Soal dan Jawaban Teks Berita - Makna Kata, Istilah, dan Ungkapan dalam Teks Berita


Teks Berita
Makna Kata, Istilah, dan Ungkapan dalam Teks Berita


Berikut ini Soal dan Jawaban Bahasa Indonesia tentang teks berita, dengan materi makna kata, istilah, dan ungkapan dalam teks berita. Di dalamnya, terdapat 10 contoh soal dan pembahasannya tentang teks berita.

Pada postingan kali ini, kami memberikan contoh soal bahasa Indonesia tentang berita dan pembahasannya untuk membantu mengerjakannya. Dengan beberapa contoh soal dan pembahasan berikut diharapkan kamu dapat mengerjakan soal-soal bahasa Indonesia dengan maksimal.


Oke, berikut ini soal Bahasa Indonesia tentang makna kata, istilah, dan ungkapan dalam teks berita beserta pembahasannya.


Soal 1
Berikut ini kata yang bersinonim dengan interpretasi adalah, kecuali .…
Jawaban =
Pembahasan =
Kata interpretasi berasal dari bahasa Inggris, yaitu interpretation yang bermakna tanggapan seseorang terhadap suatu permasalan. Hal ini sejalan dengan yang dijelakan oleh Kamus Besar Bahasa Indonesia edisi III bahwa interpretasi adalah tanggapan, pendapat, tafsiran, atau pandangan teoretis seseorang terhadap suatu permasalahan sehingga yang tidak termasuk ke dalam makna adalah representasi yang bermakna perwakilan.


Soal 2
Perhatikan teks berita berikut!
Ramos Horta, Mantan Presiden Timor Leste, meyakini bahwa Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla mampu mengatasi konflik yang terjadi di Papua, termasuk insiden di Tolikara. Indonesia memiliki visi yang kuat dalam mengatasi masalah serupa sebelumnya.

Pernyataan yang sesuai terkait makna berita tersebut adalah .…
Jawaban =
Pembahasan =
Pernyatan yang sesuai terkait teks berita di atas adalah Indonesia berpengalaman dalam mengatasi konflik di daerah. Hal ini sejalan dengan yang telah dinyatakan Ramos Horta bahwa Indonesia pernah mengalami hal serupa sebelumnya. Interpretasi konflik di daerah pada opsi tersebut dijelaskan dengan melihat hubungan Papua dengan masalah serupa sebelumnya.


Soal 3
Perhatikan teks berita berikut!
Pak Basuki, camat setempat, menilai bahwa kebakaran pabrik karpet di daerahnya akibat kelalaian pekerja pabrik tersebut.

Kata yang menunjukkan verba mental dalam teks di atas adalah ….
Jawaban =
Pembahasan =
Verba mental adalah verba yang menerangkan persepsi, afeksi, dan kognisi seseorang. Dalam hal ini ada aktivitas mengindra, merasakan, atau memikirkan suatu hal. Verba ini tidak bersifat/berwujud fisik, dalam artian tidak mengandung perbuatan yang terlihat (material). Contoh verba yang termasuk dalam kelas ini adalah mendengarkan, berpikir, khawatir. Jenis verba ini sering muncul dalam teks berita, khususnya, ketika menerangkan opini/komentar narasumber. Verba mental yang digunakan dalam teks di atas adalah menilai.


Soal 4
Perhatikan teks berita berikut!
Indonesia bersama dengan negara Asia Tenggara lainnya dapat memainkan peran yang sangat penting dalam meningkatkan kinerja PBB terkait penjagaan keamanan internasional.

Ungkapan yang dicetak miring yang digunakan dalam teks berita tersebut mengandung makna .…
Jawaban =
Pembahasan =
Ungkapan “memainkan peran” pada teks di atas dapat diartikan sebagai turut andil bagian. Hal ini terlihat dari makna keseluruhan kalimat yang menunjukkan hubungan kesertaan Indonesia dalam hal ikutmeningkatkan kinerja PBB terkait penjagaan keamanan internasional. Dengan demikian, pemaknaan yang tepat adalah turut andil bagian .


Soal 5
Bacalah teks berita di bawah ini!
Dalam insiden yang terjadi di Cimareme, Kepolisian sudah menetapkan dua tersangka yang diduga sebagai provokator saat kejadian pada hari peringatan 17 Agustus tersebut. Insiden ini telah menewaskan 1 orang dan melukai 11 orang lainnya.

Istilah yang digunakan dalam teks di atas sama artinya, kecuali .…
Jawaban =
Pembahasan =
Provokator berasal dari kata provokasi yang diberikan derivasi bentuk –tor yang bermakna pelaku atau orang. Makna kata provokasi itu sendiri menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia adalah tindakan yang membangkitkan kemarahan, menghasut, menyuruh orang lain melakukan tindak perusakan dan melakukan perbuatan negatif lainnya. Provokasi memiliki pengertian yang berbeda dengan propaganda yang bermakna pemberian paham untuk meyakinkan orang untuk mengikuti apa yang diinginkan pemberi informasi.


