Soal dan Jawaban Teks Prosedur Kompleks - Konjungsi Temporal





Soal 1
Berikut ini penggunaan konjungsi temporal yang paling tepat terdapat pada kalimat ....
Jawaban = 
Pembahasan = 
Salah satu ciri konjungsi temporal adalah menghubungkan antarkata, antarklausa, antarkalimat, dan antarparagraf. Dengan demikian, pilihan yang paling tepat adalah Sebelum ayah pergi, ia tak sempat meninggalkan pesan apa pun kepada kami. Konjungsi sebelum *menghubungkan antarklausa yaitu *ayah pergi dengan ia tak sempat meninggalkan pesan apa pun kepada kami. Kalimat pada pilihan lain tidak menunjukkan penggunaan konjungsi temporal yang tepat.


Soal 2
Berikut ini penggunaan konjungsi temporal *sementara *yang tepat, kecuali ....
Jawaban = 
Pembahasan = 
Salah satu ciri konjungsi temporal adalah menghubungkan antarkata, antarklausa, antarkalimat, dan antarparagraf. Demikian juga pada konjungsi sementara. Pada pilihan jawaban, satu-satunya yang tidak memenuhi fungsi konjungsi temporal adalah Kejadian kemarin tidak akan banyak memakan korban jika saja pemerintah setempat lebih cepat tanggap *sementara** *. Konjungsi tersebut tidak memenuhi fungsinya sebagai penghubung.


Soal 3
Berikut ini contoh konjungsi temporal, kecuali ....
Jawaban = 
Pembahasan = 
Contoh konjungsi temporal adalah bila, bilamana, hingga, ketika, sebelum, sambil, sampai, sejak, semenjak, sedari, selama, seraya, sementara, setelah, sesudah, waktu, dan tatkala. Pilihan yang bukan konjungsi temporal adalah dan, tetapi, & *adalah.
*


Soal 4
Selanjutnya, baca lagi petunjuk jelasnya pada buku panduan ... Anda menggunakan gagjet.
Konjungsi temporal yang tepat untuk melengkapi kalimat di atas adalah ....
Jawaban = 
Pembahasan = 
Konjungsi temporal berfungsi sebagai penghubung antarkata atau antarkalimat. Kalimat rumpang pada soal lebih tepat dilengkapi dengan konjungsi sebelum *karena hubungan waktu pada klausa *baca lagi petunjuk jelasnya pada buku panduanmenunjukkan waktu yang datang kemudian dibandingkan dengan klausa Anda menggunakan gagjet.


Soal 5
Penggunaan konjungsi temporal tidak sederajat yang tepat terdapat pada kalimat ....
Jawaban = 
Pembahasan = 
Konjungsi tidak sederajat menghubungkan kata atau klausa yang tidak setara. Demikian pula pada konjungsi temporal tidak sederajat, menghubungkan dua waktu yang tidak setara. Kalimat pilihan yang menggunakan konjungsi temporal tidak sederajat yang paling tepat adalah Baca doa dulu sebelum mulai langkah pertama!karena pada kalimat tersebut, terdapat dua waktu yang tidak setara.

Soal 6
Perhatikan teks prosedur kompleks di bawah ini!


Konjungsi temporal yang tepat untuk melengkapi teks di atas adalah ....
Jawaban = 
Pembahasan = 
Contoh konjungsi temporal adalah bila, bilamana, hingga, ketika, sebelum, sambil, sampai, sejak, semenjak, sedari, selama, seraya, sementara, setelah, sesudah, waktu, dan tatkala.
Teks rumpang di atas agar diisi dengan konjungsi yang tepat caranya dengan menyambungkan kalimat sebelum dan sesudah. Dengan demikian, pilihan jawaban yang paling tepat adalah hingga - sejak – selama.


Soal 7
Perhatikan teks prosedur kompleks di bawah ini!


Pada teks prosedur kompleks di atas, konjungsi temporal tidak sederajat terdapat pada kalimat ....
Jawaban = 
Pembahasan = 
Satu-satunya kalimat yang menggunakan konjungsi temporal adalah Setelah memilih suhu sesuai kebutuhan, kita gunakan setrika dengan perlahan. Konjungsi *setelah *merupakan konjungsi temporal tidak sederajat karena menghubungkan dua peristiwa yang tidak setara.


Soal 8
Perhatikan teks prosedur kompleks di bawah ini!
Kalimat yang mengandung konjungsi temporal sederajat adalah ....
Jawaban = 
Pembahasan = 
Contoh konjungsi temporal sederajat adalah sebelumnya dan sesudahnya. Satu-satunya kalimat yang menggunakan konjungsi tersebut adalah kalimat Sebelumnya, pastikan tidak ada aliran air pada pipa yang akan dipasangi kran.


Soal 9
Perhatikan teks prosedur kompleks di bawah ini!


Kalimat yang dicetak tebal mengandung konjungsi temporal ....
Jawaban = 
Pembahasan = 
Kalimat Putar kran mengikuti arah ulir hingga kuat dan kerasmengandung konjungsi temporal tidak sederajat, yaitu hingga.



Jawaban = 

Pembahasan = 

You might also like

0 Comments


EmoticonEmoticon