Soal dan Jawaban Teks Prosedur Kompleks - Langkah- langkah konversi teks prosedur kompleks menjadi teks drama pendek




Soal 1
Unsur yang diperlukan untuk mengubah teks prosedural kompleks menjadi drama adalah, kecuali….
Jawaban = 
Pembahasan =
Drama yang muncul dari sumber teks prosedur kompleks harus memiliki unsur-unsur tokoh, dialog (yang terpenting), lakuan, dan latar (opsional). Solilokui tidak dibutuhkan mengingat definisi solilokui yang berisi ungkapan hati yang dilisankan untuk diri sendiri dan bukan untuk orang lain, sedangkan prosedur kompleks menginginkan agar langkah yang disampaikan dapat diketahui pihak tertentu.


Soal 2
Bagian drama yang memuat kisah kecil yang menjadi keseluruhan drama adalah….
Jawaban = 
Pembahasan =
Bagian drama yang memuat kisah kecil yang menjadi keseluruhan drama adalah babak. Ia dapat disebut juga sebagai potongan-potongan kisah yang membentuk satu-kesatuan alur drama. Satu babak berisi prolog, epilog, dan beberapa bagian adegan dan unsur dialog.


Soal 3
Perhatikan kutipan drama berikut!
Rianto : Ahh...susah sekali mau bikin tendangan pisang!
Andik : Nendangnya gak ngasal to, ada tekniknya...sini aku ajarin!
Rianto : Boleh, coba dong ajarin!
Rianto : yang kamu tendang harus bagian bawah ke bola. Kalo kamu pakai kaki kanan, tendang dari dari arah samping dalam bola. Tendang pakai bagian luar kaki kamu biar bolanya berputar dan berbelok di udara. Coba sekarang kamu praktekan!
(…)
Rianto :Wah, iya, akhirnya melengkung walau sedikit. Ternyata lebih mudah kalau tahu langkah-langkahnya, ya.
Andik :Ya, pastinya...sesuatu tanpa teori pasti akan susah.
Lakuan yang tepat untuk mengisi bagian rumpang di atas adalah.…
Jawaban = 
Pembahasan =
Lakuan adalah instruksi tindakan yang harus dilakukan oleh pemeran. Lakuan disesuaikan dengan adegan. Untuk itu, kita harus melihat dialog yang muncul sebelum dan sesudahnya. Rianto menyatakan rasa gembiranya karena berhasil mempraktikkan teori yang dijelaskan temannya sehingga lakuan yang cocok adalah * mencoba mempraktikkan langkah yang disampaikan Andik*.


Soal 4
Perhatikan kutipan drama di bawah ini!
A. Sato : Eh, Budi, ada apa Bud? Tumben sore-sore kemari?
B. Budi : To, ada waktu gak? Minta ajarin melukis di atas kanvas dengan cat minyak dong!
C. Sato : melukis di atas kanvas itu mengasyikkan Bud. Teknik yang digunakan untuk
melukis di kanvas dengan cat minyak juga gak sulit kok, hanya butuh kesabaran
dan ketelatenan walau dibutuhkan keberanian dalam aplikasi warna tentunya.
D. Budi : Ah, masak sih? Keliatannya sulit? Jadi tambah penasaran nih..saya sudah siapin
semua peralatannya nih, kuas, palet, pensil gambar, penghapus, cat minyak…udah semua kan? Atau ada yang kurang?
E. Sato : udah semua kok. Nah, pertama kamu coba gambar dulu sketsanya di kanvas. Jangan terlalu tebal biar nanti pas dicat tidak terlalu kelihatan garis. Kalau sketsa sudah jadi, coba kamu mulai lakukan campuran warna. Ada teknik dalam mencampur warna….
Bagian yang menunjukkan tujuan prosedur kompleks ada pada ….
Jawaban = 
C
Pembahasan =
Tujuan adalah hasil akhir yang akan dicapai setelah kita melakukan urutan langkah-langkah dalam teks prosedur kompleks. Berdasarkan drama di atas, tujuan teks prosedur kompleks adalah mampu memciptakan lukisan di atas kanvas dengan menggunakan cat minyak. Tujuan pada penggalan drama di atas muncul pada bagian C.


Soal 5
Perhatikan kutipan teks prosedur kompleks di bawah ini!
Ingin menanam pohon buah, tetapi tidak memiliki lahan? Anda bisa mencoba sistem tabulapot (tanaman buah dalam pot). Tekniknya cukup sederhana dan mudah diaplikasikan. Tanaman pun lebih cepat berbuah. Pertama, siapkan media tanamnya berupa tong atau pot dan isi dengan tanah yang telah dicampur oleh kompos…..
Jika teks di atas kalian ubah menjadi penggalan drama, tempat yang tepat untuk dijadikan latar adalah….
Jawaban = 
Pembahasan =
Salah satu unsur intrinsik yang wajib dimasukkan dalam prosa/narasi adalah latar. Latar adalah pendeskripsian keadaan tempat, waktu, dan suasana. Latar tempat adalah di mana peristiwa terjadi. Jika teks prosedur tersebut bertemakan proses menanam buah dalam pot, latar tempat yang paling cocok ada pada kebun.


