MASIGNCLEAN103

Soal dan Jawaban Teks Berita - Interpretasi Isi Teks Berita


Teks Berita
Interpretasi isi Teks Berita


Berikut ini Soal dan Jawaban Bahasa Indonesia tentang teks berita, dengan materi interpretasi isi teks berita. Di dalamnya, terdapat 10 contoh soal dan pembahasannya tentang teks berita.

Pada postingan kali ini, kami memberikan contoh soal bahasa Indonesia tentang berita dan pembahasannya untuk membantu mengerjakannya. Dengan beberapa contoh soal dan pembahasan berikut diharapkan kamu dapat mengerjakan soal-soal bahasa Indonesia dengan maksimal.


Oke, berikut ini soal Bahasa Indonesia tentang interpretasi isi teks berita beserta pembahasannya.


Soal 1
Bacalah teks berikut dengan cermat.
Dokter spesialis saraf dari Rumah Sakit Umum Pusat Cipaku Ahmad Menir pada seminar ”Komunikasi Digital dan Kesehatan”, Sabtu (6/6) di Jakarta mengutarakan bahwa partikel tubuh manusia akan panas saat terpapar radiasi elektromagnetik. Jika semakin besar gelombangnya, partikel kian panas. ”Jika setiap saat terkenal radiasi elektromagnetik, salah satunya dari ponsel kecil. Saraf bisa terganggu,” katanya. 
Gelombang elektromagnetik terjadi karena ada medan listrik dan medan magnet. Ada beberapa gelombang elektromagnetik, yaitu inframerah, sinar gamma, gelombang radio, dan gelombang radar. Berdasarkan hasil penelitian tahun 2014 di Finlandia melaporkan bahwa orang-orang yang terpapar radiasi elektromagnetik berlebihan berisiko lebih tinggi terkena kanker otak glioma. Walaupun hal ini masih memerlukan riset lebih lanjut.
 

Cuplikan berita tersebut mengemukakan masalah ....
Jawaban =
Pembahasan =
Masalah yang dikemukakan dalam cuplikan berita tersebut adalah tentang gelombang elektromagnetik salah satunya pada ponsel yang dapat mengganggu kesehatan saraf atau otak. Masalah ini dapat diketahui dengan mengambil kesimpulan dari informasi dasar (pengantar) dan isi berita tersebut.


Soal 2
Bacalah teks berita berikut dengan saksama
Angka putus sekolah siswa sekolah dasar dan sekolah menengah pertama di Nusa Tenggara Timur mencapai 6.800 orang per tahun. Angka tersebut diperoleh dari total jumlah peserta ujian akhir nasional (sekolah) tingkat SD dan SMP yang masuk ke jenjang pendidikan berikutnya. Hal ini menunjukkan bahwa program wajib belajar 9 tahun dan 12 tahun belum terealisasikan dengan baik. 
Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan NTT Alo Min di Kupang, Minggu (7/6) mengatakan sebelum program Bantuan Operasional Sekolah (BOS) di NTT tahun 2005 siswa yang putus sekolah di NTT mencapai 250.000 setiap tahun untuk SD, SMP, dan SMA atau sederajat. Jumlah siswa yang putus sekolah dapat ditekan sampai titik nol jika BOS tetap berlaku. 

Berikut ini hasil interpretasi yang sesuai berdasarkan cuplikan berita tersebut adalah ....
Jawaban =
Pembahasan =
Hasil interpretasi dapat berupa pendapat, kesan, atau pandangan yang berkaitan dengan masalah yang dibahas dalam berita dan hasil tersebut diperoleh dengan memahami makna tersirat atau tersembunyi yang ingin disampaikan melalui berita tersebut.
Hasil interpretasi yang sesuai dengan peristiwa yang ada dalam berita tersebut adalah pemerintah perlu lebih memperhatikan program belajar selama 9 dan 12 tahun yang belum terealisasi dengan baik di NTT. Hal ini menjadi interpretasi yang sesuai karena dalam cuplikan berita tersebut dikabarkan bahwa banyak siswa yang putus sekolah walaupun sudah ada dana BOS. Artinya, pemerintah harus lebih memperhatikan program belajar di daerah tersebut.


