MASIGNCLEAN103

Soal dan Jawaban Teks Pantun - Langkah-langkah membuat abstraksi teks pantun



Soal 1
Cermati pantun berikut!
Di sungai itu ada batu
Di jalanan juga banyak batu
Sekarang itu tahun baru
Mesti bikin resolusi baru
Rumusan pantun tersebut adalah .…
Jawaban = 
Pembahasan = 
Pantun tersebut merumuskan pesan ajakan membuat keinginan yang lebih baik di tahun baru. Kata kuncinya adalah tahun baru dan resolusi baru. Terdapat kata yang sama yaitu baru; tetapi maknanya berbeda. Frasa tahun baru bermakna tahun yang berganti dari tahun sebelumnya, sedangkan frasa resolusi baru bermakna harapan yang lebih baik.


Soal 2
Perhatikan teks pantun berikut!
Dibawa itik pulang petang
Dapat di rumput bilang-bilang
Melihat ibu sudah datang
Hati cemas menjadi hilang
Inti pantun di atas bercerita tentang ….
Jawaban = 
Pembahasan = 
Inti pantun merupakan maksud yang hendak disampaikan si pembuat pantun pada pembacanya. Di larik ketiga ada kata kunci ibu dan datangyang berarti kedatangan seorang ibu yang sudah lama dinanti-nanti.Selanjutnya, di larik keempat ada kata kunci cemas dan hilang yang mempunyai arti kekhawatiran seorang anak terhadap ibunya sirna setelah sang anak bertemu kembali dengan sang ibu.


Soal 3
Cermati pantun muda-mudi berikut!
Pergi ke toko membeli bedak
Sesampainya lupa bawa uang
Makan tak enak tidur tak nyenyak
Teringat akan dinda seorang
Maksud pantun di atas adalah .…
Jawaban = 
Pembahasan = 
Maksud pantun pada dasarnya merupakan abstraksi pantun. Pada larik makan tak enak tidur tak nyenyak mengandung pengertian keadaan gelisah atau risau. Larik teringat akan dinda seorangmerupakan puisi dari kerinduan terhadap kekasih. Sehingga, reproduksi dari kedua larik tersebut menjadi Seorang yang risau karena rindu kekasihnya.


Soal 4
Cermatilah pantun berikut ini!
Kalau pergi ke Kota Palu
Singgahlah sebentar di Donggala
Kalaulah diri masih punya malu

Larik yang tepat untuk melengkapi pantun di atas adalah....
Jawaban = 
Pembahasan = 
Pantun mempunyai ciri khusus berima a-b-a-b. Selain itu, larik kedua dan keempat mempunyai bunyi yang sama. Larik yang dihilangkan adalah larik keempat, sedangkan larik kedua berbunyi akhir dongga(la). Jadi, bunyi akhir yang sama harus berakhiran (–a). Selain itu, larik keempat merupakan bagian isi, yang harus berhubungan dengan larik ketiga. Karena larik ketiga berinti tentang teguran terhadap rasa malu, maka larik yang berhubungan adalah mengenai kata-kata dusta.


Soal 5
Teks berikut mengenai pantun nasihat!
Anak ayam turun sepuluh
Mati satu tinggal sembilan

Agar kamu tidak ketinggalan
Larik yang tepat untuk melengkapi pantun di atas adalah….
Jawaban = 
Pembahasan = 
Pantun mempunyai ciri khusus berima a-b-a-b. Selain itu, larik pertama dan ketiga harus mempunyai bunyi yang sama. Larik yang dihilangkan adalah larik ketiga, sedangkan larik pertama berbunyi akhir sepul(uh). Jadi, bunyi akhir yang sama harus berakhiran (–u). Selain itu, larik ketiga merupakan bagian isi, yang harus berhubungan dengan larik selanjutnya yaitu keempat. Karena larik empat merupakan jawaban tentang akibat agar kita tidak ketinggalan, maka larik yang menjadi sebabnya adalah* tuntutlah ilmu sungguh-sungguh*.


