MASIGNCLEAN103

Soal dan Jawaban Teks Berita - Analisis Isi Teks Berita





Soal 1
Perhatikan teks berita berikut ini!
Siswa SMA Negeri 1 Singaraja, I Putu Eka Surya Aditya (17), meraih medali emas dalam kontes matematika internasional di Singapura. Kontes yang diselenggarakan oleh EMC Union tersebut berlangsung sejak 31 Juli hingga 4 Agustus. Putu Eka Wilantara, Kepala Sekolah SMAN 1 Singaraja, menyebutkan, Aditya terpilih menjadi 11 wakil Indonesia di ajang internasional. Aditya telah menyisihkan 80.000 siswa dari seluruh Indonesia. Di kontes internasional tersebut, Aditya bersaing dengan 145 peserta dari 15 negara. “Akhirnya, Aditya terpilih menjadi satu di antara tiga wakil Indonesia yang meraih medali emas,” ujar Eka saat ditemui di ruang kerjanya, Jumat (14/8/2015).
Topik utama teks berita di atas adalah ....
Jawaban = 
Pembahasan = 
Teks berita di atas berisi tentang kemenangan I Putu Eka Aditya, siswa SMAN 1 Singaraja, yang berhasil meraih emas pada ajang internasional. Dengan demikian, topik utama teks berita di atas adalah pendidikan.


Soal 2
Perhatikan teks berita berikut ini!
Kelompok mahasiswa Universitas Islam Indonesia Yogyakarta mengembangkan alat pemberi pakan ikan otomatis. Inovasi tepat guna tersebut untuk memudahkan petani ikan skala kecil dan menengah dalam mengelola usahanya. “Alat yang diberi nama Paktobeler (Alat Pakan Otomatis Berbasis Mikrokontroler) itu merupakan inovasi alat perikanan modern untuk meningkatkan produktivitas ikan budi daya,” kata koordinator kelompok, Ulil Fawaaid di Yogyakarta, Rabu (12/8/2015). Menurutnya, Paktobeler ditujukan untuk pelaku usaha perikanan skala kecil dan menengah di wilayah Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). “Perkembangan usaha perikanan sangat pesat, namun sayangnya para petani ikan kita masih kesulitan untuk mengakses teknologi perikanan yang modern karena keterbatasan modal dan kendala teknis,” katanya.
Topik yang sesuai dibicarakan dalam teks berita di atas adalah sebagai berikut, kecuali ....
Jawaban = 
Pembahasan = 
Topik-topik yang sesuai dengan teks berita di atas adalah sebagai berikut. Pertama, pendidikan karena melibatkan mahasiswa dalam penelitian. Kedua, teknologi karena membicarakan alat-alat canggih. Ketiga, riset karena melibatkan penelitian mengenai penemuan terbaru. Keempat, sains karena melibatkan ilmu pengetahuan.


Soal 3
Perhatikan teks berita berikut ini!
Hasil riset tim peneliti dari Inggris menyebutkan, manusia awal merupakan penyebab utama kepunahan banyak hewan purba raksasa. Para peneliti mengklaim riset mereka menuntaskan perdebatan lama mengenai apakah manusia atau perubahan iklim yang menyebabkan kepunahan makhluk-makhluk besar pada masa harimau bergigi tajam, mammoth berbulu, badak berbulu, dan armadilo raksasa, Kamis (13/8/2015). Para peneliti dari Universitas Exeter dan Cambridge, menggunakan analisis statistik termutakhir untuk menjalankan ribuan skenario yang memetakan jendela waktu. Analisis mereka lalu dibandingkan dengan rekonstruksi terhadap iklim dalam 90.000 tahun terakhir.
Unsur yang tidak ada pada teks berita di atas adalah ....
Jawaban = 
Pembahasan = 
Unsur yang tidak ada dalam berita di atas adalah where (di mana), yaitu tempat terjadinya peristiwa. Di dalam berita tersebut tidak disebutkan tempat dilakukannya penelitian. Teks tersebut hanya menyebutkan bahwa orang yang melakukan penelitian adalah peneliti dari Universitas Exeter dan Cambridge (who).