Soal 6
Seorang siswa membaca headline sebuah berita dengan judul “KPU Tak Punya Mekanisme untuk Meminimalisasi Calon Boneka di Pilkada”. 
Maksud ungkapan calon boneka pada headline tersebut adalah .…
Jawaban =
Pembahasan =
Untuk memahami suatu kata berkonotasi dalam sebuah teks, kita bisa menghubungkan kata tersebut dengan makna denotasinya terlebih dahulu. Kata boneka menurut KBBI adalah tiruan bentuk manusia atau anak-anak yang digunakan sebagai permainan. Biasanya anak akan menggerak-gerakkan bagian tubuh boneka (mengendalikannya) agar seakan-akan berlaku/bertindak layaknya manusia. Dalam hal ini, makna “calon boneka” pada teks di atas dapat berarti hal yang sama, yaitu calon yang dikendalikan oleh pihak lain.


Soal 7
Idealnya, dalam kondisi demokratis, kontestasi politik memerlukan minimal dua pasangan calon yang bertarung dalam berkompetisi di pemilihan umum. Jika itu tidak terjadi, langkah tegas pengunduran jadwal pilkada serentak itu harus dilakukan KPU. Pasalnya, KPU dihadapkan pada jadwal yang padat untuk menyelenggarakan pilkada serentak, mulai dari persiapan, distribusi logistik, hingga pelaksanaan pada 9 Desember 2015 mendatang.

Hasil interprestasi, hal yang menyebabkan KPU mengundur pilkada serentak adalah ….
Jawaban =
Pembahasan =
Pertanyaan di atas berkaitan dengan unsur berita apa dan mengapa (alasan) diundurnya jadwal pilkada serentak oleh KPU. Berdasarkan teks di atas, alasan harus diundurnya jadwal pilkada serentak adalah jika dalam kenyataannya hanya ada calon tunggal. Hal ini terlihat pada bagian pertama teks, yaitu dalam kondisi demokratis, kontestasi politik memerlukan minimal dua pasangan calon yang bertarung dalam berkompetisi di pemilihan umum adalah bentuk ideal. Alasan ini semakin diperjelas dengan penggunaan konjungsi jika pada kalimat kedua. Dengan demikian, jawaban yang benar adalah hanya ada calon tunggal dalam pilkada serentak.


Soal 8
Kunjungan Presiden AS, Barack Obama, ke Kenya pekan lalu diakui oleh Kepala Kepolisian Kenya sebagai "mimpi buruk" bagi aparat keamanan. Akan tetapi, kesuksesan mengamankan kunjungan orang nomor satu di AS itu tanpa insiden berarti menjadi asam garam dalam sistem keamanan negara dan bisa menanamkan pengaruh positif dalam meningkatkan kepercayaan diri negeri tersebut.

Kata / kelompok kata yang berdenotasi pada teks di atas adalah .…
Jawaban =
Pembahasan =
Kata yang mengandung pengertian denotasi yaitu percaya diri. Kata ini mengandung verba mental percaya yang memiliki arti mengakui atau meyakini sesuatu itu benar atau nyata. Opsi lain mengandung makna konotasi. Mimpi buruk yang dimaksud bermakna ‘peristiwa yang tidak menyenangkan’. Orang nomor satu bermakna ‘presiden atau ketua’. Kata asam garam berarti ‘suatu pengalaman’. Kata menanamkan bukan berarti melakukan tindak tanam (material) melainkan ‘menciptakan’.


Soal 9
Pendaki muda yang hilang kontak sejak hari Sabtu (25/7/2015) telah ditemukan Tim SAR gabungan dari Basarnas dan Relawan Anak Gunung Lawu. Dari pesan singkat yang diterima, lima remaja dan dua anak pendaki itu disebutkan ditemukan pada pukul 16.22 WIB dalam kondisi sehat.

Interpretasi yang sesuai dengan teks berita di atas adalah .…
Jawaban =
Pembahasan =
Berdasarkan unsur-unsur berita di atas, kita ketahui bahwa pendaki muda yang hilang di Gunung Lawu berhasil ditemukan oleh Tim SAR dan Basarnas pada pukul 16.22 WIB. Informasi ditemukannya pendaki muda ini diketahui dari sumber pesan singkat yang diterima wartawan.


Soal 10
Fatwa MUI yang berkaitan dengan narkoba sudah disosialisasikan ke media massa.
Arti kata fatwa pada teks di atas bermakna, kecuali ....
Jawaban =
Pembahasan =
Kata fatwa berasal dari bahasa Arab yang dapat berarti keputusan. Kata ini juga dapat bermakna nasihat yang dikeluarkan oleh para ulama, petuah, dan pendapat yang dihailkan berdasarkan ijtima. Akan tetapi, kata ini tidak dapat diartikan sebagai ajakan karena bukan merupakan bentuk persuasif. Dengan demikian, jawaban adalah ajakan.


Semoga contoh soal-soal diatas tentang teks berita dapat bermanfaat untuk kalian yang sedang belajar bahasa Indonesia. Menjawab soal-soal yang lain akan terasa lebih mudah bila kalian sering berlatih mengerjakan soal-soal. Dan semoga dapat menjadikan soal-soal bahasa Indonesia ini sebagai sarana referensi kalian untuk belajar dirumah.

Demikianlah soal dan pembahasan pelajaran bahasa Indonesia, semoga dapat bermanfaat dan menjadikan kalian menguasai pelajaran bahasa Indonesia. 

You might also like

0 Comments


EmoticonEmoticon