MASIGNCLEAN103

Soal dan Jawaban Teks Berita - Mengonversi Bentuk Teks Berita Menjadi Cerita Pendek


Teks Berita
Mengonversi Bentuk Teks Berita menjadi Cerita Pendek


Berikut ini Soal dan Jawaban Bahasa Indonesia tentang teks berita, dengan materi mengonvensi bentuk teks berita menjadi cerita pendek. Di dalamnya, terdapat 10 contoh soal dan pembahasannya tentang teks berita.

Pada postingan kali ini, kami memberikan contoh soal bahasa Indonesia tentang berita dan pembahasannya untuk membantu mengerjakannya. Dengan beberapa contoh soal dan pembahasan berikut diharapkan kamu dapat mengerjakan soal-soal bahasa Indonesia dengan maksimal.


Oke, berikut ini soal Bahasa Indonesia tentang mengonvensi bentuk teks berita menjadi cerita pendek  beserta pembahasannya.


Soal 1
Berikut ini yang tidak termasuk ke dalam karakteristik cerpen adalah .…
Jawaban = 
Pembahasan = 
Setiap karya sastra memiliki karakteristiknya sendiri. Karakteristik inilah yang membedakan setiap jenis karya sastra. Cerpen memiliki karakteristik yang berbeda dengan novel. Dalam cerpen, tokoh yang dikenalkan terbatas, penyajian cerita dibuat ringkas, tetapi dapat lebih banyak mengungkapkan hal secara implisit, detail khusus yang sekiranya membuat alur menjadi panjang tidak diperlukan, dan yang terpenting bahwa dalam cerpen hanya terdapat satu ide cerita. Dengan demikian, yang tidak termasuk ke dalam karakteristik cerpen adalah memiliki sub-sub tema di dalam penyajiannya.


Soal 2
Berikut ini yang menjadi kesamaan antara teks berita dengan teks cerpen, yaitu .…
Jawaban = 
Pembahasan = 
Kesamaan teks berita dengan teks cerpen ada pada karakteristik satu topik. Setiap berita, agar mudah dipahami, harus memiliki satu topik. Tujuan lainnya adalah agar informasi dalam berita dapat lebih cepat tersampaikan. Hal ini sama dengan sifat cerpen yang hanya memiliki satu tema. Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah bahwa keduanya fokus pada satu topik tertentu.


Soal 3
      Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan, bertemu dengan Presiden RI, Joko Widodo, di Istana Merdeka, Jumat (31-7-2015). Pertemuan itu membahas isu keamanan dan situasi di Timur Tengah serta pembicaraan mengenai kerja sama ekonomi. 
       Menurut Jokowi, ada kesamaan pandangan antara Indonesia dan Turki sehingga pertemuan ini akan produktif.
      Jokowi juga mengatakan bahwa mereka telah membahas beberapa isu, isu dunia yang berkaitan dengan keamanan dan situasi di Timur Tengah, tetapi pembicaraan memang lebih dititikberatkan pada bidang ekonomi.
      Jokowi melanjutkan bahwa Erdogan juga bersepakat untuk menghapus hambatan untuk segera merealisasikan kerja sama perdagangan. Kedua Kepala Negara itu bersepakat untuk membuat aturan mengenai kerja sama perdagangan tersebut pada tahun ini.
Konversi yang sesuai berdasarkan teks di atas adalah .…
Jawaban =
Pembahasan = 
Berdasarkan teks berita di atas dapat kita pahami bahwa unsur-unsur beritanya adalah sebagai berikut.
Apa               : Pertemuan dan pembicaraan Presiden Turki dengan Presiden Indonesia
Siapa            : Erdogan dan Jokowi
Di mana        : Istana Merdeka
Kapan           : Jumat siang
Bagaimana  : Terjadi kesepakatan keamanan dan perdagangan tahun ini.
Dengan demikian, jawaban yang paling tepat adalah:
Jumat siang ini cukup terik. Istana Merdeka, gedung besar bercat putih itu, kedatangan seorang tamu negara, Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan. Tubuhnya yang tinggi besar sangat mencolok dibandingkan pria dewasa lain. Jokowi menyambutnya dengan penuh kehangatan. Melalui penerjemah, Jokowi menyampaikan bahwa dirinya sepakat dengan Erdogan bahwa perjanjian keamanan dan kerja sama perdagangan akan direalisasikan tahun ini.


Soal 4
Berikut ini yang termasuk unsur intrinsik pada cerpen, kecuali .…
Jawaban =  
Pembahasan = 
Cerpen membutuhkan beberapa unsur agar cerita dapat terjalin dengan lancar dan sempurna. Unsur-unsur yang dimaksud adalah tema, amanat, latar, tokoh dan penokohan, alur, serta sudut pandang. Tanpa adanya keenam hal tersebut, cerita tidak akan dapat dibuat. Itulah yang disebut dengan unsur intrinsik cerpen. Berdasarkan hal tersebut, yang bukan bagian dari unsur intrinsik cerpen adalah ekspresi tokoh karena ekspresi tokoh dimasukkan ke dalam unsur intrinsik drama.


Soal 5
Latar pada cerpen dapat ditentukan berdasarkan teks berita pada unsur ....
Jawaban = 
Pembahasan = 
Latar dalam cerpen adalah penggambaran yang dilakukan oleh pengarang agar pembaca dapat merasakan hal sesuai dengan apa yang dirasakan oleh tokoh dalam cerita. Penggambaran yang dimaksud terdiri atas tiga macam, yaitu penggambaran tempat, waktu, dan suasana. Ketiga jenis penggambaran ini dalam teks berita terdapat dalam unsur bagaimana yang menjelaskan keadaan/suasana saat terjadinya peristiwa.


