Soal dan Jawaban Teks Berita - Kaidah Teks Berita


Teks Berita
Kaidah Teks Berita


Berikut ini Soal dan Jawaban Bahasa Indonesia tentang teks berita, dengan materi kaidah teks berita. Di dalamnya, terdapat 10 contoh soal dan pembahasannya tentang teks berita.

Pada postingan kali ini, kami memberikan contoh soal bahasa Indonesia tentang berita dan pembahasannya untuk membantu mengerjakannya. Dengan beberapa contoh soal dan pembahasan berikut diharapkan kamu dapat mengerjakan soal-soal bahasa Indonesia dengan maksimal.

Oke, berikut ini soal Bahasa Indonesia tentang kaidah teks berita beserta pembahasannya.


Soal 1
Teks berita dibentuk oleh kaidah-kaidah tertentu. Berikut ini beberapa kaidah dalam teks tersebut, kecuali ....
Jawaban =
Pembahasan =
Ada kaidah-kaidah yang perlu diperhatikan dalam teks berita, yaitu informasi yang disajikan dalam berita bersifat aktual dan terbuka untuk umum, informasi disajikan secara faktual dan objektif, serta bahasa yang digunakan bersifat standar atau baku. Hal yang tidak termasuk ke dalam kaidah teks berita adalah subjektif karena mengungkapkan pendapat atau pandangan sendiri.


Soal 2
Bacalah cuplikan berita berikut dengan saksama.
Pemanfaatan lahan kritis untuk pengembangan bioenergi sedang digalakkan oleh pemerintah. Pemanfaatan tersebut diharapkan mampu melibatkan pemerintah daerah, lembaga pemerintah, dan swasta. Hal itu diungkapkan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Sudirman Said dalam acara penandatanganan nota kesepahaman bersama Program Pengembangan Bioenergi Lestari bersama Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah, Senin (13/7/2015), di Jakarta. Pelibatan Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah merupakan salah satu contohnya. Provinsi tersebut menerapkan pengembangan bioenergi di dua kabupaten, yaitu Katingan dan Pulang Pisau. Lahan yang dikembangkan di sana mencapai 35 hektar untuk mengembangkan tanaman jarak pagar dan kemiri sunan.

Inti sari dari cuplikan berita tersebut adalah ....
Jawaban =
Pembahasan =
Inti sari sama dengan hal pokok yang penting dalam teks. Inti sari dapat ditentukan dengan memahami pembahasan inti yang ada dalam berita tersebut, yaitu pemanfaatan lahan kritis untuk pengembangan bioenergi sedang digalakkan oleh pemerintah.
Pada berita tersebut, awal kalimat sudah menunjukkan peristiwa tentang pemerintah yang menggalakkan pengembangan bioenergi dengan memanfaatkan lahan kritis. Kalimat ini menjadi kalimat utama sekaligus menunjukkan pembahasan inti dalam berita dan beberapa kalimat selanjutnya menjadi penjelas untuk kalimat utama tersebut.


Soal 3
Bahasa yang digunakan dalam berita bersifat standar atau baku. Selain untuk menjembatani pemahaman banyak kalangan, bahasa standar digunakan karena ....
Jawaban =
Pembahasan =
Dalam berita bahasa standar dipilih untuk digunakan karena dapat menjembatani pemahaman banyak kalangan dan lebih mudah dipahami oleh umum. Media-media nasional menghindari penggunaan bahasa yang bersifat populer dan kedaerahan, kecuali memang media tersebut diperuntukkan untuk kalangan tertentu.


Soal 4
Salah satu aspek kebahasaan dalam berita adalah penggunaan kalimat langsung dan tidak langsung. Berikut ini kalimat yang menunjukkan kalimat langsung yaitu ....
Jawaban =
Pembahasan =
Penggunaan kalimat langsung dan kalimat tidak langsung dalam berita mendukung untuk pengutipan berbagai pernyataan dari narasumber berita. Kalimat langsung dapat diketahui dengan memahami pernyataan yang berasal langsung dari ujaran seseorang. Selain itu, kalimat langsung dapat berupa kalimat tanya, kalimat berita, atau kalimat perintah.
Melalui penjelasan singkat tersebut, kalimat langsung pada soal dapat ditentukan dengan melihat kalimat yang memberikan keterangan tentang ujaran seseorang. Kalimat langsung itu adalah ”Konsep keberlanjutan harus menjadi dasar kami dalam memanfaatkan lahan kritis yang digunakan untuk pengembangan tanaman sumber bioenergi. Penggunaan teknologi yang tepat juga harus dilakukan untuk pengembangan ini,” ujar Sudirman.