Soal 6
Perhatikan drama pendek di bawah ini!
Bimo : San, kamu jadi ikut program magister di UI?
Sandi : Jadi..kenapa memangnya?
Bimo : Saya udah daftar tapi bingung bayarnya…
Sandi : bayar di atm aja lebih simpel gak pake antre. Kamu punya rekening apa?
Bimo : oh bisa ya? ada rekening BNI.
Sandi : Nah, cara pembayaran melalui ATM BNI itu mudah, pertama masuk ke menu Transaksi Lainnya, lalu pilih menu Pembayaran, pilih menu Pendidikan. Setelah itu kamu masukkan nomor pelanggan.
Bimo : Nomor pelanggan maksudnya?
Sandi : masukkan kode institusi dan nomor registrasi. Contohnya, kode UI itu 050 dan setelah itu maukkan nomor registrasi kamu...setelah itu, ikuti petunjuknya saja…gampang kan?
Judul teks prosedur kompleks yang tepat berdasarkan dialog drama di atas adalah….
Jawaban = 
Pembahasan =
Judul teks prosedural kompleks dapat dilihat dari tujuan dan langkah-langkah yang muncul dalam drama di atas. Tujuan prosedur kompleks pada drama tersebut muncul pada dialog tuturan ketiga Sandi, yaitu mudahnya melakukan pembayaran registrasi program magister SIMAK melalui ATM BNI. Dengan demikian, judul yang tepat adalah Prosedur Pembayaran Registrasi Program Magister SIMAK UI via ATM BNI.


Soal 7
Unsur tokoh dalam drama sama dengan salah satu ciri unsur kebahasaan dalam teks prosedur kompleks. Unsur yang dimaksud adalah….
Jawaban = 
Pembahasan =
Dalam teks prosedur kompleks, terdapat satu ciri yang dapat kita jadikan tokoh saat teks tersebut kita konversi ke dalam bentuk drama. Unsur kebahasaan yang dimaksud adalah partisipan manusia. Partisipan adalah semua manusia dan siapa saja yang ditargetkan dalam teks tersebut. Jika prosedur kompleks muncul dalam bentuk lisan, partisipan dapat diganti dengan penggunaan pronomina orang, seperti Anda atau kamu.


Soal 8
Perhatikan teks prosedur kompleks di bawah ini!
Informasi data pribadi pada E-KTP Anda salah? Frustrasi karena perbaikannya memakan waktu yang lama karena pembuatan E-KTP masih dipegang oleh Depdagri ? Tidak usah pusing. Buat saja KTP siak sambil menunggu E-KTP selesai diperbaiki. Caranya, datanglah ke RT setempat untuk meminta surat pengantar pembuatan KTP siak. Setelah itu, datanglah ke RW untuk meminta tanda tangan dan cap stempel. Setelah mendapatkan tanda tangan, datanglah ke kelurahan untuk mendapatkan surat pengantar untuk ke kecamatan. Di kecamatan, berkas dari kelurahan kita berikan ke loket pelayanan pembuatan KTP siak. Waktu pembuatan adalah satu minggu. Jangan langsung pulang karena kita akan diberikan surat bukti pembuatan KTP sebagai pengganti bukti identitas kita yang masih dalam proses pembuatan.
Jika teks di atas diubah menjadi bentuk drama pendek, tokoh yang dapat dimunculkan, kecuali ….
Jawaban = 
Pembahasan =
Tokoh yang dimunculkan dalam drama harus disesuaikan dengan partisipan yang kemungkinan muncul dalam langkah-langkah/ prosedur kompleks pembuatan KTP siak. Dalam pembuatan KTP, partisipan yang tidak perlu dimunculkan adalah camat karena yang bersangkutan tidak perlu turun tangan dalam pembuatan KTP.


Soal 9
Perhatikan drama berikut!
Orang 1 : Pagi, Pak. Saya mau perpanjang SIM.
Petugas : langsung ambil formulirnya Dek. Jangan lupa siapkan fotokopi KTP dan SIM yang asli.
(Orang 1 mengambil formulir, mengisinya, lalu menyerahkan kembali formulirnya)
Petugas : Silakan tunggu, nanti akan dipanggil sesuai nomor antrean di formulir.
(Orang 1 dipanggil oleh petugas)
Petugas : tunggu giliran di foto ya…mana fotokopi KTP dan SIM lamanya?
Orang 1 : Oh..ini Pak.
Petugas : Oh ya, mau bikin STNK atau ada yang mau bikin SIM baru? Kalo ada, ke saya saja, lima ratus ribu sudah tinggal foto...prosesnya cepet daripada harus ke polres.
Orang 1 : Oh, terima kasih Pak…Lain kali jika saya butuh.
(Orang 1 difoto, pengambilan sidik jari, dan menunggu)
Petugas : Ini Dek, SIM barunya, biayanya seratus lima puluh.
Berdasarkan dialog drama di atas, hal-hal yang tidak termasuk ke dalam langkah perpanjangan SIM adalah….
Jawaban = 
Pembahasan =
Langkah yang tidak sesuai berdasarkan informasi pada dialog drama di atas adalah membayar biaya sebesar lima ratus ribu karena biaya ini dibutuhkan untuk pembuatan SIM baru dan bukan untuk perpanjangan. Biaya yang tepat dalam perpanjangan SIM adalah 150 ribu.


Soal 10
Berikut adalah pernyataan yang tepat terkait langkah mengubah teks prosedur kompleks menjadi bentuk drama , kecuali….
Jawaban = 
Pembahasan =
Untuk menciptakan drama berdasarkan teks prosedur kompleks, hal pertama yang kita perlukan adalah tokoh yang akan kita sesuaikan dengan partisipan pada prosedur kompleks. Hal kedua adalah menciptakan dialog yang sistematis. Kemudian, kita buat lakuan yang kita ambil berdasarkan langkah di dalam teks prosedur kompleks. Terakhir, ciptakan latar yang sesuai. Kalimat yang bernuansa satire dan menghibur tidak perlu kita buat karena ini adalah sifat khas dari teks anekdot.

You might also like

1 Comments:

wah soal dan jawaban kayak gini nih yang saya cari, buat ngetes anak saya...mantab.


EmoticonEmoticon