-->

Materi Teks Laporan Hasil Observasi - Analisis isi teks laporan hasil observasi


Teks Laporan Hasil Observasi
Analisis isi teks laporan observasi


Berikut ini, merupakan materi Teks Laporan Hasil Observasi tentang analisis isi teks laporan observasi. Untuk mempelajari hal ini tentu anda harus bersungguh-sunguh agar dapat menguasai materi ini. Dan cara untuk menguasai materi ini adalah dengan belajar yang rutin sehingga anda dapat benar-benar memahami isi dari materi tersebut.

Untuk itu sebagai sebuah media pembelajaran untuk anda semua, mari kita bersama-sama menyimak materi yang ada di bawah ini. Yang mana agar anda menjadi lebih bertambah pintar, sehingga soal ulangan di sekolah bukan sesuatu yang menakutkan lagi. Untuk itu mari kita simak materi analisis isi teks laporan observasi.

Tujuan
Siswa dapat menganalisis teks laporan hasil observasi baik secara lisan maupun tulisan.

Kalian telah mengetahui langkah-langkah menyusun sebuah laporan observasi. Baik laporan yang bersifat populer maupun ilmiah, keduanya perlu memperhatikan struktur isi, koherensi, dan kaidah berbahasa. Kali ini, kita akan membahas analisis isi teks laporan hasil observasi.

Analisis diperlukan untuk memperoleh pengertian dan pemahaman secara benar. Analisis dilakukan sebagai penelaahan pada bagian-bagian laporan observasi. Laporan hasil observasi dapat disajikan dalam bentuk makalah tertulis atau presentasi lisan dengan media slide dan didiskusikan bersama. 

Isi teks laporan hasil observasi dapat dinilai dengan memperhatikan aspek-aspek berikut.

1. kelengkapan isi laporan
Isi laporan haruslah lengkap sesuai struktur laporan yang terdiri atas bagian pendahuluan/pembuka dan pembahasan. 

2. isi laporan
Isi laporan terkait pemaparan fakta-fakta tentang objek yang diamati. Dalam laporan observasi terdapat definisi umum yang menggambarkan objek yang diobservasi. Kemudian, deskripsi bagian yang menjelaskan objek secara lebih jelas lagi. Terakhir ada sebagian laporan observasi yang menyertakan deskripsi manfaat, yaitu penjelasan manfaat dari objek yang sedang diobservasi. 

3. keruntutan penyajian
Laporan observasi seharusnya disajikan secara runtut agar informasi yang disampaikan jelas dan mudah dipahami.

4. penggunaan bahasa
Dalam menyajikan laporan observasi, baik yang bersifat populer maupun ilmiah, perlu diperhatikan penggunaan bahasa yang baik dan benar sesuai kaidah. Ciri bahasa yang digunakan dalam laporan adalah jelas, tidak berbelit-belit, dan mudah dipahami. Gunakan kata-kata denotatif (lugas) yang sesuai dalam menggambarkan objek pengamatan dan ejaan yang baik dan benar.

Penyajian laporan dalam sebuah forum diskusi memungkinkan munculnya berbagai tanggapan, baik berupa sanggahan, pendapat, pertanyaan, atau saran. Dalam menanggapi isi laporan pun, perlu diperhatikan kesantunan berbahasa.

Setelah kalian belajar menganalisiskan teks laporan hasil observasi, sekarang cobalah kalian menganalisiskan contoh teks laporan hasil observasi dengan cara uraian materi yang telah disampaikan.

Perhatikan!

Lingkungan RT 03 kurang bersih karena kurangnya kesadaran masyarakatnya untuk menjaga kebersihan dan kurangnya keberadaan fasilitas kebersihan seperti tong sampah.

Menjaga kebersihan lingkungan merupakan tanggung jawab seluruh masyarakat RT 03. Kerjasama antara pengurus RT dan masyarakat akan lebih meningkatkan upaya kebersihan lingkungan tersebut. Pengurus RT berperan dalam penyediaan fasilitas kebersihan bersinergi dengan kesadaran masyarakat dalam menjaga kebersihan lingkungan.

Mari kita analisis!

Definisi umum dari laporan tersebut adalah lingkungan RT 03 kurang bersih.
Deskprisi penjelasannya adalah karena kurangnya kesadaran masyarakatnya untuk menjaga kebersihan dan kurangnya keberadaan fasilitas kebersihan seperti tong sampah.
Tanggapan lisan yang memperhatikan kaidah dan kesantunan berbahasa:
Keadaan tersebut cukup memprihatinkan. Sebaiknya diadakan penyuluhan pentingnya kebersihan bagi masyarakat dan disediakan tong sampah yang memadai di beberapa lokasi.
Tanggapan yang tidak memperhatikan kaidah dan kesantunan berbahasa:
Memprihatinkan banget. Harusnya masyarakatnya tahu diri menjaga kebersihan lingkungan dan jangan buang sampah sembarangan.

Itulah tadi, cara menganalisis teks laporan hasil observasi semoga kalian bisa belajar menganalisis teks laporan hasil observasi yang lain.

Poin penting

• Analisis teks laporan observasi harus memperhatikan:
   1. Kelengkapan laporan
   2. Isi laporan
   3. Keruntutan penyajian
   4. Penggunaan bahasa

• Analisis teks laporan observasi secara lisan akan menimbulkan saran, tanggapan, atau pendapat yang penyampaiannya harus memenuhi kaidah kesantunan berbahasa.

Demikian, pembahasan materi analisis isi teks laporan observasi. Semoga kamu dapat memahami materinya, dan berguna untuk mengerjakan soal soal tentang teks laporan hasil observasi.


2 Responses to "Materi Teks Laporan Hasil Observasi - Analisis isi teks laporan hasil observasi"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel