Soal dan Jawaban Teks Laporan Hasil Observasi - Analisis isi teks laporan hasil observasi


Teks Laporan Hasil Observasi
Analisis isi teks laporan hasil observasi


Berikut ini Soal dan Jawaban Bahasa Indonesia tentang teks laporan hasil observasi, dengan materi analisis isi teks laporan hasil observasi. Di dalamnya, terdapat 10 contoh soal dan pembahasannya tentang teks laporan hasil observasi.

Pada postingan kali ini, kami memberikan contoh soal bahasa Indonesia tentang laporan hasil observasi dan pembahasannya untuk membantu mengerjakannya. Dengan beberapa contoh soal dan pembahasan berikut diharapkan kamu dapat mengerjakan soal-soal bahasa Indonesia dengan maksimal.


Oke, berikut ini soal Bahasa Indonesia tentang analisis isi teks laporan hasil observasi beserta pembahasannya.


Soal 1
Penulisan saran yang benar adalah …
Jawaban =
Pembahasan =
Meskipun bersifat penekanan, kalimat saran tidak perlu menggunakan tanda seru pada akhir kalimat. Jadi, penulisan kalimat saran yang benar cukup menggunakan tanda titik.


Soal 2
Pembagian sedekah yang dilakukan pengusaha kaya berakhir ricuh. Ratusan masyarakat kurang mampu yang telah menunggu sejak pagi menjadi tidak sabar karena hingga siang hari belum ada tanda-tanda sedekah akan dibagikan. Padahal pada poster pengumuman tertulis bahwa pembagian sedekah akan dimulai pukul 08.00. Antrean yang semula rapi mendadak kacau karena orang-orang saling dorong. Petugas keamanan yang berjumlah empat orang tampak kewalahan menghadapinya.

Tanggapan yang kurang sesuai dengan situasi di atas adalah …
Jawaban =
Pembahasan =
Tanggapan yang berbunyi sebaiknya, sejak awal seharusnya ada pengumuman tertulis tentang jadwal dan tata cara pembagian sedekahkurang tepat karena sebenarnya pada laporan sudah disebutkan bahwa terdapat papan pengumuman bertuliskan jadwal.


Soal 3
Temanmu menulis sebuah simpulan dalam laporannya bahwa perpisahan kelas tidak perlu dilakukan karena merupakan pemborosan. Kamu tidak sependapat dengannya. Kalimat tanggapan yang baik adalah …
Jawaban =
Pembahasan =
Tanggapan yang menunjukkan sikap positif meskipun tidak sependapat dengan simpulan yang dikemukakan adalah pendapat Saudara baik, tetapi saya yakin acara perpisahan kelas itu nanti akan menjadi kenangan tersendiri.


Soal 4
Perhatikan urutan pelaksanaan pengamatan berikut!
(1) Masukkan kecambah kacang hijau kedalam dua pot yang sudah di isi tanah yang sudah di campur pupuk kandang,
(2) Beri air secukupnya,
(3) Letakkan pot di tempat yang berbeda: yang satu di tempat yang terang, yang satu di dalam ruangan,
(4) Amati pertumbuhan batang dan daun setiap hari,
(5) Setelah satu minggu, bandingkan pertumbuhan kedua tanaman tersebut.

Kalimat yang terdapat kesalahan kaidah penulisan adalah …
Jawaban =
Pembahasan =
Penulisan kedalam pada kalimat pertama seharusnya dipisahkan (ke dalam) karena ke pada konteks tersebut adalah sebuah kata depan, sedangkan penulisan di isidan di campur seharusnya disatukan (diisi, dicampur) karena di- pada konteks tersebut adalah sebuah imbuhan.


Soal 5
Di dalam laporan yang saya baca itu jelas sekali bahwa penyebab banjir itu adalah sampah yang menyumbat aliran air di selokan. Menurut saya, tindak lanjut yang harus dilakukan masyarakat setempat adalah membersihkan selokan segera agar banjir teratasi. Selain itu, kesadaran masyarakat untuk menjaga kebersihan perlu ditingkatkan.

Tanggapan di atas lebih tepat disebut berupa …
Jawaban =
Pembahasan =
Pada tanggapan tersebut, terdapat kelompok kata tindak lanjut yang harus dilakukan. Hal ini menunjukkan kalimat saran.


