MASIGNCLEAN103

Soal dan Jawaban Teks Berita - Menulis Teks Berita


Berikut ini Soal dan Jawaban Bahasa Indonesia tentang teks berita, dengan materi menulis teks berita. Di dalamnya, terdapat 10 contoh soal dan pembahasannya tentang teks berita.

Pada postingan kali ini, kami memberikan contoh soal bahasa Indonesia tentang berita dan pembahasannya untuk membantu mengerjakannya. Dengan beberapa contoh soal dan pembahasan berikut diharapkan kamu dapat mengerjakan soal-soal bahasa Indonesia dengan maksimal.

Oke, berikut ini soal Bahasa Indonesia tentang menulis teks berita beserta pembahasannya.


Soal 1
Tata bahasa yang tepat untuk menulis teks berita adalah ....
Jawaban =  
Pembahasan = 
Salah satu aspek yang perlu diperhatikan dalam menulis teks berita adalah tata bahasa. Tata bahasa yang tepat untuk menulis teks berita di antaranya adalah penggunaan kalimat yang efektif.


Soal 2
Di antara kalimat berita berikut yang memuat unsur di mana adalah ....
Jawaban = 
Pembahasan = 
Salah satu unsur berita adalah where (di mana). Di mana berarti menunjukkan suatu tempat/lokasi terjadinya peristiwa.


Soal 3
Di antara kalimat berita berikut yang memuat unsur siapa adalah ....
Jawaban = 
Pembahasan = 
Salah satu unsur berita adalah who(siapa). Siapa berarti menunjukkan individu atau pihak-pihak yang terlibat dalam suatu peristiwa. Di antara pilihan jawaban di atas yang menunjukkan individu atau pihak yang terlibat peristiwa adalah ‘Bupati sudah memerintahkan stafnya untuk bertindak.’


Soal 4
Perhatikan teks berita berikut!
Banjir susulan menambah derita warga yang tinggal di sekitar bantaran Kali Ciliwung (1) Ini akibat hujan masih terus mengguyur kawasan Bogor (2) Akhir-akhir ini menjadikan harga air bersih terus naik (3) Bahkan, hujan deras yang terjadi di Selatan Jakarta itu membuat ketinggian air di pintu air Katulampa meningkat (4) Ketinggian air mencapai 180 cm dari batas normal 150 cm (5)
Dalam teks berita di atas, kalimat yang tidak koheren (tidak berhubungan) dengan topik berita adalah ....
Jawaban = 
Pembahasan = 
Topik berita di atas adalah tentang banjir susulan akibat hujan deras yang terus mengguyur Kota Bogor. Kalimat yang tidak koheren ditandai dengan nomor (3) karena kalimat tersebut membahas harga air bersih yang tidak sesuai dengan topik berita.


Soal 5
Pemutaran perdana film Surga yang Tak Dirindukan (SYTD) pada 15 Juli 2015 di beberapa kota besar di Indonesia terbilang cukup sukses. Film yang dibintangi Laudya Cynthia Bella, Fedi Nuril, dan Raline Shah ini menarik animo masyarakat untuk menonton. Kuntz Agus menjadi sutradara film ini. Film SYTD ini merupakan hasil adaptasi dari novel karya Asma Nadia yang berjudul sama. Asma Nadia saat ini tengah menulis buku baru.
Kalimat yang rancu dan tidak koheren dalam paragraf di atas adalah ....
Jawaban = 
Pembahasan = 
Kalimat yang rancu dan tidak koheren dalam paragraf teks berita di atas adalah ‘Asma Nadia saat ini tengah menulis buku baru.’ Paragraf di atas secara keseluruhan adalah membahas pemutaran film SYTD dan penjelasan seputar film tersebut. Oleh karena itu, uraian tentang Asma Nadia menjadi tidak koheren dengan isi paragraf berita tersebut.


Soal 6
Di antara pilihan kalimat berita berikut yang termasuk kategori tail adalah ....
Jawaban = 
Pembahasan = 
Kalimat berita yang bisa dikategorikan tail adalah ‘Karena terbawa suasana film yang menyedihkan, banyak penonton, terutama wanita, yang meneteskan air mata. Kalimat tersebut berisi fakta tetapi kurang penting. Seperti yang sudah dijelaskan dalam pembahasan materi bahwa tail adalah bagian berita yang berisi fakta yang kurang penting. Meskipun kurang penting, tail tetap mendukung keutuhan dan kejelasan berita.


Soal 7
Musim kemarau yang cukup panjang tahun ini mulai membawa dampak. Para peternak sapi potong mulai resah karena kesulitan untuk memperoleh rumput. Rumput sulit didapatkan karena kekurangan air yang menyebabkan rumput meranggas. Kekurangan ladang rumput tersebut menjadi penyebab minimnya jumlah populasi sapi potong di Jawa Tengah.
Unsur what (apa) yang disampaikan dalam teks berita di atas adalah ....
Jawaban =
Pembahasan = 
Kalimat musim kemarau yang cukup panjang terjadi tahun ini merupakan unsur penjawab apa.


Soal 8
Di antara pilihan topik berita berikut yang mengandung unsur kebaruan adalah ....
Jawaban = 
Pembahasan = 
Salah satu unsur eksternal berita adalah kebaruan. Kebaruan ditandai adanya fakta yang benar-benar baru. Dari pilihan jawaban di atas, topik yang benar-benar baru adalah Planet Pluto bukan planet terkecil di tata surya. Fakta tersebut adalah fakta ilmiah didasarkan pada penelitian yang mutakhir.


Soal 9
Para buruh memenuhi halaman parkir pabrik. Para buruh itu menuntut pembayaran tunjangan hari raya yang belum juga cair. Mereka berkumpul sejak pukul 07.00 WIB. Mereka kesal karena hanya diberi janji oleh pihak manajer.
Unsur berita yang terdapat dalam teks berita di atas secara berurutan adalah ....
Jawaban = 
Pembahasan =
Apabila kamu cermati maka urutan unsur berita yang terdapat dalam teks berita di atas adalah siapa (para buruh), di mana (halaman parkir pabrik), apa (para buruh itu menuntut pembayaran tunjangan hari raya), kapan (sejak pukul 07.00 WIB), mengapa (Mereka kesal karena hanya diberi janji oleh pihak manajer).


Soal 10
Seseorang akan membuat pengantar dari berita yang ia tulis. Headline yang sudah ditentukan sebagai berikut.
Siswa Indonesia kembali menjadi bintang di Olimpiade Sains.
Pengantar yang tidak koheren dengan headline adalah ....
Jawaban =
Pembahasan = 
Pengantar berisi informasi dasar dari berita. Pengantar harus mencerminkan berita secara keseluruhan. Oleh sebab itu, harus sangat koheen dengan headline. Pengantar yang tidak koheren adalah olimpiade Sains sangat berguna untuk menumbuhkan rasa percaya diri siswa. Kalimat ini lebih cocok untuk tail.


Semoga contoh soal-soal diatas tentang teks berita dapat bermanfaat untuk kalian yang sedang belajar bahasa Indonesia. Menjawab soal-soal yang lain akan terasa lebih mudah bila kalian sering berlatih mengerjakan soal-soal. Dan semoga dapat menjadikan soal-soal bahasa Indonesia ini sebagai sarana referensi kalian untuk belajar dirumah.

Demikianlah soal dan pembahasan pelajaran bahasa Indonesia, semoga dapat bermanfaat dan menjadikan kalian menguasai pelajaran bahasa Indonesia. 

Share This :
hanszt

Semoga selalu suport blog ini dengan berkomentar dengan bijak dan membangun