Soal 5
”Kami dari Komunitas Harapan mempunyai kegiatan rutin untuk anak-anak binaan kami. Kegiatan rutin membuat saya senang, terutama Kegiatan Seroja ini. Selain sebagai kegiatan positif, kegiatan semacam ini menunjukkan bahwa mahasiswa memiliki rasa peduli terhadap nasib anak jalanan,” ujar Agung.
Seroja yang merupakan akronim dari (Seru-seruan bersama anak Johar) berlangsung di Balai Serbaguna Kelurahan Kauman, Semarang. Komunitas Harapan terbentuk pada 2 Januari 2013 atas kepedulian Agung dan beberapa sukarelawan yang peduli terhadap anak-anak jalanan, khususnya di daerah Johar, Semarang.

Cuplikan berita tersebut mengemukakan tentang ....
Jawaban =
Pembahasan =
Cuplikan berita tersebut mengemukakan tentang kegiatan Seroja diadakan oleh Komunitas Harapan untuk menunjukkan kepedulian mahasiswa terhadap anak-anak jalanan.
Hal yang diungkapkan dalam berita dapat diketahui dengan mengambil inti atau kesimpulan dari isi pembahasan berita tersebut.


Soal 6
Bacalah teks berikut ini dengan saksama.
Aktivitas pelayaran di sedikitnya dua pelabuhan di Nusantara lumpuh pada Senin (13/7/2015). Perairan di Filipina mengalami siklon tropis Nangka yang menyebabkan cuaca buruk dan gelombang setinggi 3-5 meter di sejumlah tempat. Akibat peristiwa ini, arus mudik via laut terhambat dan banyak penumpang yang terlantar. 
Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) melaporkan bahwa perairan yang terkena dampak gelombang tinggi adalah Laut Jawa, Selat Makasar, Laut Flores, perairan Kepulauan Wakatobi, Laut Banda bagian selatan, dan Laut Arafuru.

Berikut pokok-pokok penting dalam teks berita tersebut, kecuali ....
Jawaban =
Pembahasan =
Pokok-pokok penting dalam berita dapat dipahami dalam bagian pengantar yang berisi tentang siapa, apa, di mana, kapan, bagaimana atau lebih dikenal dengan rumus 5W+1H. 
Pokok-pokok penting dalam berita tersebut yang tidak sesuai dengan teks adalah Laut Arafuru dan Laut Flores aman dari siklon tropis Nangka. Dalam teks dijelaskan bahwa Laut Arafuru dan Laut Flores menjadi perairan yang terkena dampak dari gelombang tinggi. Laut tersebut tidak dalam keadaan yang aman.


Soal 7
Salah satu aspek kebahasaan dalam berita yaitu penggunaan konjungsi yang bermakna kronologis (temporal) atau penjumlahan. Berikut kalimat yang menunjukkan aspek kebahasaan tersebut adalah ....
Jawaban =
Pembahasan =
Aspek kebahasaan yang menjadi karakteristik teks berita meliputi penggunaan kalimat langsung dan kalimat tidak langsung, penggunaan konjungsi bahwa, penggunaan kata kerja mental, penggunaan fungsi keterangan waktu dan tempat, serta penggunaan konjungsi yang bermakna kronologis. Salah satu aspek kebahasaan yang ditanyakan dalam soal tersebut adalah tentang penggunaan konjungsi yang bermakna kronologis, seperti kemudian, sejak, awalnya, setelah, akhirnya. Penggunaan konjungsi kronologis ini berkaitan dengan pola penyajian berita yang mengikuti urutan waktu. 
Dengan penjelasan singkat tersebut, aspek kebahasaan berupa penggunaan konjungsi yang bermakna kronologis ditunjukkan oleh kalimat ”Sejak abad 19, sejarah letusan Gunung Slamet berlangsung. Awalnya, Gunung tersebut hanya mengalami erupsi dalam skala kecil.”