Soal 6
Pada struktur teks berita, bagian yang dapat dijadikan sebagai judul cerpen adalah ....
Jawaban = 
Pembahasan = 
Judul cerpen adalah cerminan tema yang disampaikan oleh penulis. Judul dapat berisi petunjuk sekilas apa yang menjadi permasalahan dalam cerita walaupun teori ini tidak berlaku sepenuhnya. Dalam mengonversi berita ke dalam bentuk cerpen, satu bagian struktur berita yang mirip dengan dengan judul adalah headline karena dalam struktur ini terdapat topik yang disampaikan wartawan.


Soal 7
Bagian struktur berita yang dapat dijadikan bagian komplikasi pada teks cerita adalah .…
Jawaban = 
Pembahasan = 
Struktur komplikasi pada cerpen adalah bagian yang berisi permasalahan/konflik yang dialami oleh tokoh. Dalam berita, hal ini terdapat pada struktur Isi karena pada struktur ini terdapat informasi rinci mengenai apa, siapa, di mana, kapan, mulai dari informasi penting sampai yang kurang penting. Informasi ini dapat menjadi bahan dalam pembuatan kompilkasi pada teks cerpen.


Soal 8
Perhatikan teks cerpen yang berasal dari teks berita berikut!
Puluhan jerigen berwarna biru dan putih menumpuk di suatu sudut halaman. Seorang ibu tua tampak menunggu jerigennya penuh terisi air. Di tandon penampungan itu, banyak warga menggunakan airnya untuk memeroleh air karena krisis air bersih melanda dusun mereka di Blandit Timur Kecamatan Singosari, Malang. Desa mereka adalah 1 dari 19 desa yang mulai mengalami krisis air.
Jika diubah kembali ke dalam bentuk teks berita, teks berita yang tepat adalah .…
Jawaban = 
Pembahasan = 
Unsur intrinsik yang kita temukan dalam cerita di atas adalah seorang ibu (tokoh), di tandon penampungan air (latar), untuk mendapatkan air bersih (komplikasi), krisis air bersih (komplikasi), Kecamatan Singosari, Malang (latar). Dengan informasi di atas, teks berita yang tepat dan sesuai adalah:
Dengan menggunakan jerigen, seorang ibu menampung air di tandon penampungan air di kawasan dusun Blandit Timur, Kecamatan Singosari, Malang, Jawa Timur, 23 Juli 2015. Badan Penanggulangan Bencana Daerah Malang mengungkapkan sedikitnya ada 19 desa di 9 kecamatan yang mulai mengalami krisis air.


Soal 9
Bagian struktur berita yang dapat dijadikan prolog atau orientasi pada teks cerita adalah .…
Jawaban = 
Pembahasan = 
Prolog atau orientasi pada struktur cerita adalah pengenalan unsur-unsur, seperti tokoh, latar, atau tema. Unsur ini muncul pada awal cerita. Dalam berita, hal ini terdapat pada bagian pengantar karena bagian ini berisi informasi dasar tentang siapa, apa, di mana, dan kapan. Informasi dasar inilah yang dapat menjadi bahan dalam mengenalkan tokoh dan latar dalam teks cerpen.


Soal 10
Perhatikan teks berita di bawah ini!
Musim kemarau mengakibatkan total sebanyak 30 kebakaran di Kota Malang. Jumlah kebakaran tahun ini meningkat dratis dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu sebanyak 22 kali. Kebakaran ini terjadi di Sukun, Klojen, Lowokwaru, dan Blimbing. Semuanya ada tujuh kasus. Kasus terakhir yang terjadi adalah kebakaran di lahan kosong di Jalan Akordion Perusahaan Umum Permata Brantas. Kebakaran diduga akibat suhu tinggi di musim kemarau.
Bentuk konversi ke dalam teks cerpen yang tepat berdasarkan teks di atas adalah ….
Jawaban = 
Pembahasan = 
Beberapa informasi penting yang dapat kita pahami dari teks berita di atas berdasarkan analisis unsur berita adalah musim kemarau yang panjang, Jumlah kasus kebakaran yang meningkat di Malang, dan lokasi kasus kebakaran terakhir. Berdasarkan kesesuaian atas informasi-informasi ini, teks narasi yang tepat adalah:
Sungguh panjang musim kemarau ini. Beberapa desa di kotaku mengalami kekeringan. Lebih parahnya lagi, di mana-mana terjadi kebakaran. Tampaknya tahun ini jumlah kasus kebakaran melonjak. Ini sangat mengkhawatirkan. Terakhir kasus adalah terbakarnya lahan kosong di Jalan Akordin Perusahaan Umum Brantas. Tempat itu tidak jauh beberapa blok dari rumah nenekku.


Semoga contoh soal-soal diatas tentang teks berita dapat bermanfaat untuk kalian yang sedang belajar bahasa Indonesia. Menjawab soal-soal yang lain akan terasa lebih mudah bila kalian sering berlatih mengerjakan soal-soal. Dan semoga dapat menjadikan soal-soal bahasa Indonesia ini sebagai sarana referensi kalian untuk belajar dirumah.

Demikianlah soal dan pembahasan pelajaran bahasa Indonesia, semoga dapat bermanfaat dan menjadikan kalian menguasai pelajaran bahasa Indonesia. 

Share This :
hanszt

Semoga selalu suport blog ini dengan berkomentar dengan bijak dan membangun