Soal dan Jawaban Teks Berita - Mengidentifikasi Karakteristik Teks Berita


Teks Berita
Mengidentifikasi Karakteristik Teks Berita


Berikut ini Soal dan Jawaban Bahasa Indonesia tentang teks berita, dengan materi mengidentifikasi karakteristik teks berita. Di dalamnya, terdapat 10 contoh soal dan pembahasannya tentang teks berita.

Pada postingan kali ini, kami memberikan contoh soal bahasa Indonesia tentang berita dan pembahasannya untuk membantu mengerjakannya. Dengan beberapa contoh soal dan pembahasan berikut diharapkan kamu dapat mengerjakan soal-soal bahasa Indonesia dengan maksimal.


Oke, berikut ini soal Bahasa Indonesia tentang mengidentifikasi karakteristik teks berita beserta pembahasannya.


Soal 1
Naskah berita yang ditulis dengan baik akan sesuai dengan pernyataan berikut ini, yaitu ....
Jawaban =
Pembahasan =
Naskah berita akan berhasil menjadi suatu berita ketika informasi di dalamnya mengandung unsur berita(5W+1H) serta maksud dan tujuannya mudah dipahami karena gaya bahasanya mudah dimengerti.


Soal 2
Berikut ini peristiwa yang cocok dijadikan sebuah berita adalah ....
Jawaban =
Pembahasan =
Berita tentang seorang anak yang tunadaksa yang menjuarai olimpiade matematika merupakan peristiwa yang jarang sekali terjadi sehingga bisa menjadi suatu berita yang inspiratif.


Soal 3
Di bawah ini merupakan contoh kalimat dalam naskah berita,kecuali ....
Jawaban =
Pembahasan =
Kalimat Pengertian dari media sosial adalah media dalam jaringan yang menghubungkan banyak orang dari berbagai penjuru dunia hanya memuat informasi berupa pengertian dan bukan suatu peristiwa yang bisa menjadi berita. Oleh sebab itu, kalimat itu tidak termasuk dalam berita.


Soal 4
Di antara pilihan berikut, pernyataan yang paling benar terkait unsur 5W+1H adalah ....

Jawaban =
Pembahasan =
Suatu berita harus mengandung unsur 5W+1H yang berarti what, who, where, when, dan how. Dalam Bahasa Indonesia, kelima unsur tersebut adalah apa, siapa, di mana, kapan, mengapa, dan bagaimana.


Soal 5
Mei 23, 2015. Bandung Selatan semakin ramai dikunjungi wisatawan domestik karena hadir wahana ski salju buatan yang disponsori oleh perusahaan hiburan edukasi Nuraz. Wahana ini hanya berlangsung seminggu. Area 2 hektar yang disulap menjadi bukit salju mampu memberikan sensasi unik saat berlibur, demikian yang dituturkan salah seorang pengunjung.
Teks di atas mengandung karakteristik teks berita, yaitu ....
Jawaban =
Pembahasan =
Karakteristik teks berita yang terlihat dalam teks di atas adalah adanya dateline (mei 23, 2015), mengandung informasi faktual (kehadiran wahana ski salju buatan di Bandung), objektif, dan mengandung fakta (lahan 2 Ha, jangka waktu adanya wahana tersebut, dan tempat keberadaan wahana tersebut).


Soal 6
Perhatikan paragraf berikut.
Bertempat di sebuah hotel di Jakarta, Cius memperkenalkan perangkat terbarunya yang dinamakan, Cius Zunfone 2. Peluncuran ponsel pintar ini menyita perhatian publik karena acara peluncuran ini cukup meriah, berkelas, dan dipenuhi banyak orang yang datang. Banyak tamu penting yang datang ke acara ini, termasuk wartawan. Tidak hanya wartawan dalam negeri, tetapi juga wartawan dari Asia Tenggara dan wartawan asing dari negara lainnya. Kehadiran wartawan luar ini bukan tanpa alasan karena peluncuran Cius Zunfone 2 ini tidak hanya untuk pasar di Indonesia tetapi juga di Asia Tenggara.
Dari paragraf berita tersebut, unsur berita yang tidak terkandung di dalamnya adalah ....
Jawaban =
Pembahasan =
Suatu acara yang jadi berita pastinya memuat kapan kejadian berlangsung. Pada tanggal berapa kejadian tersebut serta waktu berlangsungnya kejadian atau peristiwa tersebut. Pada paragraf tersebut, tidak disebutkan perihal tanggal berlangsungnya acara.


Soal 7
Bacalah kalimat-kalimat di bawah ini!
a. Konferensi Asia-Afrika di Bandung yang berlangsung pada April 2015 berlangsung meriah. 
b. Kesuksesan acara ini membuat pemerintah menghimbau untuk mengadakan Festival Asia Afrika tiap tahunnya.
c. Kemeriahan bukan hanya karena banyaknya pemimpin negara yang hadir di kota Bandung.
d. Acara ini berupa pergelaran musik, pameran, dan yang utama adalah pawai pertunjukan seni dan budaya dari negara-negara Asia Afrika.
e. Kemeriahan justru terjadi karena selama Konferesi Asia Afrika, ada yang dinamakan Festival Asia Afrika.
f. Acara tersebut pun berlangsung sukses dan mendapat sambutan baik bagi warga yang berkunjung ke acara ini.