Soal 4
Lampiran
     Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) akan segera meluncurkan Satelit A2 pada September 2015. Satelit tersebut memiliki tiga misi, yaitu pengamatan permukaan bumi, pemantauan kapal laut, dan komunikasi amatir pada orbit dekat akuatorial. “Satelit A2 merupakan satelit besutan anak bangsa, berbeda dengan pendahulunya A1 yang pembuatannya dilakukan di Jerman. Satelit A2 murni dibuat oleh insinyur kita dan diproduksi di dalam negeri dengan sumber daya yang dimiliki LAPAN," kata Kepala LAPAN Thomas Djamaluddin, dalam kegiatan sosialisasi Satelit LAPAN-A2, di Bogor, Kamis (13/8/2015).
      Menurut Thomas, Satelit A2 merupakan satelit mikro dengan bobot 78 kg. Satelit ini akan diorbitkan dengan ketinggian 650 kilometer dari permukaan bumi. Peluncuran Satelit A2 akan dilakukan di India dengan menumpang satelit induk Astro SAT milik negara tersebut. Rencananya, Satelit A2 akan diberangkatkan dari Indonesia pada 30 Agustus mendatang. “Pemilihan bulan Agustus adalah momentum yang tepat bersamaan peringatan hari kemerdekaan Republik Indonesia,” ujar Suhermanto, Kepala Pusteksat LAPAN.
Informasi yang tepat berdasarkan teks berita di atas adalah sebagai berikut, kecuali ....
Jawaban = 
Pembahasan =
Berdasarkan teks berita di atas, informasi yang tidak tepat adalah “Satelit A2 diluncurkan bulan Agustus karena permintaan India”. Pernyataan yang benar adalah Satelit A2 akan diluncurkan dengan menumpang satelit SAT buatan India.


Soal 5
Lampiran
Menteri Pertanian, Andi Amran Sulaiman, mengatakan stok daging masih mencukupi kebutuhan nasional hingga empat bulan ke depan. Saat ditemui di Banjarmasin, Rabu (12/8/2015), Amran menilai tidak ada alasan bagi pedagang menaikkan harga daging saat ini. Pihak Kementerian Pertanian sudah melakukan koordinasi dengan para pengusaha maupun peternak yang menyatakan persediaan hewan ternak cukup untuk memenuhi kebutuhan daging. “Dari hasil identifikasi, stok daging cukup hingga tiga bulan, kemudian ditambah 50 ribu ternak, jadi cukup hingga empat bahkan lima bulan,” katanya. Amran juga memastikan, stok daging sapi juga tidak akan bermasalah hingga hari raya Idul Adha.
      Menurutnya, Kementerian Pertanian berkomitmen untuk hanya mengeluarkan surat rekomendasi sesuai dengan kebutuhan, bukan sesuai keinginan sekelompok orang. “Jadi saya harap kondisi ini bisa dipahami oleh masyarakat karena stok daging kita masih cukup,” katanya. Kedatangan Menteri Pertanian ke Kalimantan Selatan untuk melakukan panen raya di Kabupaten Barito Kuala sekaligus membuka rapat kerja peningkatan produksi pertanian di Graha Abdi Persada, Banjarmasin, Selasa (11/8/2015).
Informasi yang tepat berdasarkan teks berita di atas adalah ....
Jawaban = 
Pembahasan = 
Berdasarkan informasi di atas, informasi paling tepat adalah “stok daging sapi bulan Maret 2016 belum terjamin”. Menurut Menteri Pertanian, stok daging diperkirakan aman hingga empat bahkan lima bulan ke depan. Jika berita ditulis pada bulan Agustus 2015, maka stok daging terjamin hingga Januari 2016.