Soal 3
Bacalah teks berikut dengan cermat. 
Deklarasi Hari Kebudayaan Nasional tingkat Kabupaten Cianjur dicanangkan di Kampung Gombong, Desa Limbangan Sari, Kecamatan/Kabupaten Cianjur, pada Minggu (7/11). Acara dimulai dengan pencanangan yang berlangsung di Rumah Seni Adam Jabbar dengan prosesimapag. Selanjutnya, ada beberapa acara, seperti orasi kebudayaan, pertunjukan seni cianjuran, pameran lukisan, dan pembacaan puisi. 
Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Cianjur Himam Haris menjelaskan bahwa berdasarkan hasil pendataan di Kabupaten Cianjur terdapat hampir 328 budayawan dan seniman yang memiliki kemampuan yang sangat baik. Mereka dinilai sebagai aset daerah sehingga perlu dikonsolidasikan lebih lanjut.
 

Interpretasi dari penggalan teks berita tersebut adalah ....
Jawaban =
Pembahasan =
Interpretasi dapat diambil dengan mengambil kesimpulan dari hal yang dibahas dalam teks dan menentukan makna yang dapat diambil dari hal tersebut. Hasil interpretasi yang sesuai dengan penggalan teks berita tersebut adalah kebudayaan daerah dapat menjadi aset yang tak ternilai dan membantu pembangunan daerah lebih komprehensif
Dengan adanya dekralasi Hari Kebudayaan Nasional tingkat Kabupaten Cianjur, kebudayaan daerah tersebut akan mendapatkan apresiasi yang tinggi termasuk meningkatkan peran para budayawan dan sastrawan dalam mengenalkan serta melestarikan budaya daerah Cianjur. Dengan begitu, kebudayaan daerah menjadi aset yang tak ternilai karena dapat membentuk pribadi masyarakat yang berbudaya, bahkan dapat membantu pembangunan daerah dengan lebih baik atau komprehensif.


Soal 4
Bacalah teks berikut ini dengan saksama.
Ketangguhan mental bagi petenis selalu menjadi penentu dalam final turnamen kelas Grand Slam. Petenis berusia 33 tahun ini berpengalaman 19 kali juara Grand Slam sebelum bertanding di final Prancis Terbuka, Sabtu (6/6). Serena meraih kemenangan dengan ketangguhan mentalnya yang mampu mengalahkan Lucie Safarova setelah sakit selama dua hari menjelang final. 
”Setelah pertandingan semifinal, saya hanya berbaring di ruang ganti. Lalu, kemudian saya pulang, membersihkan badan, lalu tidur. Saat Jumat itu, saya tidur hingga pukul 16.00 atau pukul 17.00. Sungguh (sakit itu) merupakan mimpi buruk selama 48 jam,” jelas Serena.

Pertanyaan yang sesuai dengan cuplikan berita tersebut adalah ....
Jawaban =
Pembahasan =

Pertanyaan yang sesuai adalah Siapa pemenang dalam pertandingan final Prancis Terbuka? karena jawaban pertanyaan tersebut sesuai dengan informasi yang disampaikan dalam cuplikan berita.


Soal 5
      Indonesia meloloskan dua petinjunya ke babak final tinju SEA Games 2015 di Singapura. Christina Marwan Jembay di kelas bulu putri 57 kilogram dan Kornelis Kwangu Langu yang tampil di kelas terbang ringan putra menjadi dua petinju yang mampu menuju final tersebut. 
      Petinju putri Christina Jembay menang angka mutlak 3-0 atas lawannya Riza Pasuit yang menjadi juara nasional Filipina tahun 2014. Christina unggul masing-masing enam poin dari lawannya karena ketiga wasit memberikan nilai 40-40-40. Pada pertandingan final nanti, ia akan bertemu dengan Tassamalee Thongjan dari Thailand yang pernah meraih perunggu di SEA Games 2013 Myanmar. 

      Petinju putra Kwangu Langu juga menang mutlak 3-0 atas petinju Vietnam Ngoc Tan Huynh. Babak final akan digelar pada Rabu (10/6) dan akan mempertemukan Langu dengan Rogen Ladon, petinju unggulan Filipina. Langu bertekad untuk menaklukkan Rogen demi merebut emas pertamanya di ajang SEA Games.
Peristiwa yang hendak disampaikan dalam cuplikan berita tersebut adalah ....
Jawaban =
Pembahasan =
Peristiwa yang hendak disampaikan dalam cuplikan berita dapat diketahui dengan melihat pengantar dari berita tersebut. Pengantar memberikan informasi umum tentang peristiwa dan biasanya dicantumkan sebelum isi. 
Pada cuplikan berita tersebut, peristiwa yang tepat yang hendak disampaikan pada pembaca adalah tentang dua petinju Indonesia yang masuk ke final tinju SEA Games 2015 di Singapura.