Urutan kalimat berita tersebut yang benar adalah ....
Jawaban =
Pembahasan =
Cara menentukan mana jawaban yang benar adalah dengan memperhatikan kohesi dan koherensi paragraf yang akan dibangun. Perhatikan pengulangan kata dan keutuhan makna antarkalimat. Langkah awal kalian cari kalimat yang paling umum untuk dijadikan sebagai kalimat utama. Setelah itu, carilah alat kohesi yang berkaitan dengan kalimat utama tersebut. Kalimat utama dalam soal adalah kalimat a. Selanjutnya alat kohesi berupa pengulangan kata meriah ada pada kalimat c. Selanjutnya terjadi pengulangan kata meriahkembali pada kalimat e. Sampai di sini pilihan yang tersisa tinggal 2 pilihan. Kalian cari alat kohesi lain. Jawabannya bisa kalian lihat pada kalimat d yang memiliki alat kohesi kata tunjuk ini yang mengacu pada festival yang disebutkan di kalimat e. Dengan demikian, jawaban yang benar adalah a, c, e, d, f, b.


Soal 8
Perhatikan paragraf di bawah ini!
Seorang wartawan dari surat kabar ternama di kota Bandung melakukan perjalanan dalam mengelilingi Jawa Barat. Perjalanan tersebut ia tulis dalam rubrik bernama Mapay Jaba. Wartawan tersebut berkeliling dari titik O KM Bandung kemudian masuk ke wilayah Subang, Purwakarta, Cianjur, dan menelusuri jalur pantai selatan dari Pameungpuek, sampai ke Pangandaran. Wartaan tersebut kemudian mengambil rute pulang ke Banjar, Ciamis, sampai ke Cirebon. Dari kota tersebut, ia kembali pulang ke Bandung melwati Sumedang. Uniknya, wartawan tersebut menghabiskan waktu sekitar 34 hari dan tidak mengeluarkan biaya untuk trasportasi. Ia menumpang dari satu mobil ke mobil lain, dari truk ke truk lain, semuanya dilakukan tanpa mengeluarkan biaya transportasi.

Informasi utama yang didapatkan dari kalimat berita tersebut adalah ....
Jawaban =
Pembahasan =
Teks berita di atas disusun termasuk ke dalam paragraf naratif. Pada paragraf naratif gagasan utama terdapat pada semua kalimat. Dengan demikian, kita tidak bisa menarik gagasan dan menentukan kalimat utamanya hanya pada satu kalimat. Gagasan harus dilihat secara utuh dalam paragraf. Berdasarkan hal itu, didapat gagasan utama/informasi utama adalah wartawan yang mengelilingi Jawa Barat tanpa mengeluarkan biaya transportasi.


Soal 9
Perhatikan fakta-fakta berikut.
  1. Di Jalan Gatsu terjadi kecelakaan bermotor.
  2. Korban adalah 2 anak lelaki.
  3. Kedua korban gegar otak.
  4. Korban tidak mengenakan helm ketika motor mereka bertabrakan dengan sebuah minibus.
  5. Kejadian itu terjadi tanggal 24 Mei, pukul 10.00.
Kalimat yang termasuk ke dalam teras berita adalah ....
Jawaban = 
1
Pembahasan =
Teras berita menyebutkan peristiwa utama dalam sebuah teks berita. Sesuai identifikasi, bukti bahwa kalimat ke-1 termasuk teras adalah karena berisi informasi paling penting yaitu jawaban dari kejadian apa?


Soal 10
Musibah kebakaran menghanguskan sebuah pabrik karpet di jalan Ratna, Bekasi. Peristiwa tersebut terjadi pada 28 Juli 2015. Untungnya, kebakaran tersebut tidak merembet ke rumah penduduk di sekitarnya. Kerugian fisik dilaporkan sampai milyaran rupiah. Saat peristiwa terjadi, pemilik pabrik masih berada di kampung halaman karena mudik lebaran.
Berdasarkan identifikasi teks, kalimat yang termasuk ekor berita adalah ....
Jawaban =
Pembahasan =
Ciri-ciri ekor berita adalah mengandung informasi yang kurang penting.


Semoga contoh soal-soal diatas tentang teks berita dapat bermanfaat untuk kalian yang sedang belajar bahasa Indonesia. Menjawab soal-soal yang lain akan terasa lebih mudah bila kalian sering berlatih mengerjakan soal-soal. Dan semoga dapat menjadikan soal-soal bahasa Indonesia ini sebagai sarana referensi kalian untuk belajar dirumah.

Demikianlah soal dan pembahasan pelajaran bahasa Indonesia, semoga dapat bermanfaat dan menjadikan kalian menguasai pelajaran bahasa Indonesia. 

You might also like

0 Comments


EmoticonEmoticon