Soal 6
Lampiran
Perhatikan teks berita berikut ini!
1. Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti, menyatakan nelayan Indonesia sudah saatnya swasembada di bidang perikanan. “Sudah saatnya kita harus belajar swadaya dan swasembada, dalam hal penyediaan pakan ikan, semua bahan ada di Indonesia,” ujarnya di sela dialog bersama para nelayan di Desa Sigam, Kotabaru, Minggu (15/12/2014). Selama ini, pakan ikan dan beberapa peralatan budidaya ikan yang digunakan nelayan merupakan produk impor. Dengan begitu, biaya yang dikeluarkan pun cukup besar karena terpengaruh dengan nilai dolar untuk membelinya.
2. Nilai tukar rupiah pada Jumat pagi bergerak melemah sebesar 56 poin menjadi Rp13.765 dibandingkan posisi sebelumnya di posisi Rp13.709 per dolar AS. “Nilai tukar rupiah melemah namun cenderung mulai terbatas,” ujar Ekonom Rangga Cipta di Jakarta, Jumat (14/8/2015). Rangga menambahkan bahwa aset berdenominasi mata uang rupiah mulai stabil walaupun belum sepenuhnya kembali ketika sebelum terjadi devaluasi yuan Tiongkok. Sedikit sentimen positif dari juga muncul dari perubahan susunan (reshuffle) Kabinet Kerja serta respon cepat para pengambil kebijakan terhadap pelemahan rupiah.
3. Tim nasional Indonesia berada di peringkat enam pada Kejuaraan Dunia Paralayang nomor Ketepatan Mendarat (WPAC) ke-8 di Puncak, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Kamis (13/8/2015). Pilot andalan putra tuan rumah, Thomas Widyananto bersama rekannya Dede Supratman, hanya mampu menginjakkan kaki pertama kali enam sentimeter dari titik nol. Dengan begitu, Indonesia meraih nilai enam di ronde pertama dan berada di peringkat keenam.
4. Swiss mencabut beberapa sanksi ekonomi yang diterapkannya terhadap Iran, Kamis (14/8). Pencabutan tersebut menyusul dicapainya perjanjian bersejarah bulan lalu antara Teheran dan negara-negara kuat terkait program nuklir Iran. Pemerintah Swiss mengatakan, pihaknya memutuskan untuk mencabut sejumlah sanksi terhadap Iran, di antaranya mencabut larangan perdagangan logam mulia dengan badan-badan negara Iran maupun persyaratan untuk melaporkan semua perdagangan produk-produk petrokimia Iran.
5. Sebanyak 3.333 narapidana di lembaga pemasyarakatan maupun rumah tahanan di provinsi Kalimantan Tengah menerima remisi. “Remisi diberikan dalam rangka memperingati hari ulang tahun kemerdekaan Republik Indonesia,” ujar Kepala Subbidang Registrasi Informasi dan Komunikasi Kementerian Hukum dan HAM perwakilan Kalteng, Fajar Siddiq, di Palangka Raya, Jumat (14/8/2015). Penerima remisi telah memenuhi berbagai persyaratan serta dikaji secara objektif. Berdasarkan data Kanwil Kemenkumham Kalteng, narapidana yang mendapat remisi di lapas Palangka Raya untuk Hut RI 525 orang, lapas Pangkalan Bun 215 orang, Lapas Muara Teweh 103 orang.
Teks berita yang tidak memiliki unsur yang lengkap adalah ....
Jawaban = 
4
Pembahasan =
Teks berita yang tidak memiliki unsur yang lengkap adalah teks berita:
Swiss mencabut beberapa sanksi ekonomi yang diterapkannya terhadap Iran, Kamis (14/8). Pencabutan tersebut menyusul dicapainya perjanjian bersejarah bulan lalu antara Teheran dan negara-negara kuat terkait program nuklir Iran. Pemerintah Swiss mengatakan, pihaknya memutuskan untuk mencabut sejumlah sanksi terhadap Iran, di antaranya mencabut larangan perdagangan logam mulia dengan badan-badan negara Iran maupun persyaratan untuk melaporkan semua perdagangan produk-produk petrokimia Iran.
Pada teks tersebut tidak dijelaskan tempat terjadinya peristiwa (where/di mana), yaitu tempat pencabutan sanksi ekonomi. Adapun Swiss dan Iran adalah pelaku peristiwa (who).


