Belanda. Selain konflik, teks juga mengandung informasi tokoh. Drama bisa dibuat dengan tokoh Ki Hajar Dewantara, Doewes Dekker, Tjipto Mangoenkoesoemo, dan pasukan Belanda.


Soal 7
Watak (perilaku) baik yang diperankan oleh tokoh disebut….
Jawaban = 
Pembahasan = 
Berdasarkan baik-buruk karakter tokoh dibagi jadi 2, yaitu antagonis dan protagonis. Antagonis adalah watak buruk sementara protagonis adalah watak baik.


Soal 8
Perhatikan cuplikan dialog berikut ini!
Bobotoh 1 : Hai kamu! Boleh nonton tapi tidak boleh nyampah!
Bobotoh 2: Hahaha…Persib kan menang. Boleh lah kita melanggar aturan.
Bobotoh 1: Tidak boleh! Pak Ridwan Kamil sendiri yang menyebarkan peraturan tertulis bahwa warga Bandung boleh menonton bola bareng asal tetap menjaga kebersihan!
Hal yang kurang pada teks dialog di atas adalah….
Jawaban = 
Pembahasan = 
Salah satu ciri naskah drama adalah adanya petunjuk lakuan yang biasanya ditulis dalam kurung. Hal ini sangat penting sebagai petunjuk bagi pemain dalam menjalankan aktingnya. Selain itu, petunjuk lakuan juga sangat membantu kita memahami drama secara utuh.


Soal 9
Petunjuk laku dalam drama disebut….
Jawaban = 
Pembahasan = 
Dalam drama terdapat dialog disebut wawacang, tercantum juga petunjuk laku yang disebut kramagung. Epilog adalah penutup dan konflik adalah adegan yang mengandung ketegangan.


Soal 10
Perhatikan pilihan-pilihan berikut ini!
1. dialog
2. prolog
3. epilog
4. analog
Pilihan yang termasuk ke dalam bagian drama adalah….
Jawaban = 
Pembahasan = 
Pembahasan: Bagian-bagian drama adalah sebagai berikut.
1. Prolog, yaitu bagian drama yang berisi pengenalan tokoh, latar, dan peristiwa yang akan berlangsung.
2. Dialog, yaitu bagian drama yang berisi percakapan para tokoh yang bergerak dari awal sampai peleraian konflik.
3. Epilog, yaitu bagian drama yang berisi simpulan atau penutup.
Sedangkan analog bukan bagian dari drama. Analog adalah istilah linguistik yang artinya kesepadanan antara bentuk-bentuk bahasa yang menjadi dasar terjadinya bentuk-bentuk yang lain.
Share This :
hanszt

avatar

makasih gan>! ini yang ane cari

9 Desember 2017 22.29
Semoga selalu suport blog ini dengan berkomentar dengan bijak dan membangun