MASIGNCLEAN103

Soal dan Jawaban Teks Cerita Pendek - Langkah-langkah membuat abstraksi teks cerita pendek





Soal 1
Berikut ini adalah bentuk lain dari abstraksi, kecuali ….
Jawaban = 
Pembahasan = 
Abstraksi memiliki persamaan arti dengan ringkasan, rangkuman, intisari, dan ikhtisar. Abstraksi berbeda dengan resensi. Pada abstraksi tidak diperlukanpenilaian terhadap suatu karya atau teks seperti halnya dalam resensi.


Soal 2
Hal yang perlu diperhatikan dalam mengabstraksi tek cerita pendek adalah sebagai berikut, kecuali ….
Jawaban = 
Pembahasan = 
Dalam abstraksi teks cerita pendek, perlu diperhatikan struktur teks cerpen, termasuk di dalamnya tokoh yang terlibat, konflik, dan alur. Abstraksi juga harus memuat inti cerita yang penting dari cerpen tersebut. Adapun latar belakang penulis tidak perlu dimasukkan ke dalam abstraksi karena berada di luar teks cerpen itu sendiri.


Soal 3
Perhatikan kutipan teks cerpen berikut!
Sudah sebulan sejak menguburkan istrinya sendiri, Mbah Tejo menghilang. Orang-orang kampung kebingungan. Kemana perginya lelaki renta yang sudah menghabiskan waktunya berpuluh-puluh tahun jadi tukang kubur di Kampung Busur itu? Banyak yang menduga, Mbah Tejo amat kehilangan. Mengabdi sebagai tukang kubur, selalu menyaksikan orang-orang yang kehilangan, tak lantas membuat Mbah Tejo kuat ditinggal sang istri bulan lalu, Mbah Marti. Begitu kira-kira dugaan orang-orang yang merumpi di warung-warung.
Ringkasan kutipan cerpen tersebut adalah ….
Jawaban = 
Pembahasan = 
Pada beragam pilihan tersebut, abstraksi paling tepat adalah pilihan Mbah Tejo menghilang dari kampung semenjak ditinggal mati istrinya. Hal ini karena kalimat tersebut menjelaskan inti cerita pada kutipan tersebut. Sedangkan kalimat lainnya merupakan cerita pendukung yang membentuk satu cerita utuh jika digabungkan.


Soal 4
Perhatikan kutipan cerpen berikut!
Setelah satu liang lahat selesai digali, dengan sigap Mbah Tejo menidurkan sang itsri tepat menghadap kiblat. Tak ada yang lainnya yang turun. Semua membiarkan Mbah Tejo asyik menguburkan sang istri. Hingga selesai diazani, Pak Ustad meminta yang menggali untuk kembali menutupi liang lahat dengan tanah. Setelah kuburan Mbah Marti selesai diratakan dengan tanah, Mbah Tejo tak terlihat lagi. Semua orang menengok kanan kiri. Semua menyapu pandangan ke penjuru Kalitambun.
Inti cerita pada kutipan cerpen tersebut adalah ….
Jawaban = 
Pembahasan = 
Inti cerita adalah bagian paling penting dalam suatu cerita. Inti cerita adalah cerita yang paling ingin disampaikan di samping cerita lain yang hanya mendukung inti cerita tersebut. Pada kutipan cerpen tersebut, inti cerita yang ingin disampaikan adalah bahwa Mbah Tejo menghilang usai penguburan.


Soal 5
Karakteristik bahasa yang digunakan dalam abstraksi teks cerita pendek adalah ….
Jawaban = 
Pembahasan = 
Bahasa yang digunakan dalam abstraksi teks cerita pendek adalah singkat, jelas, dan padu karena abstraksi harus mampu menunjukkan bagian penting dari sebuah teks.


Soal 6
Perhatikan kalimat ringkasan berikut!
Semua warga membantu Mbah Tejo.
Kalimat ringkasan tersebut paling tepat untuk menggambarkan paragraf ….
Jawaban = 
Pembahasan = 
Kalimat inilah yang paling tepat.
Semua orang berbondong-bondong membawa cangkul. Dikelilingi pekarangan rumah Mbah Tejo yang sebetulnya tanah Kalitambun yang belum terisi mayat. Semua orang mulai menggali. 
Pada paragraf tersebut dideskripsikan warga berbondong-bondong membawa cangkul. Semua orang mulai menggali. Hal tersebut menandakan bahwa semua warga membantu Mbah Tejo.