Soal 7
Lampiran
Kepala Tim Insinyur Kereta Api Cepat Perusahaan Kereta Api Tiongkok (CRC) He Huawu menyebutkan bahwa pihaknya telah menyiapkan investasi senilai 5,5 miliar dolar AS atau setara dengan Rp73 triliun untuk membangun kereta api cepat Jakarta-Bandung. “Nilai 5,5 miliar dolar tersebut adalah skala pembiayaan pertama dan 25 persennya adalah modal kami (CRC),” kata He Huawu usai konferensi pers Pameran Kereta Api Cepat Tiongkok di Senayan City, Jakarta, Kamis (14/8/2015). Sementara itu, 75 persen dari total pembiayaan tahap pertama akan ditanggung bersama oleh pihak CRC, mitra kerja konstruksi, pemerintah, dan mitra lainnya yang nantinya bergabung dengan proyek kereta api cepat tersebut. Huawu juga menyatakan, nilai pembiayaan 5,5 miliar dolar AS tersebut tidak sejajar dengan nilai investasi sebenarnya yang akan ditanamkan untuk pembangunan kereta api cepat Jakarta-Bandung.
Informasi penting dalam teks berita di atas adalah ....
Jawaban = 
Pembahasan = 
Berdasarkan teks berita di atas, informasi penting yang paling tepat adalah “Modal yang secara murni dikeluarkan CRC hanya seperempat nilai investasi” atau sekitar 25% dari nilai investasi.


Soal 8
Lampiran
1.Sebanyak lima mahasiswa baru tahun akademik 2015-2016 penyandang disabilitas Universitas Brawijaya Malang mendapatkan beasiswa Biaya Pendidikan Mahasiswa Miskin Berprestasi (Bidikmisi). Beasiswa diberikan dengan kategori beasiswa kurang mampu. Ketua Panitia Seleksi Mahasiswa Program Khusus Penyandang Disabilitas (SPKPD) Universitas Brawijaya Malang, Jawa Timur Wahyu Widodo, Selasa, mengatakan dari 14 mahasiswa baru berkebutuhan khusus yang lolos seleksi tersebut, lima di antaranya mendapatkan beasiswa Bidikmisi.
2.Sebanyak delapan mahasiswa asing dari enam negara yang tergabung dalam program Association Internationale et Studiant Sociale Economic Commerciale (AIESEC) belajar membatik di Sekolah menengah Kejuruan (SMK) PGRI 3 Malang, Rabu (12/8/2015). Kehadiran delapan mahasiswa asing dalam program AIESEC di Malang tersebut difasilitasi oleh AIESEC Universitas Muhammadiyah Malang (UMM). Delapan mahasiswa tersebut berasal dari Mesir, Rusia, Maroko, Polandia, Belanda, dan Vietnam masing-masing dua orang mahasiswa.
3.Special Olympics Indonesia (SOIna) akan mempersiapkan atlet-atlet baru mereka untuk diikutsertakan dalam ajang Olimpiade Disabilitas Intelektual Musim Dingin (SOWWG) 2017 yang akan diadakan di Austria. Menurut pelatih SOIna, Mustara Dullah, atlet yang akan dikirimkan untuk SOWWG 2017 merupakan atlet binaan baru. “Mereka ini sudah jadi spesial. Kita sudah membina dan membentuk tim,” katanya dalam acara penyambutan kepulangan kontingen SOIna di Bandara Soekarno-Hatta, Selasa (4/8/2015).
4.Selain perlombaan yang sudah menjadi budaya bagi masyarakat Indonesia, hidangan nusantara juga dapat menjadi alternatif dalam memeriahkan peringatan hari kemerdekaan Indonesia. Salah satunya adalah tumpeng. Uniknya, tumpeng yang disajikan di Kampung Busur, Jakarta, berwarna merah putih dan didekorasi 17 macam lauk-pauk yang berasal dari berbagai macam daerah di Indonesia. “Tumpeng ini menandakan semangat kami memperingati HUT RI,” ujar Septian, warga setempat saat mendekorasi tumpeng (14/8/2015).
5.Fakih Yuhana, pria yang tinggal Desa Palasari Kecamatan Cibiru, Kota Bandung, dinobatkan sebagai veteran tertua di wilayah Bandung, oleh Legiun Veteran Republik Indonesia Markas Daerah Jawa Barat. “Bapak lahir di Sumedang, 2 Februari 1912. Tapi sekarang tinggal di Cilengkrang," kata Yuhana, di sela-sela acara Peringatan Hari Veteran Nasional Tingkat Jawa Barat, di Kota Bandung, Senin (10/8/2015).Soal 8
Berita yang memiliki topik olahraga adalah ....
Jawaban = 
3
Pembahasan = 
Berdasarkan kata-kata kunci yang digunakan, yaitu atlet dan olimpiade, teks berita yang memiliki topik olahraga adalah berikut:
Special Olympics Indonesia (SOIna) akan mempersiapkan atlet-atlet baru mereka untuk diikutsertakan dalam ajang Olimpiade Disabilitas Intelektual Musim Dingin (SOWWG) 2017 yang akan diadakan di Austria. Menurut pelatih SOIna, Mustara Dullah, atlet yang akan dikirimkan untuk SOWWG 2017 merupakan atlet binaan baru. “Mereka ini sudah jadi spesial. Kita sudah membina dan membentuk tim,” katanya dalam acara penyambutan kepulangan kontingen SOIna di Bandara Soekarno-Hatta, Selasa (4/8/2015).