Soal 6
Perhatikan pantun berikut!
Jalan-jalan ke pinggir pantai
Lihatlah bulan sedang purnama


Isi pantun yang sesuai untuk mengisi bagian rumpang di atas adalah....
Jawaban = 
Pembahasan = 
Pantun adalah puisi yang terikat oleh syarat-syarat tertentu, di antaranya setiap larik terdiri atas empat sampai enam kata atau delapan sampai duabelas suku kata. Selain itu, perhatikan pula larik 1 dan 2 yang merupakan sampiran dan larik 3 dan 4 yang merupakan isi. Meskipun pilihan jawaban berima a-b-a-b, tetapi tidak mempunyai karakteristik sebuah isi pantun.


Soal 7
Angga bahagia saat ini, mimpinya untuk mendapatkan play station baru akhirnya terwujud. Sang bunda memberikan hadiah yang didamba-damba itu di hari ulang tahunnya.
Pantun yang sesuai dengan gambaran di atas ialah….
Jawaban = 
Pembahasan = 
Pada ilustrasi di atas, kita mengenali kata-kata kunci seperti bahagia yang sama artinya dengan riang hatidalam pantun. Kemudian, hadiah yang didamba-damba itu bersinonim dengan kado impian. Kemudian, alasan sang ibu memberikan hadiah adalah karena hari itu ulang tahun Angga, bukan karena alasan prestasi.


Soal 8
Orang tua sering menyuruh anaknya agar menuntut ilmu agar anaknya pintar dan berbudi pekerti. Petuah ini disampaikan orang tua agar anaknya kelak tidak terjerumus ke dalam perbuatan tercela karena dengan ilmu jalan hidup akan lebih terang.
Pantun yang sesuai dengan maksud pesan di atas adalah ….
Jawaban = 
Pembahasan = 
Pada ilustrasi di atas, kita mengenali kata-kata kunci seperti mencari ilmu *yang sama artinya dengan *belajardi dalam pantun. Kemudian tidak terjerumus ke dalam perbuatan tercela itu bersinonim dengan jangan jadi sesat kemudian.


Soal 9
Perhatikan dengan saksama pantun berikut!
Jikalau gelap orang bertenun
Bukalah tingkap lebar-lebar
Jikalau lenyap tukang pantun
Sunyi senyap bandar yang besar
Makna kata bandar dalam pantun di atas adalah….
Jawaban = 
Pembahasan = 
Maksud dari pantun di atas adalah jika sudah tidak ada lagi orang yang mengkritisi lingkungannya, ibaratnya sebuah pelabuhan besar yang sepi. Kata bandar dalam pantun di atas bermakna pelabuhan.

Soal 10

Cermati pantun berikut!
Janganlah pergi ke pasar pesong
Lebih baik ke pasar perkutut
Janganlah kamu bersikap sombong
Bertemu langit bertekuk lutut
Makna frasa bertekuk lutut dalam pantun di atas adalah….
Jawaban = 
Pembahasan = 
Dalam pantun sering ditemukan bahasa kiasan, yaitu bahasa yang digunakan pelantun untuk menyatakan sesuatu dengan cara yang tidak biasa, yang secara tidak langsung mengungkapkan makna. Bahasa kiasan di sini bisa berupa peribahasa atau ungkapan tertentu dalam menyampaikan maksud berpantun. Pada larik keempat terdapat dua frasa yang bermakna kiasan. Pertama adalah bertemu langit yang artinya bertemu dengan seseorang yang lebih sakti atau tinggi derajatnya, kedua adalah bertekuk lutut yang artinya adalah menyerah tidak berdaya.
Share This :
hanszt

avatar

ini nih yang w cari buat ngerjain tugas. Makasih gan :)

14 November 2017 21.54
avatar

makasih gan , dapet nilai plus alias sempurna

27 November 2017 22.31
Semoga selalu suport blog ini dengan berkomentar dengan bijak dan membangun