Soal 6
       Hutan di Ngada, Nusa Tenggara Timur dilarang dirusak oleh siapa pun, terutama di dalam kawasan hutan lindung atau cagar alam. Warga wajib melindungi hutan dari kobaran api dan penebangan sembarangan. 
      Tokoh masyarakat Desa Bei Wali, Bajawa, Laurens Soi menjelaskan pada Kamis (8/1) ada kasus penebangan kayu ampupu oleh warga Desa Ngorawali di kawasan hutan Cagar Alam Watu Ata. Warga tersebut akhirnya menyumbang satu babi dan tiga ayam serta menanam 100 anakan pohon ampupu di kawasan yang ditebang. Walaupun yang ditebang hanya lima batang. 
      Sanksi yang diterima oleh pelaku tersebut adalah sanksi adat yang telah diberlakukan masyarakat Ngada. Pelaku diharuskan berikrar sumpah tidak mengulangi perbuatan dan menyumbang hewan kurban sebagai pemulihan keharmonisan alam sekitar yang dirusak di hadapan wakil pemerintah, tetua adat, dan masyarakat umum. 

Pertanyaan yang sesuai untuk mengetahui solusi masalah dalam cuplikan berita tersebut adalah ....
Jawaban =
Pembahasan =
Pertanyaan yang sesuai untuk mengetahui solusi masalah dalam cuplikan berita tersebut adalah Bagaimana masyarakat Ngada menjaga kawasan hutan lindung? 
Masalah yang hendak disampaikan dalam cuplikan berita adalah tentang larangan merusak hutan. Larangan ini diberlakukan oleh masyarakat Ngada untuk menjaga kelestarian hutan lindung. Lalu, bagaimana jika ada yang melanggar larangan itu? Masyarakat Ngada membuat sanksi adat yang harus diterima oleh pelaku. Sanksi adat ini menjadi solusi untuk mencegah terjadi perusakan di hutan lindung.


Soal 7
Bacalah teks berikut dengan saksama.
Dalam tiga hari terakhir terjadi tujuh perampokan minimarket. Tiga perampokan terjadi dalam satu jam pada Jumat (5/6) di Bekasi dan ada satu perampokan minimarket di Jakarta Selatan pada Minggu (7/6). Lalu, dua minimarket dirampok di Jakarta Timur dan satu lagi di Bekasi pada Senin (8/6). Polisi belum menyimpulkan para perampok minimarket itu kelompok yang sama atau bukan tetapi modus operasi mereka mirip satu sama lain. Para perampok mengendarai sepeda motor secara berkelompok sedikitnya 4-6 orang yang beraksi pada dini hari dan menggunakan senjata api untuk mengancam karyawan minimarket. Wajah mereka ditutup dengan helm atau masker dan mengambil uang di brankas serta mesin kasir. 

Cuplikan berita tersebut mengemukakan bahwa ....
Jawaban =
Pembahasan =
Cuplikan berita tersebut mengemukakan bahwa ada tujuh perampokan minimarket yang terjadi selama tiga hari di wilayah Jakarta dan Bekasi. Hal itu diketahui dari pengantar dalam teks berita yang menjelaskan informasi dasar peristiwa tersebut.


Soal 8
     Kemungkinan kecurangan dalam ujian tulis Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri 2015 yang digelar secara nasional pada Selasa (9/6) telah diantisipasi dengan baik. Panitia menyiapkan beberapa langkah pencegahan dan berjanji untuk menindak tegas peserta yang curang, terutama menggunakan joki saat mengerjakan soal. 
      Ketua Umum Panitia Pusat Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2015 Rochmat Wahab mengatakan bahwa upaya curang dengan beragam modus bisa saja dilakukan peserta. Salah satunya memanfaatkan kecanggihan teknologi dan informasi. Oleh karena itu, panitia dan pengawas ujian sudah mengantisipasi potensi perilaku curang selama ujian.

      Panitia di DKI Jakarta menjadi salah satu contoh baik dalam mengantisipasi kecurangan. Panitia tersebut menggunakan detektor khusus yang bisa menangkap sinyal telepon seluler. Ada 30 detektor ponsel di beberapa lokasi ujian. Detektor-detektor tersebut dapat mendeteksi peserta yang tidak taat mematikan dan mengumpulkan telepon seluler kepada panitia.
Berita tersebut memberikan hasil interpretasi berikut ini, kecuali ....
Jawaban =
Pembahasan =
Hasil interpretasi harus berkaitan dengan informasi dalam teks. Dari beberapa interpretasi yang ada pada pilihan jawaban, ada satu interpretasi yang tidak sesuai, yaitu teknik curang yang dapat dicontoh adalah menggunakan joki saat ujian. 
Informasi dalam teks berita tersebut menjelaskan tentang tindakan kecurangan yang harus diantisipasi dengan baik oleh panitia penyelenggara SBMPTN. Teks tersebut tidak memberikan penjelasan tentang tindakan curang yang harus dicontoh terutama dalam menggunakan joki saat ujian.