Soal 9
Lampiran
Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Surabaya menggelar Bursa Kerja Terbuka (Job Market Fair) di Balai Pemuda Kota Surabaya, Rabu (5/8/2015). Sebanyak 6.020 pencari kerja mendatangi bursa kerja tersebut. Kepala Disnaker Kota Surabaya, Dwi Purnomo menyebutkan, pihaknya melakukan penjaringan rencana kerja melalui pengambilan tiket masuk di kantor Disnaker Kota Surabaya. “Ada 6.020 tiket masuk yang sudah diambil, bahkan mungkin lebih," ujarnya. Menurut mantan camat Sawahan ini, agenda Job Market Fair ini menjadi perantara bagi para pencari kerja untuk mendapatkan peluang kerja. Bila biasanya mereka mencari satu per satu perusahaan untuk melamar kerja, kini mereka bisa bertemu dalam satu lokasi secara bersamaan dan serempak.
      Acara Job Market Fair tersebut dibuka oleh Wakil Wali Kota Surabaya, Wisnu Sakti Buana. Dalam sambutannya, Wisnu menekankan pentingnya memiliki mental untuk tidak hanya menjadi buruh. Terutama menjelang diberlakukannya era Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) pada akhir tahun ini, masyarakat harus menjadi tuan rumah di negara mereka sendiri. “Masa depan negeri ini ada di pundak pemuda,” sambung mantan Wakil Ketua DPRD Kota Surabaya ini.
Informasi yang termasuk opini pada teks berita di atas adalah ....
Jawaban = 
Pembahasan = 
Informasi yang termasuk opini dalam teks berita di atas adalah “Bursa kerja dapat menjadi media untuk mencari kesempatan kerja”. Informasi tersebut merupakan pendapat Kepala Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kota Surabaya, Dwi Purnomo.


Soal 10
Lampiran
Psikolog anak Vera Itabiliana Hadiwidjojo menyebutkan, orang tua perlu mengawasi kegiatan anak saat bermedia sosial. Hal tersebut merupakan upaya untuk menghindari dampak negatif media sosial untuk anak. “Pertama, yang perlu dipertanyakan adalah apakah anak perlu memiliki media sosial? Apakah usianya sudah tepat? Batasan umur yang diterapkan pengembang media sosial tentu memiliki alasan,” kata Vera dalam jumpa pers di Jakarta, Rabu (12/8/2015).
      Jika memiliki media sosial, Vera menekankan orang tua perlu mendampingi anaknya, di antaranya orang tua harus mengetahui kata sandi akun media sosial anak, selain berteman dengan anaknya di media sosial. “Kalau sudah berteman, orang tua juga perlu menjaga perilaku. Kalau ada masalah, jangan langsung ikut berkomentar di media sosial, tetapi bicarakan langsung baik-baik di dunia nyata,” tuturnya. Menurut Vera, orang tua juga perlu memberi pemahaman kepada anak bahwa internet adalah ruang publik. Dengan begitu, anak harus bisa menjaga segala hal yang akan diunggah atau dibagikan di internet. Hal tersebut juga mencegah anak dari bullying.
Pernyataan yang bukan informasi pada teks berita di atas adalah ....
Jawaban = 
Pembahasan = 
Berdasarkan teks berita di atas, pernyataan yang bukan merupakan informasi pada teks berita di atas adalah “komunikasi di dunia nyata lebih baik daripada di media sosial”. Informasi tersebut tidak disebutkan di dalam teks berita di atas.
Share This :
hanszt

Semoga selalu suport blog ini dengan berkomentar dengan bijak dan membangun