Soal 7
Perhatikan kutipan cerita pendek berikut!
“Aku tidak tahu siapa yang harus disalahkan,” ujar Nanda.
“Sudahlah, aku tidak bermaksud mencari siapa yang perlu disalahkan,” sela Toni.
“Tapi, aku telah melakukan semua pekerjaan tersebut sesusai posisi aku sebagai penanggung jawab acara, di luar itu …,” bela Nanda terpotong.
“Baik, aku akui aku salah. Seharusnya sebagai penanggung jawab keamanan, aku yang harus bertanggung jawab. Tidak perlu menyalahkan Nanda,” tiba-tiba Agus bersuara.
“Sudah! Sekali lagi aku katakan, tidak ada yang perlu menyalahkan dan disalahkan. Kita semua akan bertanggung jawab atas insiden tadi. Jangan sampai kejadian itu terulang lagi. Memalukan dan mencoreng nama sekolah saja!” kata Toni dengan nada keras.
Inti cerita kutipan teks cerpen tersebut adalah ….
Jawaban = 
Pembahasan = 
Inti cerita adalah cerita utama yang ingin disampaikan. Pada kutipan cerpen tersebut, cerita utama yang ingin disampaikan adalah sebagaimana dikatakan oleh tokoh Toni bahwa semua orang bertanggung jawab atas insiden yang terjadi. Oleh karena itu, hal tersebut sama dengan bahwa kesalahan harus ditanggung bersama.


Soal 8
Perhatikan kutipan teks cerpen berikut ini!
“Pak Ustad, siapa yang mau menggali kubur?” tanya Pak Kuwu.
“Sampeyan dan semua orang yang ada di sini,” jelas.
“Pak Ustad juga ikut menggali kalau begitu?” tanya Pak Kuwu lagi dengan harapan dia bisa ditunjukkan cara menggali yang benar.
“Tugas saya memimpin doa. Tak ada yang bisa. Sudah kita berbagi pahala,” katanya singkat.
Inti cerita kutipan tersebut adalah ….
Jawaban = 
Pembahasan = 
Inti cerita kutipan cerpen tersebut adalah bahwa Pak Ustad tidak akan ikut menggali kubur karena dia bagian memimpin doa. Alasannya adalah karena tidak ada yang bisa memimpin doa.


Soal 9
Perhatikan kutipan cerpen berikut!
(1) Tak ada yang menyahut dari balik gubuk. (2) Warjiman mulai masuk ke pekarangan, yang sebetulnya masih tanah Kalitambun yang belum terisi mayat. Ditengoknya pinggiran gubug. (3) Warjiman memastikan, apakah Mbah Tejo dan Mbah Marti ada di sekitaran Kalitambun. (4) Pandangannya menyapu seluruh Kalitambun, tapi tak terlihat kedua renta itu berada.
Inti cerita pada kutipan tersebut terdapat dalam kalimat nomor ….
Jawaban = 
Pembahasan = 
Inti cerita pada paragraf tersebut adalah bahwa Mbah Tejo dan Mbah Marti tidak tampak di sekitar rumahnya meskipun telah dicari oleh Wajiman. Dengan demikian, kalimat yang menandakan inti cerita ditunjukkan dengan nomor (4).


Soal 10
Perhatikan kutipan cerpen berikut!
Orang sekampung berduyun-duyun mendatangi Mbah Tejo. Ada Pak Kuwu dan mantri. Tak ketinggalan Pak Ustad yang selalu memimpin doa jika ada yang mati. Tapi semua saling pandang. Siapa yang mau menggali kubur. Sedang penggali kubur di Kampung Busur hanya Mbah Tejo yang kini tak bergeming sedari tadi di hadapan jenazah sang pujaan hati.
Inti cerita kutipan teks tersebut adalah ….
Jawaban = 
Pembahasan = 
Inti cerita kutipan tersebut adalah orang-orang yang datang ke gubuk Mbah Tejo kebingungan karena tidak ada yang bisa menggali kubur. Selama ini, hanya Mbah Tejo satu-satunya tukang kubur di Kampung Busur.
Share This :
hanszt

Semoga selalu suport blog ini dengan berkomentar dengan bijak dan membangun