MASIGNCLEAN103

Soal dan Jawaban Teks Pantun - Ciri bahasa teks pantun



Berikut ini Soal dan Jawaban Bahasa Indonesia tentang teks pantun, dengan materi ciri bahasa teks pantun. Di dalamnya, terdapat 10 contoh soal dan pembahasannya tentang teks pantun.

Pada postingan kali ini, kami memberikan contoh soal bahasa Indonesia tentang pantun dan pembahasannya untuk membantu mengerjakannya. Dengan beberapa contoh soal dan pembahasan berikut diharapkan kamu dapat mengerjakan soal-soal bahasa Indonesia dengan maksimal.

Oke, berikut ini soal Bahasa Indonesia tentang ciri bahasa teks pantun beserta pembahasannya.



Soal 1
Ciri bahasa pantun adalah....
Jawaban = 
Pembahasan = 
Sebagai bahasa komunikasi yang khas, pantun memiliki ciri-ciri menggunakan bahasa kiasan dan bahasa imaji. Kedua jenis bahasa tersebut sudah menjadi ciri khas pantun yang tidak dapat dihilangkan.


Soal 2
Majas atau kiasan adalah....
Jawaban = 
Pembahasan = 
Sebagai bahasa komunikasi yang khas, pantun memiliki ciri-ciri bahasa kiasan dan bahasa imaji. Bahasa kiasan adalah bahasa yang menggunakan kata-kata indah, kata-kata bukan dalam arti yang sebenarnya. Untuk memahaminya, kalian harus memperhatikan lagi mengenai arti majas atau kiasan.


Soal 3
Berikut ini yang merupakan bahasa kiasan adalah.....
Jawaban = 
Pembahasan = 
Sebuah kiasan atau majas adalah bahasa yang menggunakan kata-kata indah, kata-kata bukan dalam arti yang sebenarnya. Dengan demikian, untuk mencari kata kiasan, kalian harus memahami arti dari kata pada teks. Kata sakit kepala memiliki arti yang sebenarnya, yaitu nama sebuah penyakit yang ada di kepala. Kaki kirimemiliki arti yang sebenarnya, yaitu kaki sebelah kiri. Otak encermemiliki arti yang tidak sebenarnya, yaitu “pintar, pandai, cerdas”, bukan berarti otak seseorang itu encer layaknya air. Tangan kiri memiliki arti yang sebenarnya yaitu tangan sebelah kiri. Demikian pula dengan suami istri yang berarti pasangan suami dan istri.


Soal 4
Berikut ini merupakan bahasa kiasan, kecuali....
Jawaban = 
Pembahasan = 
Sebuah kiasan atau majas adalah bahasa yang menggunakan kata-kata indah, kata-kata bukan dalam arti yang sebenarnya. Dengan demikian, untuk mencari kata yang bukan kiasan, kalian harus memahami arti dari kata pada teks. Kata darah rakyat memiliki arti yang tidak sebenarnya, yaitu orang keturunan rakyat biasa atau rakyat miskin yang tidak memiliki jabatan di mata manusia. Darah tinggi memiliki arti yang sebenarnya, yaitu sebuah penyakit yang menyebabkan tekanan darah menjadi tinggi. Darah bangsawan memiliki arti yang tidak sebenarnya yaitu orang keturunan seorang kaya dan terpandang di mata manusia. Demikian pula dengan darah biru dan mandi darah, bukanlah arti yang sebenarnya.


Soal 5
Bahasa kiasan berikut yang memiliki arti “berlaku keras” adalah….
Jawabannya = 
Pembahasan = 
Untuk mencari kata kiasan, kalian harus memahami arti dari kata pada teks. Kata tangan kanan berarti “orang kepercayaan”. Tangan kirimemiliki arti yang sebenarnya, yaitu anggota tubuh, tangan bagian kiri. Tangan Rangga memiliki arti yang sebenarnya yaitu anggota tubuh milik Rangga. Tangan besi memiliki arti yang tidak sebenarnya, yaitu “berlaku keras”. Turun tanganartinya “turut membantu”.


Soal 6
Perhatikan pantun berikut!
Daun manggis berjatuhan gugur
Di pagi hari sangatlah patut
Orang salah baiklah tegur
Tahu sesuatu jangan tutup mulut
Bahasa kiasan yang digunakan dalam pantun tersebut adalah….
Jawaban = 
Pembahasan = 
Untuk mencari kata kiasan, kalian harus memahami arti dari kata pada teks. Kata daun manggis berarti sebenarnya, bukan kiasan. Berjatuhan gugur memiliki arti yang sebenarnya, bukan kiasan. Orang salah memiliki arti yang sebenarnya, bukan kiasan. Baiklah tegur memiliki arti yang sebenarnya, bukan kiasan.* Tutup mulut* berarti tidak sebenarnya, yaitu “diam”. Tutup mulut adalah kiasan.


Soal 7
Di bawah ini merupakan bahasa imaji, kecuali....
Jawaban = 
Pembahasan = 
Untuk mencari kata yang merupakan bahasa imaji, kalian harus dapat memahami dan menangkap gambaran arti kata pada teks. Kata meja makan bukan merupakan bahasa imaji melainkan sebuah kata benda yang berarti peralatan rumah tangga. Letih lelah merupakan bahasa imaji berupa rasa. Badan remuk redam merupakan bahasa imaji berupa rasa. Subur menghijaumerupakan bahasa imaji berupa penglihatan. Tanah basahmerupakan bahasa imaji berupa rasa dan penglihatan.


Soal 8
Bahasa imaji terdiri dari….
Jawaban = 
Pembahasan = 
Bahasa imaji adalah bahasa yang mengungkapkan pencitraan, gambaran, kesan, bayangan, dan imajinasi. Tujuan penggunaan bahasa imaji adalah memberikan gambaran yang jelas mengenai apa yang kita pikirkan. Bahasa imaji biasanya menggambarkan pencitraan indera, seperti pendengaran (telinga), penglihatan (mata), penciuman (hidung), rasa (hati), raba (kulit), kecap (lidah), dan gerak (tubuh makhluk hidup).


Soal 9
Berikut ini yang merupakan bahasa imaji indera penglihatan adalah....
Jawaban = 
Pembahasan = 
Untuk mengetahui yang mana yang merupakan bahasa imaji pada teks, kalian harus memahami gambaran pencitraan indera penglihatan. Ombak mendayu di tengah lautmerupakan bahasa imaji karena dapat dilihat oleh indera mata. Nasihat orang tua jangan dilupakanbukan merupakan bahasa imaji karena tidak dapat digambarkan. * Jangan ragu untuk menurut* bukan merupakan bahasa imaji karena tidak dapat digambarkan.* Pohon kelapa tumbuh di pinggir pantai* bukan merupakan bahasa imaji karena tidak dapat digambarkan.* Terpeleset kulit pisang* bukan merupakan bahasa imaji karena tidak dapat digambarkan.\


Soal 10
Perhatikan pantun berikut!
Katak lompat di pinggir kali
Sambil bernyanyi merdu sekali
Hati riang tidak terperi
Ibunda datang membawa kari
Yang menunjukkan bahasa imaji berupa pendengaran adalah....
Jawaban = 
Pembahasan = 
Untuk mengetahui yang mana yang merupakan bahasa imaji pada teks, kalian harus memahami gambaran pencitraan indera pendengaran. Katak lompat bukan merupakan bahasa imaji karena tidak dapat digambarkan. Di pinggir kali bukan merupakan bahasa imaji karena tidak dapat digambarkan. Hati riang tidak terperi merupakan bahasa imaji rasa. Bernyanyi merdu sekalimerupakan bahasa imaji berupa pendengaran.* Ibunda datang* bukan merupakan bahasa imaji karena tidak dapat digambarkan.


Semoga contoh soal-soal diatas tentang teks pantun dapat bermanfaat untuk kalian yang sedang belajar bahasa Indonesia. Menjawab soal-soal yang lain akan terasa lebih mudah bila kalian sering berlatih mengerjakan soal-soal. Dan semoga dapat menjadikan soal-soal bahasa Indonesia ini sebagai sarana referensi kalian untuk belajar dirumah.

Demikianlah soal dan pembahasan pelajaran bahasa Indonesia, semoga dapat bermanfaat dan menjadikan kalian menguasai pelajaran bahasa Indonesia. 

Share This :
hanszt

Semoga selalu suport blog ini dengan berkomentar dengan bijak dan membangun