Soal 9
       Putra-putri Indonesia kembali menuai prestasi. Mereka berhasil menorehkan gelar juara umum dalam Olimpiade Sains Terapan Dunia atau International Science Project Olympiad (ISPRO) 2015 yang diselenggarakan di Jakarta 4-8 Mei. 
      Dalam kompetensi itu Indonesia mengumpulkan 4 medali emas, 3 medali perak, dan 2 medali perunggu. Lalu, disusul oleh Bosnia dan Herzegovina dan Tajikistan yang masing-masing memperoleh 1 medali emas, 2 medali perak, dan 1 medali perunggu. 
      Pelajar dari SMAN 1 Bantaeng Sulawesi Selatan yang bernama Irham Syarif (18) dan Ahmad Abrar (18) telah berhasil meraih medali emas dengan proyek sains-nya yaitu masker helm yang mampu menyerap timbal. Helm itu dibuat dari daun nangka dan mahoni karena menyerap timbal dan bahan yang mudah ditemukan.
Headline yang tepat untuk memberitakan peristiwa tersebut adalah ....
Jawaban =
Pembahasan =
Headline dalam berita ditulis dalam beberapa kata dan memberikan informasi yang jelas tentang peristiwa yang dibahas dalam berita. Headline dapat disebut juga judul dalam berita, artikel, atau teks lainnya. 
Headline yang tepat untuk menunjukkan peristiwa yang disampaikan dalam cuplikan berita tersebut adalah Indonesia Juarai Olimpiade Sains Terapan InternasionalHeadline ini dapat menggambarkan dengan jelas peristiwa yang dikemukakan dalam cuplikan berita yaitu tentang Indonesia yang meraih juara umum di Olimpiade Sains Terapan Dunia.


Soal 10
Bacalah teks berikut ini dengan saksama.
        ”Rokok ilegal berpotensi meningkatkan jumlah perokok pemula,” kata Menteri Kesehatan Nila F Moeloek dalam dialog interaktif Hari Tanpa Tembakau Sedunia 2015 pada Senin (8/6) di Jakarta. Karena dijual dengan harga lebih murah dibandingkan dengan rokok legal, remaja atau anak-anak mampu membeli rokok ilegal sehingga meningkatkan jumlah perokok pemula di Indonesia. 
      Sesuai berita yang disajikan Kempis (28/5) pada 2007, kelompok umur 15-19 tahun adalah usia pertama kali merokok, yaitu sebanyak 33,1% dan naik menjadi 43, 3% pada 2010. Selain itu, kenaikan terjadi pada kelompok usia 10-14 tahun pada periode yang sama, yaitu dari 10,3% menjadi 17,5%.

Pokok isi berita tersebut adalah ....
Jawaban =
Pembahasan =
Pokok isi berita dapat dilihat pada bagian pengantar atau headline berita tersebut. Jika tidak diungkapkan dengan jelas pada bagian tersebut, maka pokok isi berita dapat ditentukan setelah memahami keseluruhan informasi yang disampaikan dalam teks berita. 
Pokok isi berita pada cuplikan berita tersebut adalah jumlah perokok pemula meningkat karena rokok ilegal. Pokok berita ini dapat ditentukan dengan mudah karena sudah diungkapkan pada paragraf awal dan gagasan utama paragraf tersebut. Paragraf kedua atau kalimat-kalimat selanjutnya hanya membantu menjelaskan lebih rinci tentang gagasan utama.


Semoga contoh soal-soal diatas tentang teks berita dapat bermanfaat untuk kalian yang sedang belajar bahasa Indonesia. Menjawab soal-soal yang lain akan terasa lebih mudah bila kalian sering berlatih mengerjakan soal-soal. Dan semoga dapat menjadikan soal-soal bahasa Indonesia ini sebagai sarana referensi kalian untuk belajar dirumah.

Demikianlah soal dan pembahasan pelajaran bahasa Indonesia, semoga dapat bermanfaat dan menjadikan kalian menguasai pelajaran bahasa Indonesia. 
Share This :
XanHan

avatar

quiz nya sangat menarik :D

7 Oktober 2017 17.55
avatar

Mantap Kuis nya sangat menarik gan :D

29 Oktober 2017 23.03
Semoga selalu suport blog ini dengan berkomentar dengan bijak dan membangun