Soal 6
Laporan yang saya baca tadi diragukan kebenarannya karena ada bagian yang bertolak belakang dengan bagian sebelumnya. Pada grafik terlihat penurunan jumlah pengunjung perpustakaan pada hari Rabu. Namun, Saudara menyimpulkan bahwa jumlah pengunjung perpustakaan senantiasa menunjukkan peningkatan.

Tanggapan di atas menilai aspek …
Jawaban =
Pembahasan =
Terdapat kata-kata diragukan dan bertolak belakang menunjukkan kurang atau tidak adanya koherensi antarisi laporan.


Soal 7
Formalin tidak boleh digunakan sebagai bahan pengawet pada makanan. Akibatnya, jika digunakan pada makanan dan dikonsumsi oleh manusia akan menyebabkan beberapa gejala, di antaranya tenggorokan terasa panas dan kanker yang dapat mempengaruhi organ tubuh lain dan gejala lainnya.

Kesalahan berbahasa yang terdapat pada uraian laporan di atas adalah …
Jawaban =
Pembahasan =
Pada kalimat kedua, terdapat penggunaan kata yang berlebihan, yaitu kata akibatnya dan akan menyebabkan yang digunakan bersamaan. Pemaparan yang tidak jelas terlihat pada bagian beberapa gejala, di antaranya tenggorokan terasa panas dan kanker yang dapat mempengaruhi organ tubuh lain dan gejala lainnya. Tenggorokan panas bisa jadi merupakan gejala, tetapi kanker sudah menjadi sebuah penyakit, bukan lagi sebuah gejala, dan dilanjutkan dengan dan gejala lainnya sehingga kalimat tersebut terdengar rancu.


Soal 8
Tahapan pembuatan tahu ialah mula-mula merendam kedelai, kemudian kedelai tersebut dimasukan ke mesin penggiling. Kedelai digiling hingga halus lalu dimasak dengan bantuan mesin uap. Setelah matang, kedelai diangkat dan dimasukan ke dalam cetakan hingga bisa dipotong-potong.

Kesalahan berbahasa yang terdapat pada uraian laporan di atas adalah …
Jawaban =
Pembahasan =
Terdapat kata dimasukan pada laporan di atas. Kata berimbuhan tersebut terdiri atas kata dasar masuk dan diberi imbuhan di-kan sehingga seharusnya membentuk kata dimasukkan.


Soal 9
Laporan ini terkesan berbelit belit. Sebagai contoh, uraian tentang proses membuat tape tidak dijelaskan secara berurutan. Pada beberapa bagian terdapat kata: sebelumnya. Hal ini membuat kami cukup bingung karena kegiatannya tampak bolak-balik, tidak berurutan.
Isi tanggapan di atas menyoroti …
Jawaban =
Pembahasan =
Pemaparan sebuah kegiatan seharusnya kronologis (berurutan). Biasanya, sebuah proses kegiatan akan menggunakan kata hubung seperti lalu, kemudian, dansetelah itu. Penggunaan kata hubung sebelumnya pada pemaparan sebuah proses menunjukkan adanya urutan proses yang terlewat dan menjadikan isi laporan tidak efektif.


Soal 10
Tanggapan yang menunjukkan kesantunan berbahasa adalah …
Jawaban =
Pembahasan =
Dalam menanggapi laporan, gunakan kata-kata yang lugas dan santun.


Semoga contoh soal-soal diatas tentang teks laporan hasil observasi dapat bermanfaat untuk kalian yang sedang belajar bahasa Indonesia. Menjawab soal-soal yang lain akan terasa lebih mudah bila kalian sering berlatih mengerjakan soal-soal. Dan semoga dapat menjadikan soal-soal bahasa Indonesia ini sebagai sarana referensi kalian untuk belajar dirumah.

Demikianlah soal dan pembahasan pelajaran bahasa Indonesia, semoga dapat bermanfaat dan menjadikan kalian menguasai pelajaran bahasa Indonesia. 

You might also like

1 Comments:

MAKASIH INFONYA GUYS SANGAT BERMANFAAT


EmoticonEmoticon