Soal 8
Bacalah penggalan teks berita berikut ini.
Manajemen Bandara I Gusti Ngurah Rai, Denpasar, Bali, melakukan kerja sama dengan Pemerintah Provinsi Bali untuk menyiapkan empat bus bagi penumpang pesawat yang batal berangkat. Setiap hari, bus-bus itu beroperasi menuju Jawa dan Nusa Tenggara Barat. Hal ini dilakukan karena erupsi Gunung Raung di Jawa Timur yang masih mengganggu penerbangan menuju Bandara I Gusti Ngurah Rai. 
”Bus-bus mulai disediakan besok dan siap melayani penumpang. Misalnya, jika ada penumpang yang berhenti di Banyuwangi untuk menggunakan kereta api ke Surabaya maka kami akan mengurusnya dengan baik,” ujar Dirjen Perhubungan Udara Suprasetyo di Badung, Bali, Senin (13/7/15).

Penggalan teks berita tersebut mengemukakan peristiwa tentang ....
Jawaban =
Pembahasan =
Peristiwa atau kejadian yang benar-benar terjadi yang digambarkan dalam cuplikan berita tersebut adalahpenyiapan empat bus bagi penumpang pesawat yang batal terbang karena erupsi Gunung Raung di Jawa Timur. Penentuan peristiwa dalam teks berita dapat diketahui dari judul berita dan lead berita tersebut.


Soal 9
Bacalah teks berikut dengan saksama.
Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaiman mengatakan jika stok beras saat ini aman dan diyakini dapat memenuhi kebutuhan masyarakat selama bulan Ramadhan hingga Lebaran Idul Fitri. Mentan pun mengungkapkan bahwa saat ini stok beras yang tersimpan di Bulog mencapai 1,3 juta ton (19/5/15). Pemerintah pun terus fokus untuk memantau penanaman padi dan hasilnya akan dipanen untuk mencukupi kebutuhan beras dalam negeri.

Pernyataan yang diungkapkan oleh Menteri Pertanian tersebut berkenaan dengan masalah ....
Jawaban =
Pembahasan =
Pernyataan yang diungkapkan oleh Menteri Pertanian adalah masalah yang berhubungan dengan stok beras. Masalah itu dapat diketahui melalui pernyataannya bahwa stok beras aman selama bulan Ramadhan sampai Idul Fitri 2015. Pernyataan itu ada pada kalimat utama teks berita tersebut.


Soal 10
Bacalah paragraf berikut ini dengan cermat.
Menurut Thaif, guru-guru madrasah swasta belum merasakan kesejahteraan. Salah satunya penyebabnya adalah belum semua pemerintah daerah bersedia memberikan insentif untuk guru honor karena madrasah tidak didesentralisasikan. Apalagi dana dari BOS belum mencukupi untuk menggaji guru honor dengan layak.

Paragraf tersebut menunjukkan salah satu aspek kebahasaan yang sekaligus sebagai karakteristik teks berita, yaitu ....
Jawaban =
Pembahasan =
Aspek kebahasaan yang menjadi karakteristik teks berita meliputi penggunaan kalimat langsung dan kalimat tidak langsung, penggunaan konjungsi bahwa, penggunaan kata kerja mental, penggunaan fungsi keterangan waktu dan tempat, serta penggunaan konjungsi yang bermakna kronologis. Paragraf pada soal tersebut menunjukkan adanya aspek kebahasan dalam penggunaan kalimat tidak langsung yang merupakan kalimat berisi laporan tentang hal yang diujarkan seseorang dan berbentuk kalimat berita.


Semoga contoh soal-soal diatas tentang teks berita dapat bermanfaat untuk kalian yang sedang belajar bahasa Indonesia. Menjawab soal-soal yang lain akan terasa lebih mudah bila kalian sering berlatih mengerjakan soal-soal. Dan semoga dapat menjadikan soal-soal bahasa Indonesia ini sebagai sarana referensi kalian untuk belajar dirumah.

Demikianlah soal dan pembahasan pelajaran bahasa Indonesia, semoga dapat bermanfaat dan menjadikan kalian menguasai pelajaran bahasa Indonesia. 

You might also like

8 Comments

wah kunjungi balik ya www.creatwee.tk hhe

Wuihhh lumayan nih buat ngajarin anak :D

makasih gan informasi nya sangat bermanfaat bagi seorang pelajar seperti saya ini :)

artikelnya menambah wawasan saya nih mas, bagus :D

Oh gtu y gan,, butuh pmbelajaran lagi ni ane,, soalnya blog ane juga tentang berita,,

Makasih gan, ini yang saya cari dari kemarin... apalagi bentar lagi saya ujian juga

Sangat bermanfaat

Lengkap sekali kunci jawabannya, sebelumnya saya ga paham sama sekali, untung udah dijelasin sama mimin dengan singkat dan jelas...

makasih gan


EmoticonEmoticon